Bagaimana cara mencerahkan warna kulit ikan louhan ?

Bagaimana agar membuat ikan louhan peliharaan kita warna kulitnya menjadi lebih cerah dan bagus, tentunya ada faktor yang mempengaruhinya ?

untuk membuat ikan louhan berwarna cerah adalah dengan memberikan makanan yang berkualitas. Biasanya pakan alami seperti cacing sutera dinilai sebagai pakan terbaik untuk ikan louhan. Sebab cacing sutra dikenal memiliki kandungan gizi yang tinggi dan bisa membantu mengeluarkan warna pada ikan louhan.
Selain cacing sutera, alternatif pakan alami lain yang bisa diberikan adalah jangkrik. Akan tetapi jangkrik yang direkomendasikan biasanya yang masih anakan (belum ada sayapnya). Jika jangkrik tersebut memiliki kaki yang panjang harap dipotong atau dicabut saja. Manfaat pemberian jangkrik pada ikan louhan kabarnya juga bisa membantu mempercepat munculnya warna merah, asalkan pakan ini diberikan secara rutin.
Tak hanya unsur pakan saja yang perlu diperhatikan, beberapa penghobi ikan hias semacam ikan louhan biasanya menyarankan ikan louhan untuk diletakkan di tempat dengan intensitas cahaya yang terang saat masih masa pertumbuhan. Sebab ada 2 pigmen yang berperan untuk pembentukan warna pada ikan louhan, yaitu karoten dan melamin.
Karoten berperan untuk pembentukan warna cerah seperti merah atau kuning, sedangkan melamin berperan untuk pembentukan warna hitam yang selama ini cenderung dihindari oleh para pemilik ikan lohan. Jadi selain pemberian pakan yang tepat, Anda juga harus memperhatikan penempatan ikan louhan kesayangan Anda.Jika Anda berencana memunculkan warna yang cerah (karoten), maka letakkan ikan louhan Anda di tempat yang terang, sedangkan tempat gelap untuk pembentukan melamin. Penempatan ikan louhan ini bisa ditaruh di tempat dengan paparan sinar matahari yang baik atau bisa juga diberi lampu fluorescent untuk pencahayaan yang lebih baik.
Kemudian Anda juga bisa mencoba pemberian zat spirulina pada ikan louhan yang pudar. Spirulina dikenal dapat mencerahkan warna ikan louhan yang pudar, terutama ikan louhan yang mempunyai basis warna biru atau hijau. Pemberian zat spirulina ini bisa Anda lakukan dengan memilih pakan atau pelet yang mengandung spirulina. Saat ini sudah banyak varian pakan ikan louhan yang mengandung spirulina dan diperjual-belikan secara bebas di pasaran.
Komposisi pemberian pakan pada ikan louhan juga perlu diperhitungkan secara cermat. Sebagai contoh, pada ikan louhan kecil dan remaja dengan ukuran panjang 2-15 cm sebaiknya diberi pakan yang memiliki kadar protein 45-60%, 5-7% lemak, serta memiliki kandungan vitamin dan mineral. Sedangkan pada louhan dewasa dengan panjang 10-15 cm bisa diberi pakan 0,5 gram per ekor dengan frekuensi 3-4 kali sehari.