Bagaimana cara mendapatkan foto dengan efek bokeh menggunakan smartphone?

foto bokeh

Dilansir dari Wikipedia, ‘Bokeh’ berasal dari bahasa Jepang, yang menunjukkan kualitas estetika blur pada foto yang diproduksi oleh lensa. Biasanya, orang-orang akan semakin tertarik dengan foto yang memiliki area yang tidak dimaksudkan untuk tajam, sehingga menjadi tampak halus. Di kamera biasanya sudah ada fitur untuk menciptakan foto dengan efek bokeh, lalu tidak jika pada kamera smartphone. Menurutmu, bagaimana cara memoto dengan efek bokeh melalui smartphone?

Teknis pengambilan fotonya seperti apa? Ketika kita akan mengambil foto sebuah benda atau objek, usahakan agar supaya objek tersebut letaknya jauh dari background, lebih bagus lagi kalau backgroundnya berupa lampu lampu atau gedung yang bercahaya, karena efek blurnya lebih dramatis.

Kemudian dekatkan kamera smartphone yang kita gunakan memotret sampai jaraknya sedekat mungkin dengan objek, tentu saja diatur agar supaya sesuai dengan keinginan kita nanti hasil fotonya seperti apa, jangan lupa untuk memperhitungkan komposisinya juga. Ketika kamera smartphone sudah cukup dekat, selanjutnya adalah kita menentukan fokus.

Pada smartphone keluaran terbaru seharusnya sudah dilengkapi dengan fitur touch to focus, fitur ini memungkinkan kita memfokuskan atau menentukan titik fokus pada foto, dengan menyentuh objek yang kita inginkan di layar smartphone. Sentuhlah layar smartphone kamu pada bagian objek yang ingin difokuskan, secara otomatis kamera smartphone akan menentukan titik fokusnya di objek tersebut.

Pada tahapan ini kamu bisa langsung melihat background atau bagian selain objek yang disentuh menjadi blur, setelah fokusnya terkunci, tekan atau sentuh layar untuk mengambil gambar, dan kemudian kamu akan mendapatkan sebuah foto dengan efek bokeh menggunakan smartphone.

Sumber

Sumber : http://www.saveseva.com/tips-membuat-efek-bokeh-dengan-smartphone/