Bagaimana cara mencegah gusi berdarah saat hamil?

Kondisi yang dinilai berbahaya bagi ibu hamil ini ditandai dengan jaringan gusi yang lebih rentan terhadap timbulnya plak, yaitu lapisan tipis transparan yang terdiri atas kumpulan bakteri. Biasanya, gusi berdarah saat hamil mulai muncul di bulan kedua masa kehamilan hingga berakhir di bulan kedelapan masa kehamilan. lalu bagaimana cara mencegah gusi berdarah saat hamil?

Agar kesehatan oral tetap terjaga, jalankan beberapa langkah pencegahan berikut ini:

  • Menyikat gigi sekurang-kurangnya dua kali dalam sehari. Lengkapi perawatan sela-sela gigi dengan benang gigi (dental flossing) satu kali sehari.
  • Pilih sikat gigi dengan bulu-bulu halus yang dapat mengurangi gesekan yang bisa menyebabkan iritasi pada gusi.
  • Gunakan air garam untuk berkumur-kumur yang dilakukan secara harian atau berkala. Dengan mencampur satu sendok teh garam berbanding satu cangkir air minum.
  • Penuhi kebutuhan asupan nutrisi Anda dengan mengonsumsi makanan sehat dan bergizi.
  • Anda dianjurkan untuk mengunjungi dokter gigi untuk mendapatkan saran yang tepat dan metode pembersihan gigi yang profesional.
  • Lakukan pengecekan ke dokter gigi, setidaknya satu kali ketika masa kehamilan.

Ketika mengunjungi dokter gigi, beritahukan kepadanya kalau Anda sedang mengandung. Jika memang diperlukan tindakan, Anda tidak perlu khawatir karena anestesi lokal dan beberapa jenis antibiotik aman untuk ibu hamil. Walau demikian, rontgen menggunakan X-ray tidak dianjurkan kepada ibu hamil.