Bagaimana cara mencegah terjadinya zoonosis?

Zoonosis adalah infeksi yang ditularkan di antara hewan vertebrata dan manusia atau sebaliknya. Zoonosis mendapat perhatian secara global dalam beberapa tahun terakhir baik mengenai epidemiologi, mekanisme transmisi penyakit dari hewan ke manusia, diagnosa, pencegahan dan kontrol. Lalu setelah kita mengetahui bahwa hewan peliharaan kita terkena penyakit zoonosis, bagaimana cara mengobatinya?

Hal pertama yang paling penting adalah memerhatikan gaya hidup, yaitu memastikan kebersihan makanan yang masuk ke dalam tubuh juga kebersihan lingkungan. Terutama jika memiliki hewan peliharaan di rumah, sebaiknya kotoran dibersihkan setiap hari agar tidak menjadi sarang agen penyakit. Selain itu, pemilik patut mematuhi jadwal vaksinasi untuk mencegah timbulnya penyakit akibat mikroorganisme.
Fenomena tersebut menjadikan berbagai pihak terus berupaya melakukan sosialisasi tentang pentingnya mewaspadai penyakit asal hewan di berbagai daerah. Di Indonesia tercatat sudah banyak korban yang dirugikan dan meninggal akibat terinfeksi agen penyakit yang ditularkan melalui hewan. Maka dari itu, perlu adanya dukungan dari semua pihak terutama masyarakat yang berada di lingkungan dekat dengan hewan. Setidaknya masyarakat wajib teredukasi tentang cara mencegah, mengenali gejala klinis, juga tindakan awal saat mencurigai terjadinya zoonosis.