Bagaimana cara mencegah lensa agar tidak berjamur?

lensa berjamur

Seperti yang kita ketahui lensa berjamur diakibatkan oleh terperangkapnya jamur dalam lensa akibat kelembaban yang tinggi. Jamur tersebut dapat mengurangi kualitas gambar yang dihasilkan. Jadi, bagaimana cara untuk mencegah lensa berjamur?

1 Like

Ada beberapa cara untuk mencegah lensa berjamur, langsung simak aja:

  1. Menyimpan dalam dry box
    Simpanlah peralatan fotografi termasuk kamera dan lensa dalam wadah kedap udara yang dilengkapi dengan silica. Terdapat dua pilihan silica yakni sekali pakai serta yang dapat dipakai berulang ulang dengan di charge layaknya batere handphone. Sangat penting untuk membiarkan peralatan kering sebelum menyimpannya dalam dry box. Jamur dapat tumbuh kurang dari 7 hari jika kita mengekspos lensa pada kondisi lembab, gelap dan kondisi hangat.

  2. Gunakan tas plastik
    Ingat untuk menyimpan kamera dalam tas plastik untuk mencegah kelembaban masuk, namun bila kita lupa atau lalai, maka saat selesai memotret keringkan peralatan fotografi sebelum dimasukkan dalam dry box. Hindari menyimpan lensa dalam tas kulit karena jamur akan tumbuh didalamnya dengan mudah dan membahayakan lensa.

  3. Menghilangkan jamur (Kalo sudah terlanjur berjamur)
    Ketika lensa kita terinfeksi oleh jamur, maka kita perlu bertindak cepat karena jamur tersebut bisa dengan cepat merusak lapisan pelindung serta menggores optik lensa. Bila belum berpengalaman maka bawa saja ke ahlinya untuk segera membersihkan jamur. Harga akan jauh lebih mahal bila lapisan coating telah rusak yang memerlukan proses re-coated.

  4. Rawatlah!
    Kamera dan lensa merupakan investasi yang tidaklah murah, sehingga membutuhkan perawatan untuk menjaganya dalam performa terbaik. Lebih baik mencegah dari pada mengobati karena akan berharga sangat mahal dan tidak menjamin kualitas lensa akan kembali seperti sedia kala.

Semoga bermanfaat :slight_smile:

Tips mencegah lensa agar tidak berjamur


  1. Bersihkan Gear untuk Membantu Mencegah Jamur Lensa Kamera
    Bersihkan gear setelah menggunakannya. Terutama jika cuaca basah atau lembab. Jika cuacanya panas dan Anda berkeringat saat menggunakan kamera, tentu tindakan pencegahan yang baik untuk menghapusnya. Menggunakan kain yang sedikit lembab, bebas serat bisa sangat membantu.

    Setelah Anda menyeka gear dengan hati-hati, tempatkan di depan kipas selama satu jam atau lebih untuk membantu menguapkan air yang tersisa.

  2. Simpan Perlengkapan Kamera dengan Baik
    Simpan perlengkapan kamera Anda dalam kotak atau kasing bersegel dengan jumlah gel silika yang baik. Kotak itu bisa sesederhana wadah penyimpanan makanan berkualitas tinggi untuk kamera yang lebih kecil, atau kasing Pelican.

  3. Pendingin Udara Dapat Membantu Menghambat Jamur Lensa Kamera
    Simpan peralatan Anda di ruangan ber-AC. Kamar dengan suhu konstan dengan kelembaban rendah adalah cara terbaik untuk menyimpan perlengkapan Anda. Salah satu kelemahannya adalah bahwa dalam iklim yang sangat panas setiap kali Anda mengeluarkan peralatan untuk menggunakannya, Anda mungkin akan merasa kabut karena kedinginan dari AC. Menyesuaikan AC agar tidak terlalu dingin akan membantu mengatasi masalah ini, tetapi mungkin ini bukan yang paling nyaman bagi orang yang menggunakan kamar!.

  4. Dehumidifiers Membantu Menjaga Gear Tetap Kering
    Gunakan dehumidifier di dalam ruangan. Ini adalah alat rumah yang sangat praktis di iklim lembab. Dehumidifier yang baik tidak hanya akan membantu mencegah jamur tumbuh pada perlengkapan kamera Anda, tetapi juga akan membantu melindungi buku-buku Anda, karya seni dan peralatan lainnya dari menarik cetakan.

