Bagaimana cara menentukan prioritas dalam Product Roadmap?

Product Roadmap merupakan alat yang digunakan untuk mengamati atau menjelaskan bagaimana sebuah produk berkembang, selaras dengan stakeholder dan sesuai dengan bujet proyek.

Bagaimana cara memprioritaskan Product Roadmap ?

Selain membuat product roadmoap, melakukan maintance terhadap product roadmap agar tetap konsisten juga merupakan hal penting. Dalam memprioritaskan product roadmap agar dapat berjalan sebagai mana mestinya kita perlu memperhatikan tiga aspek

  1. Where are you going ?
    2. How are you getting there ?
  2. Why are you going there ? (And with who?)

Product roadmap harus mampu menjelaskan perkembangan produk dari waktu kewaktu dan highlight dari milestones. Sebuah produc roadmap yang baik dapat menjelaskan secara rinci mengenai produk. Untuk memprioritaskan apa yang harus ada diproduc roadmap kita dapat mealakukan dengan menjawab tiga pertanyaan diatas.

Product Vision: Where are you going?

Dalam hal ini kita harus fokus dan menselaraskan organisasi. Kita harus mampu membangun, menyebarkan dan menjaga tujuan produk agar tercapai. Seperti yang dikatakan oleh Janna Bastow dari ProdPad

If you don’t have your product vision, don’t bother with roadmapping. Stop right there, go back to the beginning and make sure that you understand what you guys are building towards, why you’re in this. If you don’t have your product vision, you’re either as far as you’re going to get already or you’re going to end up somewhere else completely unexpected, and you don’t want that.

Product Metrics: How are you getting there?
Penting untuk mengidentifikasi metric yang akan digunakan. Hal tersebut dapat berpengaruh kepada pengambilan keputusan yang mungkin berdampak besar kepada kemajuan produk kita.

Customers: Why are you going?
Mempertahankan pelanggan merupakan hal penting dalam penngembangan sebuah produk.

"Referensi

https://productmanagementfestival.com/how-to-prioritize-your-product-roadmap/

10 Tips for Creating an Agile Product Roadmap | Roman Pichler