Bagaimana cara mencegah gigi ompong di usia tua?

bagaimana cara mencegah gigi ompong di usia tua?

Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah gigi cepat ompong di usia tua:
Menyikat gigi setidaknya dua kali sehari (saat bangun pagi dan sebelum beranjak tidur) dengan pasta gigi yang mengandung fluoride.
Tidak menyikat gigi dengan terlalu keras karena hal tersebut tidak hanya bisa menyebabkan gusi robek, tapi juga mengikis enamel gigi yang relatif tipis. Akibatnya, gigi Anda jadi lebih sensitif.
Melakukan flossing gigi setidaknya sekali sehari. Flossing bukan hanya untuk mencabut plak dan sisa makanan yang terselip di sela gigi saja. Pasalnya, flossing juga bisa mengurangi risiko penyakit gusi dan bau mulut yang disebabkan plak di sepanjang garis gusi. Ada baiknya Anda melakukan flossing terlebih dahulu sebelum menggosok gigi.
Kurangi makanan manis. Tidak perlu menghentikan konsumsi gula sama sekali untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Anda hanya perlu membatasi konsumsinya saja.
Berkumur dengan obat kumur yang mengandung antiseptik sekali atau dua kali sehari. Menurut American Dental Association, Penggunaan obat kumur yang mengandung antiseptik dan antibakteri dapat mengurangi bakteri penyebab plak dan penyakit gusi.
Berhenti merokok. Jika Anda merokok, mulai sekarang hentikan kebiasaan ini. Pasalnya tembakau tidak hanya bisa menyebabkan gigi Anda jadi kuning dan bibir hitam, namun juga akan membuat Anda berisiko lebih tinggi terkena penyakit gusi dan kanker mulut.
Rutin konsultasi ke dokter gigi minimal 6 bulan sekali untuk melakukan pembersihan gigi dan cek gigi secara keseluruhan.