Bagaimana Cara Mendapatkan Batas Gula Darah Normal?

Bagaimana Cara Mendapatkan Batas Gula Darah Normal?

Untuk mendapatkan dan menjaga kadar gula darah tetap dalam batas normal, beberapa hal di bawah ini sebaiknya dilakukan:

Olahraga Teratur
Teratur berolahraga akan membantu penurunan berat badan sekaligus meningkatkan sensitivitas sel-sel tubuh terhadap hormon insulin. Hal ini terjadi karena olahraga membuat otot tubuh lebih efektif dalam menggunakan gula darah untuk mengubah energi dan mengencangkan otot.

Tubuh yang sensitif terhadap insulin artinya akan lebih efisien dalam memakai gula yang ada dalam darah.

Kurangi Karbohidrat
Normalnya, tubuh akan memecah karbohidrat menjadi gula yang kemudian digunakan oleh sel-sel tubuh dengan bantuan insulin. Jika terlalu banyak asupan karbohidrat atau tubuh bermasalah dengan insulin, skenario di atas tidak akan berjalan sempurna. Akhirnya, kadar gula darah bisa melonjak tinggi.

Perbanyak Serat
Untuk mempertahankan kadar gula darah, asupan serat yang cukup juga berpengaruh banyak. Bahan ini akan memperlambat proses pencernaan karbohidrat dan penyerapan gula.

Karena dicerna secara perlahan, tubuh tidak langsung dibanjiri kadar gula sehingga kadarnya tidak melonjak drastis. Keberadaan serat akan membuat suplai gula darah ke dalam tubuh terjadi secara bertahap.

Cukup Minum
Kecukupan air juga penting dalam menjaga gula darah seseorang tetap berada di batas normal. Untuk itu, pastikan selalu mengonsumsi air putih dengan cukup setiap harinya.