Bagaimana Cara Menangani Keinginan Bunuh Diri Karena Gagal Move On?

MOVE ON

Kesedihan karena ditinggal orang yang dikasihi biasanya membuat orang menjadi gagal move on. Apabila hal itu terjadi dalam waktu yang lama, bisa jadi membuat seseorang untuk berpikir mengakhiri hidupnya. Bagaimana cara mengatasinya?

  1. Menangis bisa meringankan perasaan sedihmu yang selama kamu di kantor, seharian telah dipendam.

  2. Berbicaralah dengan orang tua, saudara atau teman yang kamu percayai tentang keadaanmu.

  3. Jangan terpaku pada masa lalu.
    Karena hal itu membuang waktu serta menyita tenaga dan pikiranmu. Masa lalu yang menyakitkan hanya berguna kalau kamu bisa menarik pelajaran darinya. Dalam hal ini untuk ke depan, berhati-hatilah kalau jatuh cinta atau memilih pacar.

  4. Jangan merasa kapok untuk membuka hati pada pria yang kamu sukai dan menyukaimu.
    Tetapi juga jangan tergesa-gesa. Kalau hatimu masih “luka”, beri dirimu waktu untuk sembuh dulu. Karena orang yang sedang sedih biasanya jadi ceroboh dalam mengambil keputusan. Jangan sampai kamu menjalin hubungan lebih karena didasari untuk ‘melarikan diri’. Apalagi hanya untuk menutupi luka hatimu.

  5. Bersikaplah terbuka, riang dan ramah.
    Sikap ini akan membuat orang tertarik dan mendekatimu. Sikap yang dingin/berjarak, tertutup, murung dan lesu akan menjauhkan orang darimu.

  6. Walaupun awalnya sulit, cobalah untuk makan dan minum yang cukup dan cukup tidur.
    Lakukan secara bertahap hal-hal di bawah ini:
    Miliki hobby, cari hiburan, lakukan hal-hal yang kamu sukai, berolah raga dan atau jalan kaki minimal 3x seminggu (misal mengelilingi kompleks perumahan). Semua ini akan membuatmu sehat dan secara bertahap akan meningkatkan produksi hormon “dophamine” yakni zat yang bisa membuatmu riang dan bahagia.

  7. Latihan pernapasan di saat kamu sedih, cemas atau panik, akan membantumu menjadi rileks.
    Caranya: tariklah napasmu pelan-pelan dan dalam melalui hidung sampai perutmu “menggembung” dan keluarkan pelan-pelan melalui mulut sampai perutmu “kempes”. Ulangi setiap kali minimal 5x tarikan. Lakukan dalam sehari 3-4 kali.

  8. Bila pikiran untuk bunuh diri itu masih sering muncul, jangan ragu, hubungi segera Psikolog atau Biro konsultasi psikologi terdekat di kotamu.