Bagaimana Cara Mengajari Anjing Tentang Sinyal Tangan Pemiliknya?

image

Bagaimana Cara Mengajari Anjing Tentang Sinyal Tangan Pemiliknya?

Anehnya, sinyal tangan sering kali mudah diajarkan seperti perintah verbal.Berikut Panduan untuk mengajarkan sinyal tangan anjing Anda.

Ada banyak manfaat untuk mengajarkan sinyal tangan anjing Anda. Apakah anjing Anda tuli atau tidak, pelatihan semacam ini adalah usaha yang layak dan biasanya tidak lebih sulit daripada mengajarkan perintah verbal.

Ada banyak alasan mengapa Anda mungkin ingin mengajari anjing Anda tanda tangan:

  • Anjing Anda mengalami gangguan pendengaran.
  • Anda sendiri memiliki cacat yang memengaruhi berbicara.
  • Anda ingin merangsang anjing Anda secara mental dengan kegiatan baru dan cara belajar.
  • Anda ingin dapat berkomunikasi dengan anjing Anda secara halus.
  • Anda ingin menghindari kedengaran marah, khawatir, tidak pasti atau acuh tak acuh saat latihan.
  • Anda berlatih di daerah di mana kebisingan yang keras menjadi masalah.
  • Anda bekerja di area di mana keheningan itu penting.

Melatih Anjing Tuli untuk Menanggapi Getaran
Jika anjing Anda tuli, mungkin berguna untuk mengajar mereka untuk melihat Anda ketika Anda menggetarkan kerah pelatihan jarak jauh.

Setelah anjing melihat Anda, Anda dapat menggunakan isyarat tangan yang telah Anda ajarkan kepada mereka untuk memberi mereka petunjuk lebih lanjut.

Kombinasi kerah pelatihan jarak jauh dan sinyal tangan ini memungkinkan anjing tuna rungu untuk belajar dan berpartisipasi dalam kehidupan kita lebih banyak - dengan lebih sedikit masalah keselamatan terkait dengan tidak dapat berkomunikasi dengan anjing tuli selama masa-masa dibutuhkan.

Cara Mengajari Sinyal Tangan Anjing Anda

Mengajarkan sinyal tangan anjing Anda sangat mirip dengan pelatihan memikat hadiah.

Dalam pelatihan memikat hadiah, anjing diajarkan untuk melakukan sesuatu, seperti “duduk,” menggunakan hadiah atau mainan untuk mendorong anjing ke posisi atau melakukan tindakan yang sedang dilatih.

Setelah anjing duduk atau menyelesaikan tindakan apa pun yang sedang dilatih, anjing dipuji dan godaan diberikan sebagai hadiah.

Saat Anda mengajar isyarat tangan, salah satu cara termudah untuk melatih adalah mengubah gerakan memikat Anda menjadi isyarat tangan ketika tiba saatnya untuk menghapus camilan dari tangan Anda.

Berikut adalah beberapa tips umum untuk mengajari anjing Anda sinyal tangan:

  1. Jika anjing Anda tidak tuli dan juga sedang diajarkan perintah verbal, Anda bisa mulai dengan memberikan sinyal tangan bersamaan dengan perintah verbal.
  2. Ketika anjing Anda dapat melakukan perintah secara konsisten saat Anda memberikan perintah verbal dan sinyal tangan pada saat yang sama, putar memberi perintah verbal dengan sendirinya dan sinyal tangan dengan sendirinya.
  3. Ketika Anda memberi isyarat tangan, tunggu 7 detik untuk melihat apakah anjing Anda dapat mengetahui apa yang Anda ingin mereka lakukan. Setelah 7 detik, jika mereka tidak patuh, berikan perintah verbal juga, sebagai petunjuk. Ketika Anda berlatih di waktu berikutnya, ubah urutannya dan berikan perintah verbal terlebih dahulu, diikuti oleh isyarat tangan jika anjing Anda membutuhkan petunjuk. Latih rutinitas ini sampai anjing Anda dapat secara konsisten mematuhi perintah verbal dan isyarat tangan sendiri dan bersama-sama.

