Bagaimana cara menambahkan atau mempertajam warna pada ikan louhan ?

Warna pada ikan Louhan akan menambah kecantikan dan harga yang akan melonjak ketika di perjual belikan. Bagaimana cara menambahkan atau mempertajam warna pada ikan louhan ?

Ada banyak cara untuk menambahkan warna pada ikan Louhan yaitu sebagai berikut:

1. Makanan

Salah satu yang mempengaruhi kwalitas warna ikan Louhan adalah makananya. Karena ikan louhan yang tumbuhnya kurang maksimal akan memiliki warna yang pucat yang lama kelaman akan memudar. Makanan yang dipercaya mampu memberi kwalitas warna pada ikan Louhan adalah udang dan hati sapi karena mengandung karotin.

2. Kerikil atau Batu

Beberapa hobiis sering menyarankan agar memberikan dasar akuarium berupa kerikil berwarna terang, seperti merah dengan harapan akan memicu warna ikan. Perlu diketahui bahwa indukan asli ikan luohan berasal dari lingkungan perairan dengan bebatuan berwarna pucat, sehingga tidak tertutup kemungkinan pemberian dasar atau dekorasi ber warna-warni malah akan menyebabkan ikan tersebut menjadi stress.

3. Beta Karoten

Untuk memicu warna, berikan pakan yang memiliki kandungan beta karoten, atau astaxhantin tinggi. Bahan ini tidak dapat diproduksi oleh ikan, sehingga perlu ditambahkan pada pakannya. Meskipun demikian perlu diketahui bahwa bahan ini hanya akan digunakan oleh ikan seperlunya saja. Pemberian yang berlebihan akan dibuang oleh ikan dalam bentuk kotoran (faeces).

4. Lampu UV

Untuk memicu warna pada ikan Louhan bias juga dilakukan dengan cara memasang Lampu UV pada Akuarium. Lampu-lampu ini berfungsi untuk memicu pertumbuhan kilat warna pada tubuh ikan louhan. Lampu UV tidak harus dinyalakan sepanjang hari karena jika dinyalakan sepanjang hari ikan louhan akan terangsang untuk terus bergerak tanpa istirahat.

Sumber: