Bagaimana cara mencegah hutan gundul agar tidak terjadi bencana?

pencegahan hutan gundul
Hutan memiliki peranan penting untuk hidup manusia dan juga ekosistem lingkungan. Hutan menyumbang oksigen untuk manusia. Oleh sebab itu sudah seharusnya kita menjaga serta melestarikan hutan. Saat ini keserakahan manusia terhadap hutan sudah semakin parah, banyaknya penebangan liar membuat hutan tidak berfungsi dengan seharusnya. Akibatnya hutan yang gundul akan menimbulkan berbagai macam bencana. Bagaimana cara mencegah hutan gundul agar tidak terjadi bencana?

  • Tebang Pilih
    Saat ini masih banyak manusia yang memanfaatkan kayu yang ada dihutan. Namun sebaiknya menerapkan sistem tebang pilih. Sistem ini merupakan memiliki kayu yang sudah tua. Sehingga jangan menebang kayu yang belum tua dan belum waktunya. Ini yang sering terjadi, keserakahan manusia menebang semua kayu yang ada dihutan tanpa menanamnya kembali.

  • Legal
    Bagi mereka yang memiliki bisnis dari hasil hutan terutama kayu, ada baiknya menggunakan bisnis yang legal. Bisnis ilegal bisa juga merugikan negara Indonesia sebab pemasukan negara menjadi sedikit atau tidak ada. Bisnis ilegal saat ini semakin meresahkan karena membuat hutan menjadi gundul. Mereka mengambil kayu tanpa menanam kembali.

  • Reboisasi
    Ketika kita menebang pohon, ada baiknya kita juga menanam satu pohon. Ketika satu pohon mati, satu pohon akan tumbuh kembali. Jika manusia memberlakukan hal ini niscaya kelestarian hutan pun bisa terjaga. Sehingga penghikauan hutan akan tetap terjaga.

  • Hindari Membakar Lahan di Hutan
    Hutan gundul bisa juga terjadi karena kebakaran hutan. Kebakaran yang disebabkan oleh ulah manusia ini bisa menyebabkan sebagian pohon rusak bahkan mati karena ikut terkena imbas kebakaran hutan. Api bisa dengan cepat menjalar dengan luas karena terbawa angina