Bagaimana cara mengajak kelinci bermain ?

Kelinci

Kelinci merupakan hewan sosial dan senang bermain dengan pemiliknya, namun bagaimana cara mengajak nya bermain?

Cara mengajak kelinci bermain adalah sebagai berikut :

1. Kenali kelinci Anda.

Kepribadian kelinci akan menentukan mainan yang disukai dan tidak disukainya. Sebelum mulai mengumpulkan mainan untuk kelinci Anda, cobalah kenali dia dan cari tahu kesukaannya. Mengetahui rangsangan apa yang akan ditanggapinya dapat membantu Anda merencanakan waktu bermain.

Pertama, biarkan kelinci Anda keluar dari kandang atau ruang berpagar dan menghampiri Anda. Biarkan dia menjelajah daerah yang aman baginya.

Perhatikan dengan apa dan bagaimana dia berinteraksi. Sebagian kelinci senang menghancurkan sesuatu, yang berarti mereka senang merobek-robek kertas dan tisu saat bermain. Sebagian melemparkan mainan dengan giginya lalu mengejarnya. Sebagian lagi senang menjatuhkan sesuatu. Perhatikan perilaku kelinci Anda dan lihatlah permainan seperti apa yang disenanginya.

Kelinci mudah merasa takut, jadi usahakan untuk tidak melakukan gerakan yang mendadak. Jangan pernah meneriaki kelinci, karena ini akan membuat kelinci menjauh dari Anda.

2. Jadwalkan periode waktu bermain.

Kelinci cenderung berkembang dalam rutinitas. Cara terbaik untuk membuat kelinci bermain dengan Anda adalah dengan memiliki waktu bermain yang dijadwalkan secara rutin.

Kelinci pada umumnya paling aktif di pagi hari, jadi ini mungkin merupakan waktu yang bagus untuk bermain dengannya, jika Anda bisa. Jika tidak, banyak juga kelinci yang aktif menjelang malam hari.

Berhati-hatilah saat mengajak bermain. Kelinci lebih suka dibiarkan sendiri saat sedang makan, berada di bak pasir, mandi, ataupun tidur. Jika Anda melihat kelinci Anda sedang melakukan hal-hal tersebut, biarkan dia selesai sebelum mengajaknya bermain. Namun, ide yang bagus untuk membuka kandang atau ruang berpagar kelinci Anda di saat itu karena ini memberinya tanda bahwa sekarang adalah saatnya bermain dan dia dapat keluar dari kandang saat sudah siap.

3. Samakan tinggi Anda dengan si kelinci.

Pastikan kelinci Anda merasa aman dan nyaman dengan diri Anda sebagai teman bermain. Anda harus memastikan dia tidak menganggap Anda sebagai raksasa.
Cobalah samakan tinggi Anda dengan kelinci. Anda dapat duduk, membungkuk, ataupun berbaring di lantai.

Biarkan kelinci memilih untuk duduk di pangkuan Anda atau berinteraksi secara fisik dengan Anda. Sebagian kelinci senang dipeluk dan seiring waktu akan menjadi kelinci yang senang dipangku, tetapi sebagian besar lebih suka mandiri selama bermain.

4. Bersabarlah.

Kelinci dapat merasa takut, terutama di saat awal. Jangan memaksanya untuk bermain atau memberinya suatu mainan jika kelinci Anda terlihat tidak berminat. Biarkan kelinci menyesuaikan diri sesuai kemampuannya.

Jangan berlaku kasar pada kelinci seperti pada kucing atau anjing. Kelinci pada dasarnya penakut dan ini dapat menyebabkan kelinci Anda merasa ketakutan di sekitar Anda.

Sambut kelinci Anda dengan riang sebelum membuka kandangnya, panggil namanya dan katakan sesuatu yang bersahabat seperti, “Selamat pagi”. Dengan begini, dia akan mengaitkan Anda dengan kesenangan dan akan lebih ingin berinteraksi dengan Anda.

Belai kelinci Anda sambil memberinya komentar yang positif, seperti isyarat suara yang bersahabat atau imbalan makanan. Anda perlu membuatnya mengaitkan sentuhan Anda dengan rasa aman dan bahagia

Sumber: https://id.wikihow.com/Bermain-dengan-Kelinci-Anda