Bagaimana cara memulai startup dengan menggunakan modal minim?


(Gamal Hadi) #1

Siapapun pasti ingin membangun bisnisnya sendiri. Namun yang selalu menjadi masalah adalah uang. Lalu bagaimana caranya memulai sebuah startup dengan menggunakan modal seadanya saja?

Gambar: michaelpruiksma.com


(nindy arahmah ) #2

Perusahaan rintisan, biasa disebut startup merujuk pada semua perusahaan yang belum lama beroperasi. Perusahaan-perusahaan ini sebagian besar merupakan perusahaan yang baru didirikan dan berada dalam fase pengembangan dan penelitian untuk menemukan pasar yang tepat.

Oleh karena itu, biasanya modal yang dibutuhkan oleh perusahaan startup, diawal berdirinya, secara finansial tidaklah terlalu besar.

Modal terbesar dari perusahaan startup adalah di Team itu sendiri. Manpower dan Brainpower merupakan hal yang paling utama dalam membentuk sebuah startup.

Banyak sekali cerita sukses terkait perusahaan stratup, terutama di bidang teknologi, yang dimulai dengan modal finansial yang sangat terbatas.

Apple hanya didirikan oleh 2 orang, tanpa ada pegawai (karena keduanya adalah pemilik), yang menggunakan fasilitas garasi rumah sebagai kantornya. Begitu juga dengan Microsoft yang awalnya juga dimulai dari garasi rumah.

Begitu juga dengan facebook, yang dibuat di kamar kos, dengan modal awal sekitar 1000 US dollar.

Tetapi bukan berarti bahwa mendirikan sebuah startup tidak perlu memerlukan modal finansial yang besar, hanya yang perlu ditekankan adalah modal finansial untuk sebuah startup bukanlah yang UTAMA.

Sumber gambar : wikipedia

Seperti yang terlihat pada grafik diatas, perusahaan startup mulai membutuhkan biaya yang besar ketika perusahaan tersebut mempunyai pengguna yang mulai banyak, atau transaksi yang mulai tumbuh besar.

Disitulah modal finansial diperlukan untuk membiayai pegawai, infrstruktur, kantor dan lain sebagainya.

Tetapi ketika perusahaan startup sudah menyentuh “stage” tersebut, biasanya perusahaan tersebut sudah dilirk atau diminati oleh para venture capital untuk membantu mengembangkan perusahaan dengan cara investasi modal.

So, janganlah terfokus ke masalah modal finansial. Fokuslah kepada team yang anda ajak bekerjasama dan fokus terhadap produk yang akan anda buat.