Bagaimana cara mendampingi anak yang autis ?

Jika kita memiliki anak yang autis terkadang cukup menyusahkan, adakah cara merawat/mendampingi anak yang autis ?

image

Tidak mudah menjadi orang tua dari anak yang hidup dengan autisme. Namun dengan pemahaman dan pembelajaran yang baik, orang tua dan anak dengan autisme dapat sama-sama berkembang dan hidup secara lebih baik.

Pelajari Lebih Dalam
Pada Autisme adalah gangguan perkembangan yang bersifat kompleks dan berawal pada masa kanak-kanak. Kondisi ini memengaruhi perilaku dan kemampuan anak dalam berkomunikasi, baik lisan maupun non-lisan, serta cara anak bersosialisasi. Sasaran utama penanganan autisme adalah untuk meningkatkan kemampuan anak dalam berkomunikasi, baik lisan maupun non-lisan, serta cara anak bersosialisasi. Sasaran utama penanganan autisme adalah untuk meningkatkan kemampuan anak secara menyeluruh.

Cermat Memilih Terapi
Tiap anak, termasuk anak autis adalah unik. Tidak ada pengobatan yang pasti mendatangkan manfaat sama jika diterapkan pada semua anak. Berbagai metode pengobatan, bahkan yang sudah menyebar dari mulut ke mulut atau disiarkan di media, belum tentu tepat bagi setiap anak. Anda perlu mewaspadai apakah pengobatan yang ditawarkan akan mendatangkan perubahan yang drastis atau bahkan didasari pada teori serta penelitian yang lemah.

Bekerjasama dengan Anggota Keluarga
Anak dengan autis bukan berarti tidak perlu diikutsertakan ke dalam aktivitas sehari-hari keluarganya. Malah sebaliknya, sangat penting mengajak keluarga untuk membiasakan diri berinteraksi dengannya. Selain bermanfaat untuk perkembangan si anak, situasi saling mendukung berperan penting agar Anda, sebagai ayah atau ibu, tidak merasa sendiri.

Sumber : mendampingi anak dengan autisme - alodokter.com