Bagaimana cara mendapatkan foto selfie yang sempurna?

selfie

Selfie merupakan suatu kesenangan tersendiri dimana gambar yang dihasilkan akan merefleksikan kepribadian dan selera kita. Apakah ada cara tententu supaya kita dapat menghasilkan foto selfie yang sempurna?

Berikut adalah tips selfie untuk hasil yang sempurna menurut askthephotographer:

  1. Ketahui sisi fotogenik
    Mungkin kita memiliki sisi wajah yang terlihat lebih fotogenik dandingkan dari sudut lainnya. Sudut ini tentu bisa kita expose lebih jauh, misal dengan menampilkan senyuman atau pose lain seluruh tubuh. Untuk mendapatkan kesan lebih langsing hindari memotret area lemak dibawah dagu dengan cara sedikit meninggikan posisi kamera sehingga bentuk dagu runcing yang kita dapatkan. Fotogenik bukan hanya faktor alami, namun juga usaha yang kita lakukan, seperti membersihkan/mencuci muka, toning maupun pelembab akan berpengaruh terhadap penampilan kita. Perbedaan gelap terang area leher dan wajah perlu dihindari demikian pula dengan wajah yang berminyak.

  2. Gunakan cahaya yang menarik
    Sumber cahaya alami mampu menonjolkan detail, dan cahaya yang memiliki arah tertentu bisa dimanfaatkan, misal cahaya yang masuk dari jendela. Dengan arah cahaya yang diketahui kita tinggal memasang pose untuk mendapatkan gambar yang diinginkan. Cahaya merupakan produk kecantikan terbaik yang bisa kita dapatkan dengan gratis. Ada ungkapan “bigger is better” yang artinya semakin besar sumber cahaya maka akan semakin baik. Semakin besar disini adalah ukuran sumber cahaya yang terdifusi, dibandingkan dengan sumber cahaya berukuran kecil seperti lampu biasa. Hal ini juga berlaku untuk cahaya alami, dimana yang berukuran besar dan terdifusi akan lebih baik. Kita bisa memanfaatkan jendela dengan kreatif untuk mengeksplor berbagai sisi wajah dengan merubah posisi menghadap jendela, menyamping atau membelakangi jendela untuk mendapatkan backlight.

  3. Santai dan nyaman
    Cobalah untuk lebih rileks dan menikmati suasana dan menampilkannya dalam sebuah gambar sebagai realitas. Tips sederhana untuk tampil santai adalah dengan membengkokkan sendi anda. Mungkin kita terlalu sering berdiri, dengan tangan atau kaki yang lurus, namun mulai saat ini cobalah untuk membengkokkan sikut atau lutut, dan dengan sendirinya rasa santai itu akan mulai kita dapatkan.

  4. Lakukan sesuatu
    Sering kita lihat pose yang demikian membosankan yang bertujuan untuk mengekspos area wajah, bukan aktifitas yang sedang dilakukan. Pose dengan gitar kesayangan, raket atau bola akan memberikan informasi kepada viewer akan hal apa yang kita sukai. Pose dengan makanan tertentu juta menginformasikan lokasi kita saat itu termasuk hal yang sedang dilakukan. Membaca buku, menulis atau aktifitas lain bisa menghasilkan gambar kreatif yang unik.

  5. Percaya diri
    Salah satu hal utama yang membuat foto nampak menarik adalah rasa percaya diri. Setiap kali kita merasa ada yang kurang dengan penampilan, langsung perbaiki misal dengan menggosok gigi agar nampak putih, bebas sisa makanan, mengganti baju yang kurang menarik, atau menata rambut yang berantakan daripada berusaha untuk menyembunyikannya. Penampilan akan menunjuang rasa percaya diri dan tentunya menghasilkan gambar yang lebih fotogenik. Untuk menjadi percaya diri tentu butuh persiapan mulai dari visi yang ingin didapatkan.

  6. Background yang menarik
    Background yang mengisi area belakang subjek akan sangat berpengaruh terhadap hasil keseluruhan. Background berfungsi untuk menambah kualitas subjek, bukan sebaliknya mengacaukan pandangan. Pada akhirnya focus viewer haruslah pada subjek utama, bukan background. Jika anda buntu maka langit bisa menjadi background yang menarik dengan cara merendahkan angle. Atau sebaliknya rumput atau daratan bisa digunakan dari sudut yang tinggi.

Mampu mengambil foto selfie yang bagus dapat berguna dalam berbagai situasi. Hal ini menjadi sangat penting apabila Anda pergi bepergian sendirian dan ingin mengambil foto lebih dari sekadar foto lanskap. Potret diri juga merupakan cara yang baik untuk mengikuti perkembangan diri Anda sendiri, baik perkembangan fisik maupun kepribadian anda, misalnya dengan melihat bagaimana gaya dan penampilan Anda berubah selama bertahun-tahun.

Berikut beberapa tips foto selfie yang dapat anda pertimbangkan ketika anda akan melakukan foto selfie,

1. Belajar Ber-pose ala Model

Pose merupakan elemen utama dalam melakukan foto selfie, karena bagaimanapun, ketika anda mengambil foto selfie, maka point of interest utamanya adalah diri anda sendiri. Pose yang paling anda perhatikan adalah pose wajah anda, karena ketika selfie dengan menggunakan kamera smartphone, wajah anda akan mengambil porsi terbesar dalam foto tersebut.

Video ini dapat membantu anda untuk melatik pose wajah anda

2.Jangan Lupakan Komposisi

Seperti halnya jenis foto lainnya, selfie Anda akan menjadi lebih baik jika Anda belajar menyusun komposisi foto anda. Alih-alih memusatkan wajah Anda di tengah, anda dapat menggunakan rule of third atau golden ratio untuk memposisikan diri Anda.

foto selfie

3. Manfaatkan Latar Belakang secara Maksimal

Coba dan cari latar belakang apa saja yang dapat memberikan beberapa framing untuk foto Anda. Jika Anda berada di dalam ruangan, anda bisa memilih sudut ruangan, pintu, atau bahkan lengan Anda sendiri. Cobalah memegang ponsel pintar Anda dengan kedua tangan, bukan satu tangan, atau letakkan salah satu tangan Anda di atas atau di bawah dagu Anda.

Ketika memilih latar belakang dalam foto Anda, pastikan itu latar belakang tersebut tidak dalam kondisi berantakan dan tidak memiliki objek yang tidak diinginkan, misalnya terlalu banyak orang pada latar belakang.

foto selfie

Bermain-mainlah dengan Pencahayaan

Memanfaatkan cahaya alami selalu merupakan pilihan terbaik saat memotret foto. Jika Anda di dalam ruangan, cobalah mengambil foto narsis di dekat jendela. Namun, pastikan untuk menghindari sinar matahari langsung, karena seringkali hasilnya tidak akan terlalu bagus.

Jika Anda harus menggunakan cahaya yang tidak alami, cobalah dan hindari menggunakan pencahayaan di atas kepala. Matikan lampu overhead dan gunakan lampu untuk efek cahaya yang lebih baik.

foto selfie