Bagaimana cara mencegah kerusakan dan kehilangan email gigi?

Email gigi adalah zat terbesar di tubuh kita, namun sekali email gigi rusak maka badan kita tidak dapat memperbaikinya. Daripada harus kehilangan terlebih dahulu, lebih baik kita mencegah sebelum terjadi. Apa saja cara untuk mencegah kerusakan dan kehilangan email gigi?

Email melindungi gigi Anda dari kerusakan akibat kecelakaan sehari-hari, temperatur dan bahan-bahan kimia berlebihan. Walaupun sangat kuat, email bisa rusak juga dan karena tidak memiliki sel-sel hidup, maka tubuh Anda tidak dapat memperbaikinya saat sudah rusak.

Apa penyebab kehilangan dan kerusakan email?
Musuh besar email adalah asam, dari gula, tepung bahkan jus buah. Penyebab lainnya termasuk mulut kering (xerostomia), penyakit turunnya asam, masalah pencernaan atau efek samping dari pengobatan. Anda juga dapat mengalami kehilangan dan kerusakan email karena penyakit turunan, atau kecelakaan kecil yang disebabkan oleh penyikatan gigi berlebihan atau pengertakan ( = grinding) gigi.

Apa gejala-gejalanya?
Gejalanya tergantung pada parahnya kehilangan dan kerusakan email, tapi gejala-gejala itu termasuk:

  • Tingkat sensitivitas terhadap makanan-makanan tertentu seperti permen atau minuman panas atau dingin
  • Ujung gigi mulai transparan
  • Retak dan patah, dimana gigi menjadi kasar dan bergerigi
  • Warna memudar: ketika lapisan dalam dentin terekspos
  • Indentasi: lubang pada permukaan gigi

Bagaimana saya dapat mencegah kehilangan dan kerusakan email?
Banyak cara praktis agar Anda terhindar dari kehilangan dan kerusakan email:

  1. Kurangi makanan dan minuman berasam, termasuk minuman bersoda dan jus buah, buah sitrus dan cuka. Jika Anda mengonsumsinya, ikuti dengan minum banyak air putih.
    Menyeruput minuman berasam melalui sedotan. Hal ini membuat air langsung ke belakang mulut dan jauh dari gigi.
  2. Memperhatikan camilan Anda. Camilan bergula atau bertepung di antara waktu makan adalah makanan bagi bakteri di mulut, yang kemudian akan memproduksi asam. Makanlah sesuatu yang lebih sehat atau menyikat gigi Anda setelah makan camilan (tapi tunggu setidaknya setengah jam sebelum menyikat gigi).
  3. Gunakan pasta gigi ber-fluoride. Sikat gigi Anda dua kali sehari dengan pasta gigi ber-fluoride.
  4. Gunakan pasta gigi yang mengandung hydroxyapatite. Sebagai tambahan dari fluoride, pastikan pasta gigi Anda memiliki bahan aktif hydroxyapatite, yang merupakan mineral kalsium yang ditemukan di gigi. Saat dikombinasikan dengan fluoride maka bahan ini akan membantu remineralisasi email gigi.
  5. Jangan berlebihan. Menyikat gigi berlebihan akan menyebabkan kerusakan email dan gigi sensitif, jadi hindari menyikat gigi terlalu sering dan terlalu bersemangat.

Email gigi adalah substansi paling keras di tubuh Anda, tapi tetap saja masih bisa rusak. Tetaplah melakukan rutinitas perawatan mulut dengan ketat dua kali sehari untuk meminimalisir erosi asam permanen. Dengan sedikit perawatan, Anda juga dapat memiliki senyum lebih sehat dan lebih lebar untuk tahun-tahun mendatang.

https://www.tanyapepsodent.com/plak-pembusukan-gigi/bagaimana-cara-mencegah-kerusakan-email.html