Bagaimana cara menenangkan anjing yang mudah gugup?

Biasanya, anjing merasa gugup dan takut ketika bertemu dengan orang baru/asing. Bagaimana vara menenangkan anjing yang mudah gugup?

Ini 3 tips untuk menenangkan anjing yang gugup.

  1. Perhatikan gerak tubuhmu
    Jika anjingmu merasa gugup, berjongkoklah agar tinggi matamu sejajar dengan mata anjingmu. Jangan tetap berdiri atau membungkuk. Itu hanya membuatmu seakan tambah menjulang di atasnya dan membuatnya takut. Berikan usapan lembut di punggungnya. Usapan di kepala terkadang bisa membuat anjing tambah stres. Berikan anjingmu personal space yang cukup dengan tidak merangkul atau memeluknya. Namun kalau anjingmu sendirilah yang menghampirimu saat dia ketakutan, seperti mencoba naik ke pangkuanmu atau bersembunyi di balik ketiakmu, berikanlah kontak tubuh yang dia inginkan.

  2. Bicara dengan suara lembut
    Dengan mengelus-elus punggungnya, perhatiannya akan tertuju padamu. Setelah itu, bicaralah dengan suara yang rendah dan nada yang lembut, namun tetap terdengar tegas. Tenangkan anjingmu dengan mengatakan padanya bahwa dia aman, kamu akan terus di sampingnya, dan semuanya akan baik-baik saja. Jangan pernah berteriak atau memarahi anjingmu, karena itu hanya akan menambah daftar hal yang membuat dia stres saat itu.

  3. Siapkan treat
    Banyak pemilik anjing yang kebingungan harus melakukan apa saat anjing mereka gugup dan ketakutan. Mereka mengira memberikan treat akan membuat anjing mengasosiasikan rasa takut dengan hadiah. Gugup dan takut adalah perasaan yang tidak bisa dikontrol. Jadi, meski kamu memberikan treat padanya, dia tidak akan sengaja mengulang perasaan takut tersebut hanya demi mendapat treat dari kamu.

Source:
https://petlogue.com/curation/anjing-menjadi-gelisah-setiap-bertemu-orang-baru-ini-cara-jitu-menenangkan-anjing-yang-gugup/