Bagaimana cara menangani penyakit Celiac?

http://www.radarmalang.id/file/2017/11/pernah-sakit-perut-sebelah-kiri-pemicunya-bisa-saja-12-penyakit-ini-pendidikan.jpeg

Penyakit celiac adalah kondisi yang ditandai reaksi autoimun tubuh terhadap gluten. Gluten merupakan protein yang bisa ditemukan pada gandum serta tepung. Bgaimana cara menangani penyakit Celiac?

Sampai sekarang, belum ada obat-obatan yang bisa digunakan dalam menyembuhkan penyakit ini. Langkah utama penanganannya adalah dengan menghindari konsumsi semua bahan pangan yang mengandung gluten.

Contoh makanan yang mengandung gluten meliputi roti, kue, biskuit, pasta, sereal, dan banyak lagi. Minuman seperti bir pun bisa mengandung protein ini. Begitu juga dengan produk-produk lain, misalnya pasta gigi maupun obat-obatan.

Untuk penderita yang mengalami kekurangan gizi, dokter akan memberikan suplemen yang mengandung mineral serta vitamin. Jenis suplemen yang dianjurkan tentu saja yang bebas gluten.

Melalui konsultasi secara rutin ke dokter dan berkomitmen menjalani diet ketat yang bebas gluten, kondisi penderita diharapkan segera membaik dalam beberapa pekan.

https://www.dokterbabe.com/penyakit/penyakit-celiac/