Bagaimana cara mendapatkan gambar yang bagus?

mendapatkan foto bagus

Mendapatkan gambar yang bagus didalam fotografi bukanlah hal yang mudah, butuh teknik-teknik yang perlu dilatih untuk meningkatkan kemampuan fotografer. Bagaimana cara mendapatkan gambar yang bagus ?

Mengambil foto yang hasilnya bagus tentu menjadi dambaan bagi setiap orang yang menyukai fotografi. Kebanyakan orang berpikir untuk menghasilkan sebuah foto yang bagus diperlukan kamera baru yang super canggih. Padahal teknik jauh lebih penting dibanding perangkat. Mengambil gambar yang baik dapat dilakukan oleh siapa pun dan dengan kamera apapun asalkan cukup berlatih dan memiliki passion di bidang tersebut. Berikut adalah beberapa cara mengambil foto yang bagus, diantaranya:

1.Mengkomposisikan subjek (rule of thirds)

image

Komposisi merupakan hal dasar dalam fotografi tentang bagaimana kita menempatkan subjek foto pada bidang foto. Penempatan foto yang sangat umum dilakukan oleh para sebagian pemula yaitu menempatkannya di tengah-tengah bidang foto. Cobalah sesuatu yang berbeda dengan tidak menempatkannya di tengah. Tahap pertama yang harus dilakukan adalah membuat garis imajiner (grid) yang membagi bidang foto ke arah vertikal dan horizontal masing-masing tiga bagian. Penempatan subjek foto pada sepertiga bagian luar grid dapat menguatkan kesan dinamis pada foto, cara ini lebih dikenal dengan istilah rule of thirds.

2.Atur bidikan foto dengan cermat

image

Jangan biarkan hasil fotomu terganggu oleh latar belakang yang akan membuat hasil fotomu terlihat berantakan. Singkirkan latar belakang yang dapat mengacau dan mengganggu. Hindari tampilan pohon seolah-olah tumbuh di atas kepala sebagai latar belakang. Kamu bisa menghindari hal tersebut dengan mengubah arah bidikan foto supaya menghasilkan foto yang lebih baik dan tidak berantakan.

3.Posisikan tinggi kamera terhadap mata subjek (eye level)

image

Sebisa mungkin hindarilah memotret sambil berdiri terhadap subjek yang lebih rendah daripada kita. Contohnya, saat memotret anak kecil sebaiknya kamu mengambil foto tersebut dalam posisi jongkok sehingga kamera berada setinggi pandangan mata (eye level) anak kecil tersebut

4.Manfaatkan flash

image

Dalam beberapa kondisi, flash dapat meningkatkan kualitas foto yang diambil. Kamu bisa memanfaatkan flash ini pada pemotretan yang dilakukan pada siang hari untuk mengatasi bayangan yang timbul pada subjek foto manusia yang mengganggu di bawah hidung ataupun mata. Teknik ini dikenal dengan istilah fill in flash.

5.Cobalah sudut yang menarik!

image

Jangan hanya terpaku pada pengambilan foto dalam satu sudut tertentu saja. Cobalah bereksperimen dengan mengambil sudut pengambilan foto yang berbeda. Carilah tempat yang memungkinkan kamu berada dalam posisi lebih tinggi atau lebih rendah. Contohnya, kamu bisa menggunakan kursi atau tangga untuk sudut pemotretan yang lebih tinggi, atau berbaring di lantai untuk pengambilan sudut foto yang lebih rendah. Variasi sudut pengambilan gambar ini dapat memudahkan kamu untuk bisa menentukan foto terbaik diantaranya.

1. Memotret dengan kondisi cahaya yang baik

Pencahayaan adalah komponen yang sangat penting dalam fotografi, tidak peduli apakah kamu memotret makanan, jalan, atau memotret wajah seseorang. Karena saya bukan termasuk penggemar flash, kamu bisa menggunakan cahaya alami. Flash akan memberikan efek cahaya yang tidak merata pada foto, sedangkan cahaya alami mampu membuat foto kamu tampak natural.

Perhatikan baik-baik arah datangnya cahaya saat kamu memutuskan untuk memotret objek. Saat memotret indoor, kamu bisa melakukan penyaringan cahaya agar tone warna foto kamu lebih teduh. Letakkan objek di dekat jendela bertirai. Tirai mampu menjadi penyaring cahaya yang baik. Lihat perbandingan hasil foto dengan penyaring tirai (kanan) dan tidak (kiri). lebih bagus mana menurutmu?

image

2. Perhatikan komposisi warna

Warna adalah komponen powerful untuk memberikan emosi pada sebuah foto. Hati-hatai dalam pengaturan komposisi warna objek. Misalkan, sebuah koran ingin menonjolkan berita utama, maka highlight berita tersebut bisa saja menggunakan warna merah sebagai sarana penarik perhatian.

Ketika kamu memutuskan untuk memotret, perhatikan warna objekmu dan juga warna background dari objekmu. Antara objek dan background warna harus kontras. Lihat contoh foto di bawah ini. Komposisi warna mana yang lebih menarik menurutmu?

image

3. Komposisi Objek

Cobalah untuk menerapkan berbagai macam angle. jangan malas atau takut posisinya terkesan aneh. Dari mencoba berbagai angle kamu dengan sendirinya akan menemukan komposisi yang pas untuk fotomu. Cobalah untuk memposisikan objek fotomu berbeda-beda. Menampilkan objek dipojok frame untuk memberikan kesan diagonal juga bagus, atau mungkin menempatkan objekmu ditengah-tengah frame. Atau sebagai pemula, kamu bisa mengaplikasikan ‘rule of thrid’.

image

4. Perhatikan background

Jangan sampai background mengganggu objek utama. Misalkan kamu memotret potrait dan background dibelakang tidak mendukung, cobalah untuk membuat background menjadi blur, atau memotret dengan angle yang berbeda. Perhatikan warna dari backgroundmu, jangan sampai lebih mencolok dari objekmu. Seperti foto dibawah ini contohnya. Ini contoh foto dengan background yang kurang sesuai.

image

5. Memotret Detail

Memotret detail bisa memberikan fitur yang sangat bagus untuk makna sebuah foto. Detail dapat memberikan gambaran tentang situasi yang sedang terjadi pada foto. Sangat menarik bila kamu bisa menampilkan detail tertentu pada seseorang. Misalkan orang sedang menggunakan sepatu merah, kamu hanya memotret sepatu merahnya, tanpa wajahnya. Atau foto seperti foto detail tangan dibawah ini. Memotret detail bisa menampilkan karakter dan interpretasi tersendiri bagi fotomu.

image

6. Editing Foto

Editing adalah hal penting yang harus kamu lakukan setelah memotret. Editing yang kamu lakukan tidak harus dalam bentuk perubahan yang besar, tetapi bisa hanya dengan mengatur tine warna (contras, brightness, white balance, dll). Beberapa software yang dapat kamu gunakan untuk editing adalah Photoshop, Lighroom, Picasa, PhotoPlus dan masih banyak lagi lainnya.

1 Like