Bagaimana cara memulai Hoby model kit plastik?

Memulai Hobi Rakit Model Kit Plastik

Memulai Hobi Rakit Model Kit Plastik

Kali ini saya mau bagi-bagi tip buat kamu-kamu yang ingin coba hobi rakit model (modelling kit). Kit yang akan dibahas di artikel ini adalah yang berbahan plastik saja. Artikel ini adalah versi singkatnya supaya tidak terlalu panjang dipajang disini. Link artikel lengkapnya ada di bawah. Moga-moga bermanfaat :)

Pertimbangan Memilih Model Kit

Sebelum memulai hobi rakit model plastik, ada baiknya anda menjawab pertanyaan di bawah. Apa saja yang perlu dipertimbangkan?
  1. Pilih model mana yang sesuai dengan hobi anda sebelumnya. Bila anda berlatar belakang teknis, suka teknologi, punya keingintahuan yang kuat tentang cara kerja alat maka model pesawat, kapal, kereta api, otomotif, Star Trek dan robot Jepang bisa jadi pilihan tepat. Bila anda tidak suka rumitnya mesin maka model kit figure arts seperti figur Superman, Spiderman atau tokoh final Fantasy mungkin lebih cocok.
  2. Siapkan minimal dana untuk model kit, alat rakit sederhana dan lem super. Alat rakit sederhana yang diperlukan seperti pemotong (cutter), pinset untuk memegang komponen kecil dan lem super untuk merekatkan kembali komponen yang patah.
  3. Pertimbangkan harga model yang akan dipilih, misalkan untuk model robot tersedia Armored Core, Gundam, LBX dan lain-lain. Harga model Armored Core sekitar 2 kali harga Gundam. Harga LBX sekitar 1-1,5 kali harga Gundam. Semua untuk ukuran yang kira-kira setara. Harga sangat menentukan jumlah komponen, detil dan kerumitan rakit. Untuk Gundam terdapat level Super Deformed (SD) Grade , Entry Grade (EG), High Grade (HG), Real Grade, Master Grade (MG), Perfect Grade (PG) dan Mega Size. SD adalah yang paling kecil, Mega Size ukuran terbesar. Harga model SD sekitar 50 ribu sampai 100 ribu rupiah. Harga HG berkisar antara 100-250 ribu rupiah. RG 300 ribu rupiah. MG antara 350 ribu sampai 600 ribu rupiah. PG antara 1 juta - 3,5 juta rupiah.
  4. Pilih kualitas bahan apa yang tepat. Untuk pemula pilih saja bahan plastik biasa. Model dengan versi bahan dari Resin, Metal Looks, Titanium Looks atau Metal Parts membuat harga total model kit bisa sangat mahal sampai lebih dari 3 kali lipat.
  5. Perhatikan level keterampilan. Cermati buat siapa model ditujukan, minat, hobi dan sejarah.
  6. Sesuaikan dengan minat pribadi. Bila anda tidak suka perang tentunya jangan paksakan membeli model tank atau robot perang walaupun teman-teman anda suka.
  7. Sesuaikan dengan mood dan kebiasaan.
  8. Sesuaikan dengan ornamen yang sudah ada. Akan sedikit aneh melihat sebuah robot Gundam di antara sekumpulan model kit superhero.
  9. Sebaiknya anda mengetahui sejarah model kit. Anda perlu tahu apa yang membuat istimewa model kit yang akan anda beli.
Dimana Membeli Model Kit
Semenjak keberadaan forum jual beli di kaskus dan indowebster dan naik daunnya facebook dan twitter, membeli model kit jadi lebih mudah. Anda dapat mencari model kit di tempat-tempat berikut:
  1. Forum komunitas umum seperti Kaskus dan Indowebster. Saya tempatkan cara ini di nomor satu karena mayoritas pembelian model kit saya lewat penjual di kaskus dan indowebster. Harga lebih murah dibandingkan dengan di toko. Carilah penjual (reseller) model kit di bagian kategori Toys dan Hobby  atau Model Kit. Perhatikan reputasi, jumlah post penjual dan testimonial pembeli agar anda mendapatkan rasa tenang ketika membeli.
  2. Website iklan seperti tokobagus.com. Anda bisa kontak penjual via form yang disediakan.
  3. Toko offline khusus penjual model kit atau mainan. Biasanya mereka punya banyak pilihan. Tapi harga lebih mahal dibandingkan beli langsung ke reseller di forum. Harganya sekitar 20% lebih tinggi.
  4. Ebay. Jika anda suka lelang maka cobalah ebay. Anda perlu credit card atau paypal untuk membayar produk yang anda menangkan. Waktu pengiriman barang antara 3 minggu - 1,5 bulan karena produk umumnya ada di luar negeri. Anda mungkin akan diminta biaya tambahan oleh Pos Indonesia atau jasa ekspedisi yang mengantarkan.
  5. Manfaatkan user atau tag jual beli di Twitter untuk menanyakan siapa yang jual model kit. Menurut saya Twitter lebih baik dan responsif untuk sumber informasi dibandingkan Facebook.
  6. Membeli langsung ke website resmi di negara asal model kit. Harga yang ditawarkan tentunya lebih murah tapi ada biaya shipping. Anda perlu credit card untuk pemnayaran. Coba anda ikut pre-order karena harganya lebih murah dibandingkan harga normal dan anda bisa dapat produk lebih dulu dibandingkan orang lain.

