Bagaimana cara mengajarkan anak 1 tahun sikat gigi?

Usia 1 tahun merupakan usia dimana gigi susu yang tumbuh pada anak sudah mulai lengkap. Di usia ini pula, sang anak sudah mulai bisa menunjukkan rasa ketertarikannya untuk mempelajari sesuatu. Dengan demikian, usia 1 tahun pada anak menjadi usia yang paling tepat untuk mengajarkan anak cara menjaga kebersihan dan merawat gigi.

Adapun cara mengajarkan anak 1 tahun sikat gigi mungkin memang agak susah dan membutuhkan trik-trik tertentu. Nah, itulah yang akan kita bahas saat ini.

  1. Memberi Contoh
    Anda selaku orang tua harus mendampingi serta memberikan contoh cara menyikat gigi yang baik kepada anak terlebih dahulu sebelum menyuruh anak untuk menyikat giginya sendiri.
    Usahakan untuk memberikan contoh yang mudah dan bertahap agar sang anak tidak akan merasa kesulitan ketika mempraktekkannya. Selain itu, anda juga seharusnya menciptakan suasana yang menyenangkan saat mengajari anak menyikat gigi sehingga sang anak akan merasa terkesan dan tertarik untuk melakukannya secara rutin.

  2. Mempraktikkan Secara Langsung
    Mempraktikan cara menyikat gigi secara langsung pada anak merupakan cara yang efektif untuk membuat anak cepat mengerti.
    Biarkan anak untuk memegang sikat giginya sendiri dan kemudian arahkan sang anak untuk menyikat giginya secara bertahap. Mulai dari cara memegang sikat gigi denga baik dan benar, lalu pindah ke cara menyikat gigi bagian depan dan kemudian lanjut ke bagian-bagian lainnya.

  3. Mempraktikkan Pada Boneka
    Selain mempraktikan secara langsung pada anak, orang tua juga bisa mengajarkan anak menyikat gigi melalui sebuah boneka. Jadi, anda perlu mengajak sang anak untuk bermain boneka terlebih dahulu lalu kemudian mintalah anak anda untuk menyikat gigi si boneka. Nah, setelah bermain boneka, ajaklah anak anda untuk menyikat giginya dan bila perlu bawalah boneka yang dipakai bermain untukmembuat anak menjadi lebih bersemangat untuk menyikat gigi.

  4. Mengajarkan Lewat Video atau Film Kartun
    Video atau film kartun tentu akan menarik perhatian sang anak. Nah, anda sebagai orang tua seharusnya bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk mengajarkan anak sikat gigi lewat video ataupun film kartun kesukaannya. Anda bisa mendapatkan video kartun yang mempraktekkan cara-cara menyikat gigi dari situs youtube dan bila ada, anda bisa mencari film kartun yang memperlihatkan tata cara menyikat gigi untuk diperlihatkan kepada anak.

  5. Menyikat Gigi Bersama
    Menyikat gigi bersama juga merupakan cara yang bisa anda gunakan untuk mengajarkan anak menyikat gigi. Anda bisa menunjukkan cara-cara menyikat gigi kepada anak sambil meminta anak untuk mempraktekkannya secara langsung. Untuk menambah keseruan, anda bisa menyelingkan beberapa cerita yang menarik atau bermain peran-peranan bersama sang anak.

sumber:https://halogigi.com/