Bagaimana cara mencegah foundation tampak patchy?

Meskipun terdengar sepele, namun karena kondisi kulit tiap-tiap orang berbeda, mengaplikasikan foundation dapat menjadi kesulitan tersendiri, apalagi jika Anda adalah pemilik kulit kering atau kombinasi. Tidak jarang kan setelah diaplikasikan, foundation malah terlihat kurang merata (patchy), atau malah area kulit yang kering dan mengelupas semakin terlihat jelas (flaky). Bagaimana cara mencegah foundation tampak patchy?

  1. Perhatikan Kandungan Produk Pembersih Wajah
    Langkah pertama yang dapat Anda lakukan untuk ‘menyelamatkan’ kulit Anda dari kekeringan adalah dengan memilih pembersih wajah yang tepat. Baik makeup remover maupun facial wash, pastikan Anda menggunakan produk yang terbebas dari kandungan yang dapat menyebabkan kulit kering seperti alkohol, SLS atau bahan pembuat busa lainnya, serta pewangi. Sebaliknya, carilah pembersih wajah yang memiliki kandungan emollient atau vitamin E sehingga dapat membantu melembapkan kulit. Jika setelah membersihkan wajah kulit Anda terasa ‘tertarik’, coba cek lagi kandungan di dalam produk yang Anda gunakan. Oh, iya, untuk menjaga kadar kelembapan kulit, Anda juga bisa menggunakan air dengan suhu ruangan. Hindari suhu air yang terlalu panas, maupun terlalu dingin.

  2. Lakukan Eksfoliasi Secara Rutin
    Untuk memastikan agar sel-sel kulit mati dan kotoran dapat terangkat dengan maksimal, sekaligus membantu proses pergantian sel-sel kulit yang baru, lakukan eksfoliasi wajah secara rutin. Anda bisa memilih antara eksfoliasi kimiawi maupun eksfoliasi fisik, tinggal Anda sesuaikan saja dengan kondisi kulit. Nah, yang paling penting adalah jangan sampai Anda terlalu sering melakukan eksfoliasi sehingga ada waktu agar kulit memulihkan diri. Lebih baik, batasi eksfoliasi maksimal 2 kali saja dalam seminggu. Dengan melakukan eskfoliasi, sel-sel kulit mati yang mengelupas dapat terangkat dan meninggalkan kulit yang terasa halus.

  3. Gunakan Pelembap
    Daftar hal-hal yang menyebabkan kulit kering mungkin bisa-bisa tidak akan ada habisnya, ya! Mulai dari kandungan produk, suhu air, hingga pendingin ruangan. Namun, tenang saja, solusinya cukup mudah, kok. Untuk mengatasi kulit kering, tentu kulit harus selalu terjaga kelembapannya. Nah, salah satu cara menjaga kelembapan kulit, apalagi jika bukan dengan menggunakan pelembap! Hayo, masih ada nggak di antara Anda yang sering malas untuk menggunakan pelembap? Selain menggunakan pelembap secara rutin, Anda juga bisa menambah kelembapan pada kulit dengan menggunakan hydrating toner, serum, atau essence yang memiliki kandungan melembapkan seperti hyaluronic acid.

  4. Gunakan Hydrating Primer
    Untuk mendapatkan hasil makeup yang halus dan flawless, kuncinya terletak di base atau alas makeup yang juga memadai. Wajah yang halus, rata, dan siap diaplikasikan makeup bisa Anda dapatkan dengan penggunaan primer. Terdapat berbagai jenis primer yang dapat Anda jadikan pilihan. Namun, jika kulit kering adalah masalah Anda sehari-hari, pilihlah primer dengan khasiat melembapkan, alias hydrating primer. Dengan primer jenis ini, kulit Anda akan menjadi lebih halus, merata, lebih mudah untuk diaplikasikan makeup, dan tetap terasa lembap sehingga mengurangi risiko timbulnya dry patch atau foundation yang patchy.

  5. Lakukan Overnight Treatment
    Jika Anda sudah berencana untuk medapatkan makeup yang flawless dan tentunya tidak patchy, Anda bisa memulai perawatan dari malam sebelumnya. Mengatasi kulit kering memang susah-susah gampang. Terkadang, menggunakan pelembap saja terasa kurang ampuh untuk mengatasi area kulit yang kering. Untuk mengakalinya, daripada mengoleskan pelembap terlalu tebal, lebih baik mulai melembapkan wajah dari waktu sebelum tidur, yuk! Anda bisa melakukan overnight treatment dengan kombinasi toner, serum, essence, booster, dan moisturizer, atau menggunakan hyrdating sleeping mask. Dijamin kulit Anda akan terasa lembap dan segar ketika bangun, deh!

Sumber:
https://journal.sociolla.com/beauty/cara-mencegah-foundation-tampak-patchy-akibat-kulit-kering/