Bagaimana Cara Mengajari Anak Anjing Anda Menaiki Tangga?

image

Bagaimana Cara Mengajari Anak Anjing Anda Menaiki Tangga?

Tangga bisa rumit untuk anak anjing. Inilah cara mengajar anak anjing Anda naik tangga - plus, cara memecahkan masalah saat pelatihan tidak berhasil.

Salah satu hal paling lucu tentang anak anjing adalah betapa kikuk dan kurusnya mereka saat muda.

Anak anjing kecil, koordinasi mereka tidak sepenuhnya berkembang, cakar dan kaki mereka bisa terlalu besar untuk tubuh mereka, mereka kurang pengalaman - dan, ya, mereka hanya canggung.

Sekarang tambahkan tangga panjang ke dalam campuran, dan apakah mengherankan anak anjing Anda merasa gugup di sekitar tangga? Bayangkan menjadi ukuran anak anjing Anda dan menavigasi tangga untuk pertama kalinya.

Cara Mengajari Anak Anjing Anda Menaiki Tangga

Dua hal terpenting yang Anda butuhkan untuk mengajar anak anjing Anda naik tangga: kesabaran dan sikap percaya diri.

Anak anjing Anda akan mencari Anda dan tanggapan Anda untuk memutuskan apakah mereka berpikir sesuatu itu aman atau tidak. Jika Anda memproyeksikan rasa takut, merasa kasihan pada anak anjing atau kegugupan, anak anjing Anda biasanya akan merasa khawatir juga.

Bersimpati dengan tantangan anjing sehingga Anda bisa bersabar. Tetapi jaga sikap percaya diri: Mereka dapat melakukan ini, dan Anda akan menunjukkan caranya.

Berikut adalah beberapa instruksi pelatihan langkah demi langkah:

  1. Bawa anak anjing Anda ke bagian bawah tangga kecil yang tidak licin. Contohnya termasuk beberapa anak tangga yang mengarah ke luar, tangga berkarpet dengan pendaratan, atau tangga lain yang tidak licin dan bukan tangga penuh. Anda mungkin perlu mengunjungi teman dengan tangga berkarpet untuk pelatihan awal ini.
  2. Tempatkan beberapa kibble atau beberapa kudapan kecil di bagian bawah 2-3 langkah. Mulailah latihan ini di bagian bawah karena sebagian besar anjing merasa lebih mudah naik tangga daripada menuruni tangga.
  3. Saat anak anjing mulai merasa nyaman berjalan menaiki beberapa langkah pertama, secara bertahap berikan lebih banyak camilan pada langkah-langkah yang lebih tinggi, satu per satu.
  4. Terakhir, letakkan camilan di semua langkah, biarkan anak anjing Anda berlatih naik turun tangga dengan kecepatan mereka sendiri untuk mendapatkan camilan mereka.
  5. Ketika mereka mencapai puncak tangga, pujilah mereka dengan antusias untuk meningkatkan kepercayaan diri mereka. Tetap diam saat mereka menavigasi tangga agar tidak mengganggu mereka.
  6. Jika anak anjing tergelincir dan jatuh pada titik mana pun, pujilah mereka dan berikan beberapa hadiah, satu per satu. Jenis respon percaya diri ini dapat mencegah mereka menjadi takut tangga di masa depan.
  7. Setelah anak anjing Anda dengan percaya diri menavigasi tangga ke atas dan ke bawah, hapus hadiahnya.

Cara Mengatasi Masalah Saat Pelatihan Tidak Bekerja

Sebagian besar anak anjing cukup penasaran dan cukup termotivasi makan sehingga memperlakukan insentif dan kesabaran akan membantu mereka mengatasi keengganan mereka untuk naik tangga. Namun, kadang-kadang anak anjing tidak akan cukup termotivasi atau akan terlalu takut untuk naik tangga.

Ketika itu masalahnya, pertimbangkan untuk mencoba salah satu saran berikut untuk membantu anak anjing mengatasi ketakutan mereka.

Rekrut Asisten Canine
Apakah anak anjing memiliki tubuh anjing yang lebih tua yang menavigasi tangga dengan mudah?

  1. Suruh teman datang membawa anjing dewasa atau anak tangga yang mahir.
  2. Berlatihlah berjalan naik dan turun tangga sementara anjing lain mengikuti Anda.
  3. Saat Anda sampai di puncak tangga, beri anjing lain hadiah agar mereka tetap tertarik pada permainan.
  4. Bawalah anak anjing Anda camilan kapan saja mereka berusaha mengikuti Anda di tangga, meskipun mereka tidak berhasil jauh.
  5. Ketika anak anjing Anda akhirnya berhasil menaiki tangga, berikan hadiah tambahan dan mainkan permainan pendek bersama anjing-anjing itu. Hadiah dengan hadiah dan permainan setiap kali anak anjing Anda benar-benar naik atau turun tangga.
  6. Membuat anak anjing merasa agak tersisih dapat berfungsi sebagai motivator yang baik bagi mereka untuk mengatasi rasa takut mereka sehingga mereka dapat ikut bersenang-senang. Menonton anjing lain menavigasi tangga tanpa masalah juga dapat menunjukkan anak anjing bahwa tangga itu aman.

