Bagaimana cara menemukan kedamaian batin?

Ketika semuanya menjadi buruk, kita cenderung untuk memiliki pikiran yang negatif. Jika sudah demikian, maka akan sulit untuk melawannya dengan pikiran yang positif. Untuk mengganti pemikiran negatif menjadi positif, kita perlu menenagkan batin terlebih dahulu. Apa saja tips untuk menemukan kedamaian batin ?

Cara yang paling umum dilakukan adalah dengan melakukan meditasi. Meditasi adalah cara untuk melepas dunia luar yang ruwet untuk meraih kedamaian batin yang mantap. Dalam semua mistisme dan pelbagai tradisi spiritual, meditasi adalah jalan menuju pikiran yang murni dan kokoh.

Meditasi dapat dilakukan oleh semua orang secara universal tanpa batasan umur tertentu. Dengan melalui meditasi seseorang dapat meringankan beban-beban kehidupan, mengendalikan diri, melatih kesabaran serta meningkatkan konsentrasi.

Meditasi secara umum adalah pemfokusan pikiran menuju status “kesadaran” dan kebahagiaan. Kita akan mendapatkan suatu stimulus (rangsangan) yang membuat nilai kontrol pada kesadaran kita.

Kondisi meditasi menunjukkan suatu keadaan konsentrasi yang fokus.

Meditasi diidentikkan dengan hening, diam, tidak ada gerakan, tidak ada ambisi, mata terpejam, dan lain-lain. Itulah gambaran dari seseorang yang melakukan pemusatan konsentrasi pada saat bermeditasi, yang jelas bukan tidur. Meditasi merupakan proses saat energi memasuki kondisi yang terbaik, paling utuh, dan sempurna, tetapi tetap terpelihara tingkat kesadaran yang tinggi.

Dalam bahasa Pali atau Sanskerta, meditasi disebut sebagai samadhi. Kata samadhi berasal dari akar kata sam-adha yang artinya menyatukan atau konsentrasi, yang berkaitan dengan keadaan batin tertentu. Jadi samadhi artinya memusatkan atau mengkonsentrasikan pikiran atau batin .

Manfaat Meditasi


Meditasi yang dilakukan dengan cara yang benar akan menghasilkan kemajuan spiritual yang membuat hidup menjadi lebih baik, mengendalikan konsentrasi, melenyapkan ketegangan, dan mengendalikan emosi.

Pada dasarnya dengan meditasi akan menimbulkan sifat yang sabar, tenang dan damai pada seseorang yang melakukan meditasi, hal tersebut juga berdampak pada keseimbangan batin, keharmonisan pada fisik, mental dan spiritual, sehingga mampu untuk berpikir jernih dan cerdas.

Meditasi juga berpengaruh pada fungsi-fungsi organ tubuh yang bermanfaat bagi kesehatan, seperti peningkatan kebugaran dan daya tahan tubuh hingga penyembuhan sejumlah penyakit. Dengan bermeditasi selama bertahun- tahun dapat membuat kebiasaan hidup menjadi lebih terarah, terstruktur, membuat kepribadian menjadi lebih sabar, tahan terhadap berbagai macam kesulitan, lebih bersedia berkorban dan tidak menggantungkan dirinya kepada orang lain.

Dalam kehidupan bermasyarakat juga dapat lebih memperhatikan norma etika dan moral, dapat mengenal cara hidup dimasyarakat lebih bijaksana dalam hal berperilaku sehingga tidak sewenang-wenang, dan dapat memberi bimbingan spiritual kepada lingkungannya

manfaat meditasi

Manfaat-manfaat meditasi yang dapat dirasakan dalam kehidupan sehari-hari oleh seseorang yang melaksakan meditasi, antara lain:

  1. Meditasi dapat membebaskan diri dari ketegangan relaksasi atau pelemasan.

  2. Meditasi dapat membantu untuk menenangkan diri dari kebingungan dan mendapatkan ketenangan yang bersifat sementara maupun yang bersifat tetap.

  3. Meditasi dapat menumbuhkan kepercayaan pada diri sendiri yang sangat dibutuhkannya.

  4. Meditasi dapat membantu untuk memberikan pengertian terhadap keadaan atau sifat yang sebenarnya dari hal-hal yang menyebabkan takut dan selanjutnya dapat mengatasi takut dalam pikiran yang berasal dari diri sendiri.

  5. Meditasi dapat memberikan perubahan dan perkembangan yang menuju pada kepuasan hati.

  6. Meditasi dapat menghilangkan keragu-raguan dan dapat mengetahui nilai-nilai yang praktis dalam bimbingan agama.

  7. Meditasi dapat membantu menguatkan ingatan sehingga dapat belajar lebih seksama dan lebih efisien.

  8. Meditasi dapat menunjukan sifat dan kegunaan dari kekayaan yang diperolehnya, bagaimana cara menggunakan harta tersebut untuk kebahagiaan dirinya sendiri dan kebahagiaan orang lain.

  9. Meditasi dapat membantu untuk memiliki rasa puas dan ketenangan serta tidak melampiaskan rasa iri hati terhadap orang lain yang lebih mampu dari padanya.

  10. Meditasi dapat memberikan pengertian yang lebih mendalam mengenai kehidupan, dan pengertian tersebut akan memberi kelegaan dan kebebasan dari penderitaan serta pahit getirnya kehidupan.

  11. Meditasi dapat membantu untuk belajar menguasai nafsu-nafsu dan keinginan.

  12. Meditasi dapat mengembangkan pengetahuan-pengetahuan yang sangat berguna untuk kesejahteraan diri sendiri dan kehidupan.

  13. Meditasi dapat memberikan kesadaran dan melihat bagaimana caranya mengatasi kebiasaan yang berbahaya yang memperbudak dan mengikat diri sendiri.