Bagaimana cara menangani penyakit Blefaritis ?

Blefaritis adalah istilah medis untuk radang pada kelopak mata, Orang Indonesia sering menyebutnya dengan nama bintitan. Lalu bagaimana caranya kita menangani penyakit Blefaritis ini ?

Pengobatan Blefaritis
Jika tingkat inflamasi belum parah, cobalah untuk meredakannya di rumah dengan cara mencuci mata Anda dengan air bersih dan mengompresnya dengan air hangat. Apabila cara ini belum berhasil meredakan inflamasi, temuilah dokter.
Pengobatan blefaritis yang dilakukan oleh dokter akan tergantung dari hasil pemeriksaan. Obat antibiotik dalam bentuk tetes mata dan salep mata akan diresepkan oleh dokter jika inflamasi disebabkan oleh infeksi bakteri. Terutama pada kasus infeksi yang sudah menyebar hingga ke luar kelopak mata, tetes mata antibiotik adalah obat yang paling umum diresepkan oleh dokter untuk mengatasi kondisi tersebut. Bila kondisi tidak membaik dengan penggunaan obat di mata, dokter mungkin akan memberikan obat antibiotik minum.

Dokter akan meresepkan obat steroid dalam bentuk tetes dan salep jika inflamasi pada kelopak mata Anda bukan disebabkan oleh infeksi. Apabila Anda mengalami iritasi yang mengganggu akibat gejala mata kering, biasanya dokter akan meresepkan obat tetes mata yang memiliki efek melumasi.

Selama menjalani pengobatan, sebaiknya Anda mengonsumsi makanan yang mengandung omega-3. Karena menurut penelitian, zat tersebut dapat membantu menyembuhkan gejala blefaritis. Contoh-contoh makanan yang mengandung omega-3 di antaranya adalah:

  • Ikan sarden, tuna, salmon
  • Kacang-kacangan
  • Kacang kedelai dan produk dari kacang kedelai
  • Biji-bijian
  • Sayuran berdaun hijau

Referensi