Bagaimana cara mencegah pemanfaatan teknologi yang salah dan berlebihan?

Segala hal yang dilakukan secara berlebihan tidak ada bagusnya. Pemanfaatan teknologi informasi juga tidak bagus jika berlebihan. Banyak sekali cara untuk mencegah masalah seperti ini.

Perkembangan teknologi tak dapat dipungkiri membawa banyak perubahan dan berkembangan diberbagai bidang. Tak heran jika kini banyak orang yang memanfaatkan teknologi dalam kehidupan sehari-hari. Dengan adanya perkembangan teknologi maka segala jenis pekerjaan dapat dilakukan dengan lebih mudah dan lebih menghemat waktu dan juga tenaga. Akan tetapi agar teknologi tersebut dapat digunakan secara optimal dan sebaik mungkin maka sebaiknya Anda mengetahui cara menggunakan teknologi yang tepat.

Penerapan teknologi kini banyak digunakan pada gadget dan sudah digunakan oleh banyak kalangan. Bahkan kini anak-anak sudah mulai mengenal dagdet dengan segala fitur canggih di dalamnya. Selain gadget, masih banyak peralata canggih lainnya yang merupakan hasil dari perkembangan teknologi. Sebetulnya banyak dampak positif yang diberikan oleh perkembangan teknologi. Akan tetapi jika seseorang menyelahgunakan teknologi untuk hal-hal negatif tentu saja bisa berdampak buruk tidak hanya bagi dirinya melainkan juga orang lain.

Dengan semakin canggihnya teknologi yang sekarang ini sedang berkembang, maka buka berarti Anda bisa menyelesaikan semua pekerjaan Anda dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi. Pada saat sedang bekerja, gunakanlah teknologi sesuai dengan kebutuhan pekerjaan Anda. Hindari penggunaan teknologi untuk hal-hal yang tidak berkaitan karena akan membuat pekerjaan Anda menjadi terbengkalai. Adanya teknologi, bukan berarti Anda menutup diri dengan orang-orang di sekitar Anda, justru berupayalah untuk bisa menempatkan diri agar teknologi tidak membuat Anda jauh dari lingkungan sekitar.

Tak dapat dipungkiri, dengan semakin berkembangnya teknologi maka berbagai peralatan canggih pun ditawarkan. Akan tetapi Anda perlu waspada dan memperhatikan cara menggunakan teknologi yang benar. Batasilah penggunaan peralatan berteknologi agar tidak memberikan dampak buruk pada kesehatan Anda. Seperti halnya ponsel canggih yang kini banyak ditawarkan, ternyata memiliki radiasi yang sangat berbahaya bagi otak apabila diletakkan didekat kepala ketika tidur. Oleh karena itu sebaiknya perhatikan cara menggunakan teknologi secara benar agar tak berbahaya bagi kesehatan.

Referensi :
http://info-menarik.net/tips-cara-menggunakan-teknologi-masa-kini/
http://smkalfattah.ilearning.me/2015/11/09/pengertian-etika-dalam-penggunaan-teknologi-informasi-dan-komunikasi/

. masalah pemanfaatan teknologi informasi yang berlebihan sebenarnya masih debateble karena banyak dampak positif dan juga banyak pula dampak negatif nya.

. Namun, Dampak negatif dari penggunaan teknologi informasi yang berlebihan tidak bisa diremehkan. Terutama pada anak - anak remaja kaum milenial.

. Dampak Negatif yang ada antara lain adalah Malas Membaca Buku, Malas Bermain di luar, sehingga malas “Hidup” di Dunia nyata lagi. Dan juga timbulnya Sifat yang selalu “Memudahkan” segala sesuatu karena merasa segala hal dapat dicari menggunakan Teknologi Informasi. Dan masalah terakhir yang juga sangat serius adalah Kesehatan para pengguna Teknologi Informasi yang berlebihan, Karena adanya tawaran kemudahan yang didapatkan oleh Teknologi Informasi menjadikan kita Malas Berolahraga dan akhirnya meninggilah tingkat Obesitas Masyarakat.

. Solusi Yang Paling ampuh sejauh ini adalah “Penyuluhan”. Bagaimana kita menanamkan sifat - sifat kebijaksanaan dalam Penggunaan Teknologi Informasi. Hal ini sangat Perlu dilakukan dari buaian untuk mengkokohkan kebijaksanaan penggunaan Teknologi Informasi dari kecil.

. Namun, banyak pula Solusi lainnya seperti penggunaan Software alarm, Reminder dan juga pembatasan - pembatasan lain. Namun hal ini masih cukup besar Kemungkinannya untuk tidak bekerja dengan baik.

“sebaik - baiknya barang tidak akan baik bila penggunanya tidak dapat menggunakan barang itu dengan baik”-anon


.

Seiring dengan berkembangnya TIK yang sangat pesat memudahkan seseorang untuk berkomunikasi dan mendapatkan informasi dalam segala bidang. TIK juga memberikan perubahan pada tatanan sosial kehidupan manusia di seluruh dunia. Dikarenkan isu-isu globalisasi yang sangat cepat tersebar dan diakses oleh semua orang. Dengan berkembnagnya TIK berkembang dan berubah pula cara interaksi antar manusia. Perubahan dan berkemangnya TIK tidak hanya memberikan manfaat tetapi juga memberikan dampak negatif terhadap segala bidang dan aspek kehidupan manusia.

Adapun beberapa cara untuk mencegah atau mengurangi dampak negative dari penggunaan teknologi adalah

  1. Mempertimbangkan pemakaian TIK dalam pendidikan, khusunya untuk anak di bawah umur yang masih harus dalam pengawasan ketika sedang meakukan pembelajaran dengan TIK. Analisis untung riginya pemakaian.

  2. Tidak menjadikan TIK sebagai media atau sarana satu-satunya dalam pembelajaran, misalnya kita tidak hanya mendownload e-book, tetapi masih tetap membeli buku-buku cetak, tidak hanya berkunjung ke digital library, namun juga masih berkunjung ke perpustakaan.

  3. Pihak-pihak pengajar baik orang tua maupun guru, memberikan pengajaran-pengajaran etika ber-TIK agar TIK dapat dipergunakan secara optimal tanpa menghilangkan etika.

source :

http://blog.umy.ac.id/arumcreat/2012/11/20/menghindari-dampak-buruk-teknologi-informasi-dan-komunikas/