Perintah Apa Yang Dapat Anda Ajarkan kepada Anjing Anda Menggunakan Sinyal Tangan?

Anda dapat mengajarkan sinyal tangan untuk hampir semua perintah verbal.

Sebagian besar anjing mendapat manfaat dari mengetahui setidaknya perintah kepatuhan dasar, seperti:

  • Duduk
  • Turun
  • Datang
  • Tinggal
  • baik
  • Tumit

Setelah anjing Anda mengetahui perintah-perintah dasar, Anda dapat mengajarkan kepatuhan tingkat menengah / lanjut dengan melatih perintah-perintah yang sama di sekitar gangguan dan akhirnya dengan tali panjang untuk beralih ke keterampilan tanpa tali.

Anjing Anda biasanya perlu diajari untuk melihat Anda terlebih dahulu ketika Anda memanggil nama mereka, bersiul atau menggunakan kerah getaran - sehingga Anda bisa mendapatkan perhatian mereka sebelum memberi anjing itu isyarat tangan sesuai kebutuhan.

Cara Mengajarkan Sinyal Tangan untuk “Duduk”


Untuk mengajari anjing Anda tanda tangan untuk “duduk,” Anda akan membutuhkan hadiah atau mainan yang menurut anak anjing Anda menarik, tempat yang tenang dan kesabaran.

Idealnya, praktikkan ini di permukaan yang tidak licin, seperti karpet atau karpet.

  1. Dapatkan perhatian anjing Anda dengan menunjukkan mereka hadiah. Perlahan-lahan sentuh makanan itu ke suara mereka lalu gerakkan makanan itu ke bagian belakang kepala mereka di atas moncong mereka - jadi mereka melihat ke atas untuk mengikutinya. Jika anjing Anda mencoba untuk membuat cadangan ketika Anda melakukan ini, berlatih “duduk” dengan punggung menempel di dinding.
  2. Saat menonton, anjing Anda harus duduk sambil mencoba mengikutinya. Jika mereka tidak duduk, coba gerakkan suguhan lebih lambat atau sedikit lebih tinggi di atas kepala mereka dan ulangi seluruh proses sampai mereka duduk satu kali.
  3. Ketika mereka duduk, pujilah mereka dan segera berikan makanannya.
  4. Berlatihlah sampai mereka dapat duduk secara konsisten segera setelah Anda mulai bergerak atau menunjukkan camilan. Jika Anda ingin menambahkan isyarat verbal ke perintah ini, katakan, “Duduk” segera setelah Anda mulai memindahkan hadiah.
  5. Begitu mereka dapat duduk segera setelah Anda mulai memindahkan kudapan, lepaskan kudapan dari tangan Anda yang memikat dan pegang di tangan Anda yang lain di belakang punggung Anda. Berpura-puralah bahwa Anda masih memegang kudapan di tangan umpan yang sekarang kosong dan gerakkan tangan kosong di atas moncong anjing Anda seperti yang Anda lakukan sebelumnya saat memegang kudapan.
  6. Ketika mereka duduk, pujilah mereka dan berikan mereka suguhan dari belakang Anda.
  7. Jika mengajarkan perintah verbal juga, praktikkan isyarat tangan dengan kata yang diucapkan “Duduk” sampai anjing Anda secara konsisten merespons gerakan tangan Anda dan kata yang diucapkan. Kemudian berikan hanya sinyal tangan dan tunggu 7 detik untuk melihat apakah mereka hanya akan mematuhi sinyal tangan. Jika mereka membutuhkan bantuan, katakan, “Duduk” di akhir 7 detik sebagai petunjuk. Jika mereka duduk selama 7 detik, pujilah mereka dengan sepenuh hati dan berikan camilan. Latih isyarat tangan sampai anjing Anda secara konsisten dapat mematuhinya tanpa perintah lisan.
  8. Ketika anjing Anda mengetahui sinyal tangan, secara bertahap beralihlah ke versi yang lebih sederhana. Misalnya, alih-alih memegang jari-jari Anda seperti memegang suguhan, arahkan satu jari dan lakukan gerakan sapuan yang serupa tetapi lebih kecil ke anjing Anda dengan jari Anda - gerakannya harus menyerupai sinyal umpan tangan sebelumnya tetapi lebih sederhana dan melibatkan lebih sedikit gerakan .
  9. Praktikkan sinyal tangan baru ini sampai mereka dapat mematuhinya secara konsisten.
  10. Setelah Anda menyelesaikan versi baru dari isyarat tangan ini, pertahankan perintah yang sama untuk menghindari membingungkan anjing Anda.

