Bagaimana cara mencegah gigi kuning?

Estetika gigi

Seiring bertambahnya usia, lapisan enamel gigi yang putih makin tipis, sehingga lapisan dentin yang berwarna kuning makin terlihat. Selain itu, makanan dan minuman yang kita konsumsi sehari-hari dapat mempercepat perubahan warna gigi menjadi kuning. Lalu bagaimana cara mencegah gigi kita agar tidak cepat menguning?

Beberapa cara pencegahan gigi kuning di bawah ini dapat Anda lakukan untuk mencegah terbentuknya noda pada gigi.

Tingkatkan kebersihan gigi
Bersihkanlah gigi secara teratur, dengan cara menyikat dan flossing, setelah makan. Selain itu, pastikan mengunjungi dokter gigi tiap enam bulan sekali.

Gunakan sedotan
Memakai sedotan saat mengonsumsi jus, minuman berkarbonasi, dan teh bisa mengurangi noda gigi. Dengan begini minuman bisa langsung tertelan dan minim kontak dengan gigi.

Berkumur
Berkumur lebih aman dilakukan setelah makan daripada langsung menyikat gigi. Selain berkumur, mengunyah permen karet tanpa gula juga bisa dilakukan agar noda tidak bertahan lama di gigi.

Mengurangi konsumsi makanan dan minuman penyebab gigi kuning
Mungkin sulit untuk menghilangkan kebiasaan mengonsumsi makanan dan minuman di atas, secara sekaligus. Anda bisa mencoba dengan mengurangi konsumsinya. Misalnya saja selama ini Anda terbiasa mengonsumsi minuman berkarbornasi, maka menguranginya menjadi seminggu sekali, bukan hal yang terlalu sulit, bukan? Demikian juga dengan merokok. Ingat, mengurangi kebiasaan merokok bukan hanya akan baik untuk kesehatan mulut dan gigi, tapi juga untuk jantung dan paru-paru Anda.