Bagaimana cara memperkenalkan Startup baru?

image

Saat ini banyak startup baru yang muncul, sehingga daya saing semakin sulit untuk para pelaku bisnis. Founder startup tentu sangat perlu memikirkan cara yag tepat untuk memperkenalkan bisnisnya ke masyarakat luas. Menurut kamu apa saja cara yang dapat digunakan oleh para founder guna usaha nya dapat dikenal oleh masyarakat luas?

1 Like

Tentu salah satu caranya adalah dengan melakukan promosi produk dari startup kita, karena perusahaan besar masih tetap melakukan promosi, jadi menurutku promosi adalah salah satu tahap yang penting dalam mencari maupun mempertahankan pelanggan. Tetapi sebelum melakukan promosi, alangkah baiknya jika mengidentifikasi target pelanggan terlebih dahulu, sesuaikan dengan produk atau jasa yang akan dipromosikan sehingga promosi tidak salah sasaran dan dana yang kita keluarkan untuk melakukan promosi tidak rugi banyak. Mengidentifikasi pelanggan dapat dilakukan dengan menentukan seperti, para orang tua atau anak-anak muda, biasanya mereka menghabiskan waktunya dimana, sosial media apa yang mereka gunakan, bagaimana mereka mencari suatu produk, dsb.

Promosi bisa dilakukan dengan banyak cara, tergantung dana yang tersedia, bisa dengan mendaftarkan produk kita pada iklan, bisa juga membagikan brosur, endorse dari media sosial, melakukan demo, memberi kupon hadiah seperti gratis ongkos kirim atau yang lain, memberi potongan harga secara langsung, juga bisa promosi secara personal dengan presentasi lisan dalam suatu percakapan dengan pelanggan sehingga nantinya akan tersebar dari mulut ke mulut. Promosi ini akan menanamkan image produk ke pelanggan, karena secara psikologis, otak manusia akan merekam segala yang mereka lihat, dengar sampai rasakan, bahkan hal tersebut akan terus tersimpan dalam memori otak walaupun tidak diinginkan. Dengan begitu semakin banyak promosi maka semakin cepat diketahui dan semakin diingat, sebaiknya promosi dilakukan secara rutin dan konsisten, juga dengan cara yang bervariatif, dalam artian bahwa melakukan promosi seperti melalui iklan, jangan dengan tampilan yang sama, buat agar berbeda dari periode ke periode agar pelanggan tidak bosan melihatnya tetapi tetap yang dilihat adalah produk kita.

1 Like

Ada banyak sekali cara bagamana memperkenalkan startup baru. Kita bisa memperkenalkan startup baru dengan bekerjasama dengan perusahaan-perusahaan yang telah memiliki basis pengguna yang cukup. Biasanya yang dipilih adalah perusahaan-perusahaan seperti telko, media, produsen telepon seluler, selebritis atau bahkan startup lain yang juga sedang berusaha meluncurkan produknya ke pasar. Hal ini tentu bisa membantu memaksimalkan ekspose dari startup kita. Tidak jarang juga startup memberi saham kepemilikan kepada selebritis untuk membantu menjadi icon dari startup tersebut.

Selain bekerjasama dengan perusahaan-perusahaan kita juga bisa memperkenalkan startup kita melalui google adword, facebook ads, dan instagram ads. Untuk google adword sendiri menurutku termasuk Strategi pemasaran digital yang efektif namun lumayan menguras biaya dalam memasarkan bisnis startup kalian. Meski cara marketing ini berbayar, tapi keuntungan dari google adword ini dimana startup kita bisa tampil di halaman pertama Google saat konsumen mengetikkan kata kunci tertentu. Hanya saja yang jadi kelemahan dari google adword ini ketika kita berhenti membayar iklan yang tayang di Google, iklan itu akan hilang tanpa jejak. Urutan nomor di halaman pertama pun juga dikenakan harga yang berbeda. Semakin atas semakin mahal biayanya.

Kemudian untuk facebook dan instagram ads Fungsinya sama seperti Google Adwords, dimana Facebook dan Instagram Ads memakai sistem monetisasi PPC (Pay Per Click) dalam memasarkan produknya. Karena berada dalam ranah media sosial yang mana sebagai media online paling banyak diakses, maka cara ini terbilang efektif mencari konsumen. Hanya saja tentu kita harus menyiapkan dana yang tak sedikit untuk membayar pemasaran produk jenis ini. Walaupun begitu, cara ini jadi yang paling diminati oleh sesama pelaku bisnis yang ingin memperkenalkan startupnya

1 Like