Cara Mengajari Sinyal Tangan untuk “Turun”


“Turun” adalah salah satu perintah yang paling nyaman dan berguna untuk mengajar anjing Anda.

  1. Setelah anjing Anda mengetahuinya, saat mereka berjalan di bawah meja makan malam, Anda dapat memberi tahu mereka, “Turun.”
  2. Saat Anda mencoba membayar pembelian di toko hewan peliharaan, Anda dapat membuat anak anjing Anda berbaring.
  3. Saat anjing Anda berjalan mondar-mandir, memohon atau meminta perhatian Anda, Anda bisa menyuruh mereka berbaring.
  4. Perintah “turun” juga dapat membantu anjing yang gelisah belajar santai, anjing yang bersemangat belajar mengendalikan diri, anjing yang agresif belajar toleransi dan anak anjing belajar mengatur diri sendiri.

Dengan kata lain, perintah kepatuhan yang satu ini membuat hidup dengan seekor anjing menjadi lebih damai dan tidak membuat stres bagi Anda dan mereka. (Saya mengajarkan perintah verbal untuk “turun” selangkah demi selangkah di sini.)

Berikut cara mengajari anjing Anda tanda tangan untuk “turun”:


  1. Mulailah dengan mengajar “duduk” terlebih dahulu.
  2. Dengan anjing Anda dalam posisi duduk, pegang camilan di hidung mereka dan kemudian perlahan-lahan pindahkan camilan tersebut ke tanah. Begitu suguhan menyentuh tanah, dengan anjing Anda masih menjilati atau mengendusnya, perlahan-lahan pindahkan dari lantai sehingga anjing Anda harus bersandar ke depan dan turunkan tubuh ke tanah untuk mencapainya. Jika mereka mencoba berdiri untuk mengikuti perawatan, pegang tangan Anda dengan lembut di punggung bawah mereka untuk mendorong mereka untuk tetap dalam posisi duduk sehingga mereka harus berbaring untuk mengikuti perawatan.
  3. Ketika dada anjing Anda menyentuh lantai untuk berbaring, beri hadiah kepada mereka dengan hadiah itu.
  4. Jika mengajarkan perintah verbal juga, katakan, “Turun” segera setelah Anda mulai memindahkan camilan ke lantai. Berlatihlah sampai anjing Anda berbaring secara konsisten segera setelah Anda mulai memindahkan camilan ke lantai.
  5. Ketika anjing Anda secara konsisten berbaring ketika Anda mulai memindahkan kudapan ke lantai, lepaskan kudapan dari tangan Anda yang memikat dan letakkan di tangan Anda yang lain di belakang punggung Anda. Berpura-puralah bahwa Anda masih memegang camilan di tangan Anda yang sekarang sudah kosong dan lakukan gerakan yang sama ke lantai dengan tangan Anda seperti sebelumnya sebelum memegang camilan. Puji dan beri hadiah anjing Anda dengan hadiah dari belakang Anda segera setelah mereka berbaring.
  6. Lakukan gerakan memikat sampai mereka dapat melakukan perintah secara konsisten.
  7. Jika mengajarkan perintah verbal juga, ketika Anda memberi isyarat tangan Anda, jangan berikan perintah verbal dengannya - lalu tunggu 7 detik untuk melihat apakah anjing Anda dapat mengetahui apa yang Anda ingin mereka lakukan. Setelah 7 detik, jika mereka tidak patuh, berikan perintah verbal juga sebagai petunjuk. Ketika Anda berlatih di waktu berikutnya, ubah urutannya dan berikan perintah verbal terlebih dahulu, diikuti oleh isyarat tangan jika anjing Anda membutuhkan petunjuk.
  8. Berlatihlah sampai anjing Anda secara konsisten dapat mematuhi perintah verbal dan isyarat tangan sendiri dan bersama-sama.
  9. Secara bertahap berikan sinyal tangan “turun” dari jauh - berdiri lebih tegak saat anjing Anda membaik. Ketika mereka mematuhi sinyal tangan Anda saat Anda berdiri tegak, Anda dapat mulai membuat gerakan tangan lebih kecil. Misalnya, alih-alih memegang ibu jari dan jari telunjuk bersamaan dan bergerak ke lantai, gunakan telapak tangan untuk bergerak ke tanah dengan gerakan yang lebih kecil.
  10. Praktikkan sinyal tangan baru ini sampai mereka dapat mematuhinya secara konsisten.
  11. Setelah Anda mengajarkan versi baru dari isyarat tangan, pertahankan agar konsisten untuk menghindari membingungkan anjing Anda.

