Bagaimana Cara Menangani Kondisi Kelebihan Sel Darah Putih?

Kadar sel darah putih normal adalah sekitar 3200 sampai 10000 sel per mikroliter darah. Saat kadar sel darah putih seseorang melebihi batas tersebut, ia dapat dibilang mengalami kelebihan sel darah putih atau dalam dunia medis disebut leukositosis. Bagaimana Cara Menangani Kondisi Kelebihan Sel Darah Putih?

Kondisi kelebihan sel darah putih akan ditangani sesuai penyebabnya. Bila hal ini terjadi karena alasan sementara seperti akibat suntikan obat bius, kadar sel darah putih dapat kembali normal dengan sendirinya bila penyebab dihilangkan.

Namun, beberapa penanganan medis mungkin dibutuhkan untuk penyebab kelebihan sel darah putih lain. Penanganan tersebut dapat meliputi

Pemberian cairan infus mungkin dilakukan untuk memberi pasien cairan ekstra dan elektrolit
Obat-obatan dapat diberikan untuk meredakan inflamasi atau mengatasi infeksi.
Leukapheresis adalah prosedur untuk menurunkan jumlah sel darah putih. Prosedur dilakukan dengan pengambilan darah. Sel darah putih dalam darah akan dipisahkan dan dibuang. Kemudian, darah akan kembali disuntikkan ke tubuh pasien.

Penyebab kelebihan sel darah putih bukan hanya leukemia. Infeksi pada saluran pernapasan, hingga gaya hidup tidak sehat seperti merokok juga dapat memicu terjadinya kondisi ini.

Bila kamu mengalami kondisi ini, yang umumnya ditandai dengan demam, munculnya memar, lemas, hingga nafsu makan menurun, jangan menunda memeriksakan diri ke dokter. Pasalnya, tidak menutup kemungkinan kelebihan sel darah putih menyebabkan ragam komplikasi serius.