Bagaimana Cara Mendapatkan Ide Untuk Melukis?

Ketika melukis, terkadang kita kesulitan dalam mendapatkan inspirasi. Apakah ada cara-cara tertentu agar inspirasi/ide untuk melukis bisa dengan mudah didapatkan?

  1. Buat Daftar Pilihan, yang Anda Sukai atau Tidak Disukai
    Anda tidak akan mempunyai ide melukis tanpa memiliki ide gaya atau aliran seperti apa yang akan anda buat. Maka langkah pertama untuk memperoleh ide adalah dengan membuat daftar pilihan yang ingin anda pertimbangkan.
    Subjek atau gaya apa yang anda sukai, buat daftar juga apa yang anda tidak sukai, kemudian mulai persempit dari list yang anda sukai. Sebagai contoh, apakah anda ingin membuat lukisan tokoh, pemandangan atau abstrak? Gaya apa yang ingin anda pakai: abstrak, realistis atau ekspresionis? Apakah anda akan menggunakan palet terbatas atau dominasi satu warna? Persempit pilihan tersebut hingga menjadi satu atau dua saja. Kemudian mulailah melukis.
  2. Catat Ide Pada Kertas, Buat pada Sketsa atau Jurnal
    Jangan merasa terintimidasi dari banyaknya catatan, sketsa, ataupun jurnal yang anda buat. Catatan, Sketsa, dan jurnal bukanlah hal yang dipamerkan. Mereka sangat berguna sebagai penyimpan ingatan dan ide. Seperti halnya diary.
    Pakai buku sketsa seperti jurnal kreativitas, dengan membuat banyak sketsa seperti bahasa tulis. Milikilah buku sketsa seukuran saku dan pena dalam sebagian besar waktu anda, serta milikilah buku sketsa besar jika anda ingin melukis di tempat sewaktu-waktu. Jangan kuatir soal kerapian atau keteraturan, karena ide dapat muncul kapan saja.
  3. Kumpulkan Ide Melukis dari Lingkungan yang Anda Tinggali
    Tempat yang paling tepat untuk memulai pencarian ide melukis adalah di mana anda tinggal sekarang. Ruang keluarga dan dapur anda menunjukkan benda-benda tak bergerak. Halaman memperlihatkan tanaman dan bunga yang dapat berubah seiring perubahan musim. Jalanan, pertokoan, café dan orang berhalu-lalang juga dapat menjadi ide buat anda.
  4. Pakai Satu Ide Lebih dari Sekali
    Tidak ada aturan bahwa sebuah ide hanya boleh dipakai untuks satu lukisan. Satu ide dapat dijadikan beberapa lukisan serial ataupun dengan gaya, medium, aliran, komposisi warna dll yang berbeda-beda. Ambil satu lukisan yang anda sukai. Buatlah variasi dari berbeda dari lukisan tersebut.
  5. Tanya Ide Lukisan dari Orang Lain
    Menanyakan ide lukisan dari orang lain dapat sangat mengejutkan. Anda tidak akan pernah dapat menebak ide apa yang akan disampaikan. Buatlah catatan dari ide-ide ini, terutama yang menarik perhatian anda kemudian buatlah versi anda sendiri.