Bagaimana cara memperhitungkan biaya dalam pembuatan MVP pada startup?

Sumber daya yang baik diperlukan dalam pembuatan MVP. Dalam pembuatan MVP pasti perlu biaya yang harus dikeluarkan pada Starup seiring dengan sumber daya yang ada dalam Startup tersebut. Lalu bagaimana cara memperhitungkan biaya dalam pembuatan MVP pada startup?

Aplikasi MVP yang sangat dasar dapat dikembangan dalam waktu kurang lebih 300 jam. Jika ide produk memerlukan fitur atau integrasi yang sangat kompleks, dapat memakan waktu sekitar 1000-1400 jam untuk pengembangan MVP.

Menurut Polina M, 4 Tahun sebagai digital marketing manager, biaya produk sangat bergantung pada tarif sumber daya manusia yang kita hiring .Seorang programmer di AS akan dikenakan biaya sekitar $ 100 per jam. Biaya minimum untuk MVP adalah $30.000, maksimumnya lebih dari $100.000.

Sedangkan, Market Outsourcing Eropa Timur, memiliki harga yang sangat bervariasi antara $25 sampai $55 per jam. Hal ini dapat menjadi bahan pertimbangan, dalam rangka untuk menghindari biaya yang tinggi di awal pengembangan produk.

Menurut Michal Faber

Mempekerjakan seorang freelancer untuk mengembangkan prototype lebih murah dibanding mempekerjakan CTO dan timnya untuk mengembangkan MVP.

Tetapi kelemahan ketika kita hanya mengandalkan pengembang freelancer yaitu ketika ditanya tentang MVP akan langsung fokus untuk berpikir tentang prototype yang akan mereka bangun. Hal ini akan mengakibatkan melihat produk hanya dari sisi fungsional saja, tetapi tidak siap dalam sisi pasar, misalnya tidak memiliki UX yang bagus untuk membuat produk kita menjadi lebih kompetitif. Kebanyakan kita berpikir dua kali untuk berinvestasi di dalamnya.

Sumber:
https://www.quora.com/How-do-I-calculate-the-real-cost-of-creating-MVP-in-a-startup