Bagaimana cara menentukan jenis kulit?

Ada berbagai macam jenis kulit: kering, berminyak, kombinasi, dan normal. Bagaimana cara menentukan jenis kulit? Karena saya bingung untuk menentukan jenis kulit saya sendiri.

Kulit Berminyak
Klasifikasi kulit ini memiliki ciri-ciri antara lain permukaannya tampak seperti kulit jeruk, pori-porinya lebar dan terbuka serta dapat dilihat di bagian wajah manapun bukan hanya hidung. Joanna pun menyarankan pemilik kulit tipe ini untuk rajin melakukan eksfoliasi setidaknya dua sampai tiga kali seminggu. Jika bisa rutin pula pergi ke klinik kecantikan untuk facial setiap bulan agar terhindar dari jerawat.

Kulit Kering
Orang yang berkulit kering memang tidak perlu memusingkan ‘penampakan’ pori-pori. Namun mereka harus mewaspadai timbulnya kerutan dan kekusaman. Kulit kering juga sering sedikit sensitif sehingga mudah iritasi saat musim dingin ketika kurang kelembapan.

Kulit Kombinasi
Orang dengan kulit kombinasi biasanya berminyak di bagian T-zone namun kering di area pipi. Untuk menyeimbangkan keseluruhan kompleksi wajah, disarankan untuk menambahkan minyak dan membuatnya kering di saat yang bersamaan. Vanesaa pun menganjurkan untuk menggunakan minyak jojoba yang akan membuat area berminyak lebih kering dan area kering lebih lembap.

Kulit Normal
Bagaimana dengan kulit normal? Meski umumnya tak memiliki masalah tertentu bukan berarti Anda bisa sembarangan dalam merawatnya. Vanessa mengatakan jika tipe ini butuh produk perawatan dengan bahan-bahan yang bagus. Di malam hari, penting untuk selalu membersihkan, menggunakan serum kemudian krim malam untuk menjaganya tetap sehat.

Sumber: