© Dictio 2017 - 2019, Inc. All Rights Reserved. Terms of Use | About Us | Privacy Policy


Bagaimana cara mendekati kucing yang penakut?

kucing

Teman saya mempunyai kucing yang apabila didekati kucing tersebut seperti ketakutan. Bahkan pada pemiliknya juga seperti itu. Bagaimana mengatasinya?

Cara mengatasi kucing yang penakut antara lain dapat dilakukan dengan cara berikut :

  1. Dekati kucing dengan perlahan
    Dekatilah kucing yang penakut dengan perlahan dan jangan melakukan pergerakan secara tiba-tiba karena bisa membuatnya kaget dan makin takut. Jangan menatap mata kucing secara langsung dan intens, meliriklah sekilas atau berkedip sesekali.

  2. Berjongkoklah dan lembutkan suara
    Jangan berdiri dan jangan membayangi kucing yang sedang ketakutan. Berjongkok bisa membuat kita lebih terlihat bersahabat bagi kucing. Sapalah dengan suara lembut dan berbicaralah pada kucing tersebut seperti berbicara dengan anak kecil.

  3. Jangan ambil paksa
    Jangan pernah mengambil paksa kucing yang ketakutan karena selain berpotensi melukai kita, kucing akan semakin takut dan sulit memercayai kita.

  4. Sediakan tempat sembunyi
    Kucing membutuhkan waktu untuk beradaptasi di tempat baru, terlebih kucing yang penakut. Sediakan tempat bersembunyi untuk kucing, bisa berupa kardus, rak buku kosong, lemari, apa pun yang bisa dipakai kucing untuk bersembunyi. Biarkan kucing berlari ke tempat persembunyiannya kapan pun dia takut. Dengan begitu kepercayaan bahwa rumah barunya tempat yang aman akan terbangun sedikit demi sedikit.

  5. Sediakan tempat vertikal
    Tempat vertikal membantu kucing penakut untuk mengeksplorasi lingkungan barunya. Ia bisa mengawasi lingkungan sekitar dengan rasa aman dari ketinggian. Sediakan cat tree atau sekadar matras di atas rak buku untuknya duduk dan melihat dunia barunya dari ketinggian.

Sumber :
https://petlogue.com/curation/kucing-ketakutan-ketika-didekati-berjongkoklah-5-tips-mendekati-kucing-penakut/