Level Kemampuan

Level kemampuan secara umum dibagi 4 bagian seperti berikut:
  1. Level 1 - Dasar - Tanpa cat, Tanpa lem - Umur 8+ tahun. Model kit level ini tidak perlu dicat karena sudah berwarna dan hanya perlu dirakit. Komponen berjumlah sedikit. Beberapa kit disertai stiker foil. Sedikit kemungkinan untuk membuat berantakan.
  2. Level 2 - Lanjut - Cat dan Lem mungkin diperlukan - Umur 10+ tahun. Model kit level ini adalah yang paling banyak dijual di pasaran. Umumnya komponen telah dicat dengan warna netral agar mudah untuk diwarnai ulang. Kit ini mempunya jumlah komponen lebih banyak dibandingkan kit level 1 dan juga lebih detil. Lem mungkin diperlukan. Beberapa model kit ini dilengkapi dengan waterslide decals atau stiker air. Waterslide decals mempunyai detil lebih baik dibandingkan stiker foil, juga lebih berwarna dan jauh lebih tipis.
  3. Level 3 - Mahir - Cat dan Lem diperlukan. Umur 12+ tahun. Level mahir ini lebih menekankan pada detil otentik. Komponen tambahan akan diperlukan untuk membuat berbagai versi dan gaya. Penggunaan stiker, cat dan lem bisa lebih banyak lagi dibutuhkan.
  4. Level 4 - Ahli dan Profesional. Level ini biasanya ditempati orang-orang yang sudah punya pengalaman bertahun-tahun merakit kit model. Profesional yang bekerja di studio animasi adalah salah satunya. Para pemodel di tahap ini umumnya sudah mahir memodifikasi model kit mereka.
Ahlinya sedang membuat Gundam raksasa

Merakit Model

  1. Anda butuh meja yang cukup luas dengan pencahayaan yang memadai
  2. Baca instruksi terlebih dahulu dan buat diri anda merasa familiar dengan petunjuk yang ada. Anda perlu mengerti icon-icon dan istilah-istilah di lembar instruksi.
  3. Potonglah masing-masing komponen menggunakan cutter, hindari memotongnya langsung dengan tangan.
  4. Cek keberadaan komponen dalam kotak pembungkus kit dan cocokkan dengan daftar di lembar instruksi. Pastikan tidak ada yang kurang.
  5. Bersihkan komponen menggunakan amplas halus untuk menghilangkan tonjolan sisa plastik, lalu cuci dengan sabun dan keringkan
  6. Kumpulkan, bersihkan dan simpan peralatan anda
  7. Ikuti urutan perakitan dengan seksama sesuai petunjuk
  8. Sebagai pemula, anda tidak perlu untuk mencat model anda. Tunggulah sampai anda sudah membuat minimal 2-3 model level 2 atau 3. Tapi bila anda tidak sabar, cari dan baca dahulu tips mencat model kit.
Pengecatan Model
  1. Lakukan penelitian terlebih dahulu untuk mencari tahu gaya yang paling keren. Akan sangat baik bila anda juga bisa membandingkan dengan model kit yang sudah ada.
  2. Cari contoh foto kit yang sudah jadi dan juga tips untuk membuatnya
  3. Aktiflah di forum pemodel (modeler) dan belajar lebih banyak lagi
  4. Rencanakan dengan matang, buat sketsa bila perlu.
  5. Bekerjalah di atas permukaan yang bersih
  6. Bersihkan model kit anda terlebih dahulu dengan air sabun atau alkohol (tergantung bahan plastiknya)
  7. Buat rak penyangga untuk komponen yang sudah dicat menggunakan sisa plastik runner
  8. Kocok kaleng cat semprot terlebih dahulu agar cat tercampur baik
  9. Tes terlebih dahulu semprotan ke atas kertas koran bekas
  10. Rencanakan semprotan tipis walaupun harus berulang kali melakukannya dibandingkan satu kali semprotan tebal
  11. Semprot dari satu sisi sampai melewati model dan terus semprot sampai titik semprot tidak mengenai model lagi. Jangan berhenti menyemprot ketika titik semprot masih mengenai model karena akan menyebabkan cat tampak tidak rata.

Tips

  • Cat semprot aerosol bagus, tapi sistem airbrush lebih baik untuk jangka panjang
  • Hasil akhir yang terang dan bersinar dapat dicapai dengan mencat menggunakan warna pilihan, keringkan, amplas dengan amplas 1200-grit sampai halus lalu semprot dengan lapisan jernih (clear coat), amplas kembali lalu akhiri dengan buffing compound.
  • Selesaikan detil dengan kuas dengan ujung tipis
  • Beberapa pemodel mengatakan hasil akan lebih baik bila diencerkan dengan lacquer thinner daripada dengan mineral spirits. Anda harus menggunakan car dasar berbahan lacquer. Cat dasar untuk mobil yang dapat diamplas bisa digunakan.
  • Penyemprotan harus di ruangan yang berventilasi, gunakan masker.
  • Gunakan cat dasar sebelum menggunakan cat acrylics

    Referensi
    Memulai Hobi Rakit Model Kit Plastik

Buseeeettt…:open_mouth::open_mouth::open_mouth::open_mouth:


Nih mau bikin model kit apa mau bikin gundam beneran ya ahhahahhaha :sweat_smile: