Bagaimana cara mempertahankan tubuh saat travelling?


(Wina Pujianri) #1

Meskipun travelling itu menyenangkan namun travelling juga punya risiko terhadap kesehatan tubuh. Misalnya seperti efek jet lag, perbedaan suhu dan temperature dari tempat tinggal dan tujuan wisata, makanan baru, potensi terpapar bakteri dan virus dan juga resiko mengalami stress di perjalanan. Semua itu tentu saja bisa bermuara pada menurunnya kesehatan hingga akhirnya sakit. Pastinya akan sangat merepotkan ketika kita sakit dalam kondisi travelling. Sehingga apa saja tips dalam mempertahankan tubuh saat travelling?


(Meirina Fatima) #2

Kita dapat mengkonsumsi vitamin D dan B12 yang bermanfaat untuk menjaga imun tubuh sehingga tidak mudah sakit. Multi vitamin B juga bermanfaat untuk energi dan imun tubuh. Bawalah obat-obat yang berkaitan dengan demam/flu. Misalnya seperti permen pelega tenggorokan, obat penurun atau mungkin obat herbal seperti teh herbal yang bisa menjaga tubuh tetap hangat.

Adapun yang harus diperhatikan sebelum berangkat:

1. Air : minumlah cukup air sebelum berangkat.

2. Makanan ringan : dalam kondisi sedang travelling makanan ringan sangatlah di perlukan. Jika kita merasa kelaparan maka kita bisa makan makanan ringan untuk menahan rasa lapar.

Adapun yang harus diperhatikan sebelum berangkat:

1. Tidur yang cukup : kita akan lelah dalam perjalanan, maka tubuh juga perlu istirahat untuk menghindari pegal-pegal atau sakit.

2. Mengkonsumsi buah-buahan : manfaat waktu untuk membeli buah-buahan untuk menjaga kondisi tubuh tetap sehat dan bugar.

3. Cuci tangan : lingkungan yang lembab dan beberapa tempat wisata bisa jadi menjadi ajang bertemunya virus dan bakteri.

4. Jangan sampai dehidrasi : jaga kondisi tubuh agar tidak dehidrasi atau kekurangan cairan. Kondisi di dalam ruangan dan di luar ruangan sangat berbeda dan cenderung ada perbedaan suhu yang ekstrim. Lakukan pencegahan dengan minum air yang cukup. Saat travelling tubuh akan cepat kekurangan cairan dan merasa lapar. Jangan menunda makan dan minum. Atur jadwal makan dengan baik agar kesehatan tubuh tetap terjaga.