Bagaimana cara mencairkan kutek yang kering agar bisa diapakai lagi?

Setiap produk kecantikan punya live span-nya masing-masing, seperti maskara yang cuma 3 bulanan, bedak yang bisa 8 bulan - 1 tahunan, dan foundation yang mencapai 1 tahunan. Dan kutek yang sering menggumpal. Bagaimana cara mencairkannya?

1. Gulingkan di Telapak Tangan

Sedang terburu-buru, tapi kutek yang mau Anda pakai menggumpal? Dengan mengguling-gulingkan botol kutek di telapak tangan, maka bagian dalam kutek akan ikut teraduk. Cara ini akan membuat kutek yang menggumpal jadi cair lagi. Hal ini dikarenakan adanya gerakan memutar dan juga rasa hangat dari tangan Anda.

Posisikan botol kutek dalam posisi tidur, ya. Jangan pernah mengocok botol kutek ke atas dan ke bawah karena dapat menciptakan gelembung. Nantinya kutek malah jadi semakin menggumpal dan konsistensinya rusak.

2. Rendam Air Panas

Cara mencairkan kutek yang kering yang ke-2 adalah dengan merendam botol kutek di air panas. Siapkan air mendidih, lalu tuang ke dalam mangkuk. Rendam botol kutek selama 5 menit atau hingga air agak mendingin. Air panas akan memberikan rasa hangat yang dapat membuat cat kuku jadi cair lagi. Oh, iya, sebelum memasukkan kutek ke dalam air, pastikan tutupnya sudah tertutup rapat, ya.

3. Pengencer Cat Kuku

Sebenarnya ada, loh, produk pengencer kutek. Mungkin karena kutek memang sudah dipastikan sangat mudah mengering, makanya banyak produsen produk nail polish thinner. Masukkan 2 – 3 tetes pengencer cat kuku ke dalam botol kutek, lalu gulingkan botol di telapak tangan seperti yang sudah dijelaskan pada poin nomor 1. Produk pengencer kutek seperti ini bisa Anda temui di toko kecantikan atau toko khusus kuku.

Sumber : https://www.google.co.id/amp/s/bacaterus.com/cara-mencairkan-kutek-yang-kering/amp/

image

  1. Mulai dengan mencuci kuas pada kutek. Yang perlu digunakan di sini bukanlah sabun dan air melainkan acetone. Ambilah sebuah gelas beling (Perlu diperhatikan: Jangan menggunakan plastik, karena acetone dapat melelehkan plastik) dan tuangkan acetone ke dalamnya.

  2. Masukan dan putarkan kuas bagian bulu kuas anda dalam acetone, sampai gumpalan yang menempel tersebut terlepas.

  3. Anda dapat menggunakan tisu untuk membersihkan sisa-sisa kutek yang masih menempel. Jangan gunakan kapas untuk melakukan hal ini karena Anda akan susah untuk membersihkan serat kapas yang menempel pada kuas Anda.

  4. Saat kuas bersih, masukan kembali tutup kutek ke dalam botol. Sisa dari acetone yang ada pada kuas akan mengencerkan kutek anda.

sumber: