Bagaimana cara menemukan kedamain dan berdamai dengan diri sendiri?

image

Bagaimana menurutmu tentang berdamai dengan diri sendiri? Terdengar sulit atau mudah? Berdamai dengan diri sendiri adalah tentang pembelajaran yang dilakukan secara konsisten. Biasanya kalau seseorang mendengar kata “konsisten” adalah pekerjaan yang nggak mudah, nih. Untuk bisa berdamai dengan diri sendiri, kamu harus belajar untuk mendengarkan, merasakan, dan menghargai diri sendiri.

Cara berdamai dengan diri sendiri ada beberapa hal yang harus dilakukan yaitu:

  1. Percaya pada diri sendiri
    Kurangi perasaan ragu terhadap diri Anda sendiri. Percaya setiap hal yang muncul dari dalam diri Anda. Apapun yang terjadi, Anda akan tumbuh melalui pengalaman pribadi Anda, sehingga yakinlah pada diri sendiri.
  2. Pahami pikiran sendiri
    Tidak semua pemikiran yang Anda miliki adalah pikiran yang positif. Mulai sadari pikiran-pikiran buruk yang dimiliki agar Anda bisa segera menepis segala pikiran negatif yang muncul. Demi berdamai dengan diri sendiri, ikuti segala pikiran positif yang bisa menuntun Anda ke arah hidup yang lebih baik. Jangan memanjakan serta membiarkan pikiran negatif hidup terus berlarut-larut.
  3. Peduli dengan diri sendiri
    Kebanyakan orang justru memilih untuk tidak memikirkan diri sendiri dan selalu mendahulukan orang lain seolah kebutuhan dan kepentingan dirinya tidak lebih penting dari orang lain. Perlakukan diri Anda sama halnya dengan memperlakukan orang yang kalian sayangi. Mencintai diri sendiri membuat Anda dapat memaafkan segala kesalahan yang telah diperbuat hingga akhirnya dapat berdamai dengan diri sendiri.
  4. Sadar bahwa kekecewaan adalah sebagian dari hidup kita.
    Sebagai manusia biasa, Anda tidak mungkin terhindar dari rasa sedih dan kecewa. Bahkan orang yang sukses dan bahagia pasti pernah merasakan perasaan-perasaan itu.
    Hadapi perasaan tersebut dengan tegar dan terima perasaan itu dengan baik. Jangan berusaha untuk menghindarinya atau berpura-pura tidak merasakannya, karena hal itu hanya menunda diri anda melaluinya.
  5. Hadapi rasa takut
    Jika anda memiliki rasa takut akan sesuatu, jangan berusaha untuk membenci perasaan itu. Lebih baik akui perasaan itu dan coba untuk menghadapi rasa takut yang anda miliki
  6. Jangan telalu perfeksionis
    Melakukan kesalahan adalah hal yang wajar dan pasti dilakukan oleh semua orang. Terlalu larut dalam menyesali kesalahan yang telah anda buat hanya akan membuat anda tidak bisa merasa bahagia.

Berdamai dengan diri sendiri memang tidak mudah. Saya juga pernah mengalami hal ini. Pada akhirnya, saya dapat berdamai dengan diri sendiri dan juga masa lalu. Hal yang paling beroengaruh bagi saya adalah pergantian lingkungan sosial. Semenjak saya merantau, saya mendapat linkungan pertemanan yang baik dan membangun. Karena saya berada di lingkungan baru yang baik, rasa percaya diri saya mulai tumbuh. Lingkungan saya yang baru sangat membangun dan membentuk diri saya untuk menjadi sosok yang lebih ceria dan baru. Hal ini membuat saya perlahan-lahan dapat menerima diri saya lagi. Menurut saya, menghilangkan orang-orang yang dianggap toxic atau memberi pengaruh buruk sangat penting, untuk kita dapat berdamai dengan diri sendiri.

Kedamaian merupakan hal yang menjadi dambaan bagi setiap orang. Setidaknya, tanyakan kepada diri kamu sendiri, apakah kamu pernah mencari kedamaian untuk diri sendiri selama proses - proses perubahan yang terjadi di dalam hidup. Menemukan kedalaman untuk diri sendiri memiliki manfaat untuk menciptakan sebuah kejelasan mengenai visi dan misi kita di dalam hidup yang mmebuat kita lebih bersemangat dan termotivasi. Kedamaian diri bukan berarti hidup tanpa adanya tekanan karena tekanan itu sendiri akan selalu ada, namun ketika sesuatu hal terjadi maka kamu bisa mengatasinya tanpa berpikir berlebihan atau mempertanyakan segala sesuatunya berdasarkan pengalaman yang pernah kamu dapatkan, maka kamu dapat dikatakan sudah mendapatkan kedamaian.

Untuk menemukan kedamaian, ada beberapa langkah sederhana tetapi besar efeknya untuk diri kita. yang pertama kita bisa mulai dengan berjalan - jalan menikmati alam di sekitar kita dengan menyingkirkan sejenak segala urusan keseharian dan juga gadget yang selalu menempel kepada kita. Lalu kita juga harus senantiasa bersyukur, karena dengan bersyukur, kamu akan lebih menerima konsekuensi apapun di dalam hidup entah itu sifatnya positif maupun negatif. selain itu cobalah untuk melakukan meditasi untuk membantuk merilekskan jiwa dan raga kita.

Selain menemukan kedamaian, berdamai dengan diri sendiri juga penting. setidaknya dengan begitu, kamu akan lebih bisa menghargai dirimu sendiri dengan segala kelebihan dan kekurangan. percayalah kepada diri sendiri dan jangan meletakan target yang terlalu tinggi pada diri sendiri. mulailah pelan - pelan dan hindari sifat yang terlalu perfeksionis.

Menurut saya, berdamai dengan diri sendiri itu tidak mudah. Saya juga pernah mengalami benci dengan diri sendiri, sampai suatu ketika saya dipertemukan dengan orang yang bisa menasehati saya. Dia bilang jika memang ingin berdamai, kita harus siap menerima apapun yang ada di dalam diri kita, dan kita harus lebih self love. Mungkin selflove ga mudah bagi setiap orang, tetapi jika ada kemauan dan niat pasti bisa dijalankan dan akhirnya kita bisa berdamai dengan diri sendiri.

menurutku langkah pertama untuk dapat berdamai dengan diri sendiri adalah dengan menerima. menerima apapun keputusan yang telah kita perbuat, baik itu sebuah kesalahan atau pun penyesalan, kita harus menerima terlebih dahulu bahwa hal itu sudah terjadi. lalu yang kedua adalah memproses diri untuk coba memaafkan. memaafkan atas apapun yang telah terjadi. lalu apabila kita mengharapkan untuk tetap konsisten dalam berdamai dengan diri sendiri, terkadang ada hari dimana kita harus merasa bahwa tidak apa-apa jika kita mengalami penurunan. proses berdamai dengan diri bukanlah ilmu statis.