Bagaimana cara memperkenalkan inovasi teknologi pertanian kepada petani sehingga dapat diterima dan diaplikasikan oleh petani?

2e1239b5-7f01-4402-b614-1c62147a6a93-mobile
Perkembangan inovasi teknologi berkembang dengan pesat, tidak terkecuali teknologi pada bidang pertanian. Inovasi teknologi pertanian berperan penting dalam meningkatkan produktivitas pertanian, mengingat bahwa peningkatan produksi melalui perluasan lahan (ekstensifikasi) sulit diterapkan di Indonesia, ditengah-tengah konversi lahan pertanian produktif ke non pertanian yang semakin meluas. Inovasi teknologi pertanian tidak akan ada manfaatnya, jika petani tidak menggunakannya.
Kemudian yang menjadi pertanyaan bagaimana cara memperkenalkan inovasi teknologi pertanian kepada petani sehingga dapat diterima dan diaplikasikan oleh petani ?

1 Like

Inovasi teknologi pertanian dapat dilakukan dengan memperkenalkan terlebih dahulu mengenai kelebihan dan kekurangan dari teknologi tersebut. Pengenalannya dapat dilakukan berupa penyuluhan atau pemberdayaan yang berlangsung dalam jangka panjang. Pemberdayaan petani dengan mengenalkan teknologi yang menguntungkan bagi petani memiliki peluang besar untuk diterima oleh para petani. Selain memperkenalkan dengan memberikan informasi, dengan pemberdayan dapat mengajak petani sekaligus untuk mempelajari penggunaan teknologi yang dikenalkan. Mendapatkan kepercayaan dari petani mengenai teknologi yang diperkenalkan dapat dimulai dengan memberikan informasi kelebihan dan keuntungan yang diperoleh petani. Melalui hal tersebut yang dilakukan dalam jangka panjang, lama kelamaan dapat “mempengaruhi” petani untuk mengaplikasikan teknologi tersebut dalam kegiatan budidayanya sehingga inovasi teknologi pertanian dapat dimanfaatkan oleh petani dan menunjang perkembangan pertanian Indonesia.

1 Like

Menambahkan.
Para petani di Indonesia masih banyak yang memegang kuat budaya atau adat mereka. Sehingga ketika ada suatu teknologi inovasi baru, mereka sulit menerima.
Cara lain yang dapat dilakukan adalah dengan mengambil contoh salah satu petani yang menjadi panutan (terkemuka) di antara petani yang lain di daerah tersebut. Petani yang dipilih tersebut diajak menggunakan suatu teknologi inovasi baru. Tujuannya adalah sebagai contoh nyata atau bukti bahwa teknologi tersebut sangat bermanfaat serta lebih efektif dan efisien untuk diterapkan dalam pertanian. Sehingga petani lain mulai tertarik untuk menggunakan inovasi teknoligi tersebut.

Namun, perlu diketahui, tidak sedikit petani yang kesulitan dalam menggunakan teknologi tersebut. Bahkan ada suatu daerah yang mendapat bantuan traktor tapi tidak digunakan karena tidak tahu cara penggunaannya. Selain itu, tidak semua inovasi teknologi dapat diterapkan di berbagai kondisi lahan (geografis), sehingga belum bisa diterapkan. Kendala lain mungkin biaya teknologi inovasi tersebut yang lumayan mahal untuk kalangan petani.

1 Like