  5. Lemari Kering Dehumidifier Membantu Menghentikan Jamur Lensa Kamera
    Kabinet kering dehumidifier. Ini dirancang dan dibangun khusus untuk menyimpan peralatan kamera dan tersedia dalam berbagai ukuran. Unit-unit ini dikendalikan secara digital, tenang dan tidak panas.

Referensi

Johan, Kevin. Camera Lens Fungus [Five Ways To Help Prevent It].

Cara Praktis Merawat Lensa Camera Agar Tidak Berjamur

Bagi photography masalah jamur pada lensa adalah momok yang menakutkan, oleh sebab itu kita harus merawat lensa kamera agar tidak berjamur. Tidak hanya lensa saja tapi kamera, lampu dan alat penunjang lain membutuhkan perawatan yang baik agar awet dan kinerjanya tetap optimal. Gejala awal akan terlihat ciri-ciri noda berupa bercak atau kotoran menyerupai jamur, mungkin kecil awalnya tapi kalau dibiarkan lama-lama noda jamur akan membesar dan mengurangi kinerja lensa.

Karena lensa berjamur maka hasil jepretan anda akan kurang maksimal. Kalau anda mengambil gambar yg banyak objek atau dengan bukaan diafragma besar f/1,8 noda jamur tidak akan terlalu kelihatan tapi kalau anda coba mengambil gambar pemandangan dengan langit sore maka akan terlihat noda hitam. Apabila anda wedding fotographer dan memotret pengantin dengan gaun putih maka akan ada semacam flare atau cahaya yang memantul dari baju.

  1. Hindari kontak langsung atau menyentuh bagian optik lensa dengan jari,hal ini menjadi penting karena bagian tubuh seperti tangan cenderung basah dan lembab jika menyentuh bagian optik akan meninggalkan noda dan jika dibiarkan noda tersebut dapat menjadi awal tumbuhnya jamur. Untuk mengurangi kemungkinan ini terjadi, usahakan lens hood selalu terpasang, lens hood juga akan melindungi bagian depan lensa dari benturan sekaligus mencegah munculnya flare pada cahaya frontal menuju lensa.

  2. Gunakan penutup lensa,Pasang lens cap ketika lensa sedang tidak dipergunakan hal ini bertujuan mengurangi kemungkinan terpapar dan menempelnya debu pada permukaan lensa.

  3. Hindari pergantian suhu ekstrim,hal ini maksudnya jika lensa digunakan berpindah tempat secara ekstrim seperti dari daerah yang bersuhu panas (pantai/daratan) ke daerah yang bersuhu dingin/kelembaban tinggi (pegunungan, lembah, goa) atau sebaliknya sangat rentan terhadap tumbuhnya jamur. Siapkan tas khusus dan sarung tas anti hujan (cover bag) apabila perlu bawa dry box,hal ini memang agak merepotkan namun jika di hitung dengan harga barang yang kita bawa bisa menjadi pertimbangan.

  4. Bersihkan dengan alat yang baik.jika kegiatan membersihkan lensa diperlukan maka mempergunakan peralatan pembersih yang baik sangat dianjurkan.Selalu pergunakan lens brush, lens blower , lens paper dan lens cloth yang baik.

5.Matikan tombol Af pada saat lensa tidak digunakan usahakan mengubah pengaturan lensa dari autofocus (AF) ke mode manual (M) termasuk mode VR (Vibration Reduction). Gunanya agar jika ring focus berputar secara tidak sengaja lensa tidak akan rusak

  1. Setelah melakukan langkah-langkah diatas lalu simpanlah perangkat lensa dan kamera di dalam dry box untuk mejaga suhu tidak lembab dan menghindari terjadinya jamur pada lensa.

Idealnya menyimpan kamera bukan di tas, tapi di dry box di tas itu hanya saat kamera akan dibawa bepergian saja dry box dibutuhkan untuk menyimpan kamera dan lensanya, sehingga tidak berjamur akibat lembab. Bila dry box terlalu mahal belilah kotak plastik kedap udara lalu masukkan silica gel atau serap air. Lensa yang berjamur akan sulit dibersihkan, dan bila nanti akan dijual harganya bakal jatuh atau murah.