Cara Mengajarkan Sinyal Tangan untuk “Datang”


“Ayo” adalah salah satu perintah terpenting yang bisa Anda ajarkan pada anjing Anda. Ini memastikan keamanan anjing Anda dalam berbagai situasi dan memungkinkan mereka untuk memiliki lebih banyak kebebasan.

Saat mengajar anjing Anda untuk datang, Anda dapat menggunakan metode yang sama yang akan Anda gunakan untuk mengajarkan perintah “datang” secara verbal - seperti melarikan diri dari anjing Anda untuk mendorong mengejar, menggulung mereka dengan tali yang panjang, atau memanggil mereka kembali dan balik antara setidaknya 2 orang.
Ketika Anda mendorong anjing Anda untuk datang kepada Anda, bertepuk tangan bersama sambil memanggil, menggulungnya dengan tali panjang atau melarikan diri dari mereka. Tepukan akan menjadi perintah kedua yang dapat didengar, serta sinyal tangan visual.
Saat Anda ingin anjing Anda merespons tepukan tanpa membuat suara, buat gerakan tepukan itu tetapi jangan biarkan tangan Anda saling menyentuh - agar tepukan itu diam. Berlatihlah dengan dan tanpa suara, sehingga anjing Anda belajar meresponsnya dengan dua cara.

Cara Mengajarkan Sinyal Tangan untuk “Tetap”


Anda akan merasa sangat berguna untuk bisa memberi anjing Anda perintah “diam”. Saat tamu berkunjung atau keadaan ramai, “diam” diam dapat membuat anak anjing Anda tenang dan menjauh dari orang lain tanpa menarik perhatian pada perilaku hewan peliharaan Anda atau mengganggu tamu yang sedang berbicara.

  1. Pertama-tama ajarkan “duduk” dan “turun.”
  2. Dengan anjing Anda dalam posisi yang benar, pegang tangan Anda ke arah mereka seperti tanda berhenti, dengan telapak tangan menghadap anjing. Katakan, “Tetap” sambil mengulurkan tangan jika Anda juga mengajarkan perintah verbal.
  3. Pujilah dan berikan hadiah dengan tenang kepada anjing Anda karena mempertahankan posisinya. Pada awalnya, ganjaranlah sering - setiap beberapa detik. Saat anjing Anda membaik, jarak ganjaran Anda semakin jauh. Kemajuan dari detik ke menit. Untuk masa tinggal yang lama, Anda dapat secara bertahap bekerja hingga 1 jam untuk “turun” dan 20 menit untuk “duduk.”
  4. Setiap kali anjing Anda istirahat, pegang tangan Anda ke arahnya lagi dengan telapak tangan menghadap mereka. Dengan cepat bergerak ke arah mereka dengan tangan Anda menghadap mereka untuk mendorong mereka kembali. Ubah posisi mereka dan jangan memberi mereka suguhan sampai mereka telah memegang posisi itu selama beberapa detik atau menit, tergantung pada seberapa jauh mereka dengan pelatihan. Anda tidak ingin memberi penghargaan kepada mereka karena melanggar perintah.
  5. Jika Anda mengajari anjing Anda perintah “Tetap” secara lisan juga, begitu mereka bisa tinggal sebentar di lokasi yang tenang, berikan mereka isyarat tangan tanpa perintah verbal dan tunggu 7 detik untuk melihat apakah mereka patuh. Hadiah ketika mereka tinggal setelah diberi sinyal tangan sendiri. Jika mereka melanggar perintah dan bangun, katakan secara lisan kepada mereka untuk “Tetap” sebagai pengingat.
  6. Berlatih memberi anjing Anda sinyal tangan sendiri sampai mereka dapat mematuhinya secara konsisten tanpa perlu perintah lisan juga.

Cara Mengajar Pelepasan (“OK”) Menggunakan Sinyal Tangan


Meskipun ini merupakan bagian penting dari kepatuhan dasar, perintah pelepasan seringkali diabaikan.

“OK,” “Bebas” dan “Lepaskan” adalah kata-kata pelepasan yang umum digunakan yang memberi tahu anjing Anda ketika perintah selesai. Penting bagi mereka untuk memiliki perintah rilis sehingga mereka belajar memegang perintah sampai dirilis dan tahu kapan mereka tidak lagi berfungsi.

Bagaimana Jika Anjing Anda Tuli?


Jika anjing Anda tuli atau Anda tidak ingin mengajarkan perintah verbal dengan isyarat tangan, diamkan sesi pelatihan, dan gunakan gerakan untuk berkomunikasi.

  1. Pertama, gunakan hadiah Anda untuk memikat anjing Anda ke posisi yang benar, seperti “duduk.” Ketika mereka melakukan sesuatu dengan benar, beri tahu mereka dengan memberi isyarat tangan - seperti membentangkan tangan Anda secara terbuka, yang juga menawarkan camilan di tangan Anda pada saat yang bersamaan.
  2. Saat pelatihan berlangsung, lepaskan umpan dari tangan Anda, tetapi berpura-puralah Anda masih memegangnya. Tempatkan hadiah di tangan Anda yang lain - yang tersembunyi di belakang Anda.
  3. Dengan menggunakan tangan pemikat, lakukan gerakan yang sama seperti sebelumnya dengan tangan kosong Anda. Ketika anjing Anda bergerak ke posisi yang benar, beri tahu mereka bahwa mereka melakukan sesuatu yang benar dengan merentangkan tangan Anda dan kemudian dengan cepat memberikan camilan dari tangan Anda yang ada di belakang Anda.
  4. Berlatih perintah menggunakan gerakan memikat yang sama tanpa memperlakukan di tangan Anda sampai anjing Anda dapat melakukannya secara konsisten saat berada di lokasi itu.
  5. Ketika mereka dapat patuh tanpa suguhan di tangan Anda, mulailah mengubah gerakan iming-iming Anda menjadi sinyal tangan yang Anda ingin mereka ketahui.
  6. Misalnya, jika Anda mengajari mereka “duduk” dan menggerakkan tangan Anda dari hidung ke tanah sambil memegang camilan, lakukan gerakan menyapu yang sama ke tanah dengan tangan, tetapi angkat tangan beberapa inci lebih tinggi dan berikan dari posisi itu. Saat anjing Anda membaik, perlahan-lahan berdiri lebih tegak, sampai Anda dapat melakukan gerakan menyapu atau menunjuk ke tanah sambil berdiri sepenuhnya tegak dan anjing akan patuh.
  7. Anda juga dapat sedikit mengubah sinyal tangan Anda selama pelatihan. Misalnya, jika Anda saat ini melakukan gerakan menyapu dengan tangan datar untuk menunjukkan “duduk” tetapi Anda ingin menunjuk ke tanah sebagai gantinya, berlatih perintah berulang-ulang, secara bertahap selipkan semua jari Anda kecuali jari penunjuk Anda masuk, jadi bahwa sinyal tangan berubah menjadi titik menuju tanah dari waktu ke waktu.
  8. Setelah Anda selesai mengajarkan sinyal tangan untuk perintah khusus itu, tetap konsisten dengan sinyal untuk mencegah anjing Anda menjadi bingung.
  9. Ingat, selalu beri tahu anak anjing Anda segera setelah mereka mendapatkan sesuatu yang benar dengan merentangkan tangan Anda terbuka atau memberi isyarat meyakinkan lainnya.