Jadikan Game
Jika anak anjing Anda tidak termotivasi oleh makanan, cobalah berlatih permainan tarik-menarik di bagian bawah tangga dan gunakan mainan itu untuk memotivasi anak anjing untuk berjalan menaiki tangga.

  1. Di bagian bawah tangga, mintalah anak anjing tertarik pada mainan tarik-menarik, seperti mainan tanpa hewan atau tali. Pilih sesuatu yang tidak terpental dan tidak sulit.
  2. Biarkan anjing itu menarik mainan itu sebentar. Sesekali minta mereka melepaskan mainan itu, dan melemparkannya ke langkah bawah untuk diambil sementara mereka masih bersemangat dengan mainan itu.
  3. Ketika anak anjing Anda kembali dengan mainan itu, pujilah mereka dan lanjutkan permainan.
  4. Setiap beberapa menit, lemparkan mainan itu ke tangga lagi. Saat kepercayaan diri anjing tumbuh, mulailah melemparkan mainan ke tangga yang lebih tinggi dan lebih tinggi, secara bertahap maju selangkah demi selangkah.
  5. Ketika anak anjing Anda menavigasi setidaknya 5 langkah dengan mudah, transisi pelatihan untuk berjalan menaiki tangga sambil memegang mainan tunda sehingga anak anjing Anda akan mengikuti Anda menaiki tangga.
  6. Ketika Anda sampai di puncak tangga, lanjutkan permainan tarik-menarik Anda.

Transisi dari mengambil mainan untuk mengikuti Anda menaiki tangga dapat mencegah anak Anda berlari menaiki tangga dan mungkin jatuh saat kepercayaan mereka terhadap tangga tumbuh.

Sederhanakan Prosesnya
Cara lain untuk membantu anak anjing yang gugup mengatasi rasa takut mereka akan tangga adalah naik ke tangga lebih bertahap:

  1. Jika anak anjing Anda terlalu takut untuk menavigasi satu set tangga, ciptakan rintangan kecil dengan ketinggian yang berbeda-beda bagi mereka untuk berlatih berjalan naik turun dalam kehidupan sehari-hari. Rintangan-rintangan ini dapat membantu anak Anda meningkatkan koordinasi mereka dan membuat mereka peka untuk berjalan naik dan turun di permukaan.
  2. Ketika Anda melihat peningkatan, mulailah untuk menyatukan beberapa rintangan berbeda dari ketinggian yang berbeda, menciptakan tangga mini Anda sendiri.
  3. Ketika anak anjing dapat menangani tangga mini Anda, cobalah yang asli. Mulailah dengan langkah-langkah dengan langkah pertama yang lebih sedikit dan naik ke tangga yang lebih tinggi saat kepercayaan dan kemampuan anak anjing Anda meningkat.

image

Yang Harus Dilakukan Ketika Anak Anjing Anda Tidak Bisa Memanjat Sendiri
Jika anak anjing Anda sangat kecil, cacat, atau belum cukup terkoordinasi untuk mengelola tangga, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk membantu menavigasi tangga tanpa harus menggendongnya setiap waktu.

Memanfaatkan
Untuk anak-anak anjing penyandang cacat seperti masalah persendian, masalah otot, amputasi atau kebutaan, Anda dapat membeli sabuk dukungan yang empuk dan memiliki pegangan atau tali pengikat yang Anda pegang untuk menawarkan dukungan tambahan sementara anjing berjalan sendiri.

Harness pendukung juga bisa baik untuk anak anjing yang takut tangga karena merasa tidak stabil. Dukungan tambahan dapat membantu mereka merasa cukup percaya diri untuk berjalan di sebelah Anda menaiki tangga.

Menawarkan sesekali jilatan selai kacang atau pasta hati dari sendok saat mereka berjalan di tangga dapat berfungsi sebagai motivator tambahan untuk membuat mereka bergerak juga. (Pastikan selai kacang tidak mengandung xylitol, yang beracun bagi anjing.)

Landai
Beberapa anak anjing terlalu kecil untuk menavigasi tangga. Bahkan ketika ukuran bukan masalah, tanjakan seringkali kurang menakutkan dibandingkan tangga. Anda dapat memasang jalur landai yang membutuhkan ruang horizontal 1-2 kaki di satu sisi tangga Anda, memungkinkan anak Anda berjalan menaiki tangga di sisi jalan.

Karpet
Jika anjing Anda kesulitan dengan tangga karena tangga yang licin, menambahkan karpet atau tapak nonslip dapat membantu.