Bagaimana cara memulai tech startup yang baru?


(Saintia) #1

Pertanyaan seperti ini adalah contoh pertanyaan yang mungkin banyak orang meremehkan, namun mereka sendiri tidak tahu jawabannya apa, atau mungkin mereka bisa memberikan jawabannya akan tetapi mereka sendiri tidak mampu memahami maksud yang tersimpan dari jawaban mereka sendiri.

Pertama saya sangat menyarankan anda untuk membaca beberapa buku yang berhubungan dengan cara membuka bisnis baru, tapi pastikan bahwa buku yang anda beli bukanlah buku-buku yang murahan dan ditulis bukan oleh orang yang berpengalaman. Carilah buku-buku yang sedikit lebih mahal, tapi buku itu memang termasuk buku yang bagus. Didalamnya akan terdapat pengetahuan yang akan sangat bermanfaat tentang apa yang ada dipikiran orang-orang pintar, pengertian-pengertian yang akan anda temui nanti dan juga bisa mencegah anda melakukan kesalahan-kesalahan yang fatal

Hal-hal apa saja yang harus diperhatikan dalam memulai sebuah tech startup

  • APA YANG MEMBEDAKAN BISNIS ANDA DARI YANG LAIN?

Pikirkanlah ini ketika anda sedang menciptakan suatu inovasi yang baru. Anda boleh saja membuka suatu bisnis yang sudah ada, tapi anda sebaiknya menyempurnakan bisnis anda sebelum bersaing dengan mereka yang lebih lama menjalani bisnis ini.

  • TES IDEMU KEPADA ORANG YANG SEKIRANYA AKAN MENJADI TARGET PEMBELI ANDA.

Ajak mereka ngopi bersama anda, lalu bicarakan apa yang sedang anda lakukan, inovasi yang akan anda ciptakan, terbukalah kepada lawan bicara anda. Lalu liat bagaimana tanggapan dari dia, apapun tanggapannya anda harus bisa menerima tanggapan tersebut dengan positif, catatlah tanggapan-tanggapan dari mereka, jadikan itu sebagai revisi untuk anda

  • LAKUKAN PENDEKATAN TERHADAP ORANG-ORANG YANG ANDA HARAP AKAN MENJADI PARTNER BISNIS ANDA.

Buatlah suatu kesan yang baik dan tunjukan pada mereka bahwa bisnis anda menjanjikan dan anda adalah orang yang dapat dipercaya untuk berada di dalam bisnis yang akan anda mulai.

  • BEKERJALAH SEMAKSIMAL MUNGKIN SESUAI DENGAN KEMAMPUAN DAN KECAKAPAN YANG ANDA MILIKI

Jangan memaksakan diri anda untuk melakukan suatu hal yang diluar kemampuan anda, anda memiliki sebuah tim yang hebat, mintalah bantuan dari mereka yang memang berada di bidang yang tidak anda kuasai. Jangan keras kepala ketika sedang melakukan suatu hal.

  • FOKUSKAN UANG ANDA UNTUK MEMBUAT PROTOYPE

Jangan ragu-ragu kalau anda kehabisan uang untuk memproduksi produk bisnis anda. Karena jika anda sudah berhasil menciptakan sebuah prototype yang sempurna maka akan sangat membantu anda dan akan lebih muda untuk menarik perhatian para investor yang akan bergabung dalam bisnis anda.

Ikuti diskusi dan kirim pendapat anda melalui klik di sini


(Himawat Aryadita) #2

Dalam situs pribadinya, Paul Graham—seorang co-founder dari Viaweb yang kemudian berubah menjadi Yahoo! Store—berbagi tentang prinsip yang ia terapkan ketika memulai bisnis startup.

Prinsip itu sendiri ia pelajari dari Paul Buchheit, kepala pengembanng Gmail: lebih baik membuat sedikit orang bahagia, daripada banyak orang yang hanya merasakan kebahagiaan semu. Dibawah ini merupakan beberapa hal yang patut dicatat oleh pemula dalam bisnis startup:

  • Cari partner yang tepat

Partner pendiri dalam menjalani bisnis itu seperti mencari lokasi untuk membangun perumahan. Kamu bisa mengubah apapun, tapi kamu tidak akan bisa mengganti lokasi rumah. Dalam bisnis startup, kamu bisa mengubah ide kapanpun, tapi mengubah partner adalah hal yang cukup sulit. Permasalahannya, kesuksesan sebuah startup juga ditentukan oleh pendiri-pendirinya.

  • Luncurkan secepatnya

Bukan bermaksud tergesa-gesa, tapi percayalah: kamu baru benar-benar akan serius mengerjakan bisnis startupmu ketika kamu sudah meluncurkannya. Begitu bisnismu sudah berada di publik, maka disaat itulah kamu juga bisa menilai apa saja yang perlu kamu perbaiki, atau kamu kurangi dari startup milikmu.

  • Biarkan idemu berkembang

Bisa dikatakan ini adalah bagian dari proses peluncuran startup sebelumnya. Bersamaan dengan peluncuran startup yang cepat, maka idemu juga akan ‘terpaksa’ berkembang dengan proses yang juga cepat.