Bagaimana Cara Menambah Tinggi dan Berat Badan?

https://www.go-dok.com/wp-content/uploads/2017/05/Ingin-meninggikan-badan-biasakan-4-rutinitas-ini-web.jpg

Tulang manusia pada dasarnya akan tumbuh secara pesat dalam dua periode. Yang pertama adalah pada masa setelah dilahirkan hingga usia enam bulan. Periode kedua adalah pada masa pubertas.

Faktanya adalah pada masa sebelum puber, wanita akan tumbuh lebih cepat dibandingkan pria, tapi tulang wanita akan berhenti tumbuh pada usia yang lebih muda. Sehingga pada akhirnya, rata-rata pria akan memiliki tubuh yang lebih tinggi.

Tulang manusia pada dasarnya akan tumbuh secara pesat dalam dua periode. Yang pertama adalah pada masa setelah dilahirkan hingga usia enam bulan. Periode kedua adalah pada masa pubertas (nah yang ini bervariasi untuk tiap orang). Faktanya adalah pada masa sebelum puber, wanita akan tumbuh lebih cepat dibandingkan pria, tapi tulang wanita akan berhenti tumbuh pada usia yang lebih muda. Sehingga pada akhirnya, rata-rata pria akan memiliki tubuh yang lebih tinggi.

Pertumbuhan manusia dipengaruhi oleh hormon pertumbuhan. Hormon inilah yang bertugas memberikan instruksi kepada sel-sel tulang untuk tumbuh dan bertambah panjang. Beberapa ahli memberikan keterangan yang berbeda tentang kapan manusia akan berhenti tumbuh tinggi. Beberapa pendapat mengatakan pada usia 18 untuk wanita dan 20 untuk pria. Ada juga yang mengatakan 18 untuk wanita dan 24 untuk pria. Terlepas dari itu semua, setelah masa puber kita berakhir, memang tulang sudah nyaris tidak bisa bertambah panjang lagi. Tapi tenang saja, walaupun pertumbuhan tulang sudan melambat, masih ada peluang untuk bertambah tinggi.

  1. Cara pertama berkaitan dengan olahraga dan pola hidup. Lakukan olah raga ringan secara teratur seperti lompat tali, joging, bersepeda atau berenang. Ingat, harus secara teratur ya. Tubuh yang bergerak secara aktif akan merangsang hormon pertumbuhan untuk terus menginstruksikan tulang untuk tumbuh.
  2. Cara kedua adalah tentang pola tidur. Pertumbuhan paling cepat terjadi pada saat kita tidur di malam hari. Tidurlah secara cukup, minimal 6 jam setiap hari. Karena selain menghambat pertumbuhan, kurang tidur juga rupanya bisa meningkatkan risiko obesitas lho.
  3. Cara yang ketiga adalah dengan mengkonsumsi vitamin yang tepat. Awas, berhati-hatilah dalam memilih vitamin untuk dikonsumsi. Pilihlah suplemen makanan yang mengandung kalsium.

Kalsium memang tidak bisa secara langsung menambah tinggi badan, tapi bisa menjaga agar tulang tetap kuat dan sehat. berbeda dengan tinggi, berat badan bisa berubah kapan saja. Cara paling manjur untuk menambah berat badan adalah dengan makan secara teratur dan bergizi.

Porsi makanan yang banyak tidak akan cukup membantu apabila pola makan kamu tidak benar dan jadwalnya serabutan. Yang benar adalah makanlah secukupnya namun pastikan mengandung cukup nutrisi yang diperlukan oleh tubuh (empat sehat, 5 sempurna). Selain itu pola tidur dan olah raga juga berpengaruh.

Sumber:
http://sains.me/tanyasains-bagaimana-sih-menambah-tinggi-dan-berat-badan/