Bagaimana cara memotong paruh atau kuku pada burung ?

burung kenari

Bagaimana cara memotong paruh atau kuku pada burung ?

Berikut ini peralatan yang diperlukan untuk melakukan pemotongan kuku atau paruh adalah :

  1. Siapkan gunting kuku manusia.

  2. Ambril atau amplas.

  3. Sarung tangan.

Tips dan cara memotong paruh atau kuku burung

Lakukan pemotongan paruh dan kuku burung di ruangan tertutup untuk berjaga-jaga jika burung terlepas.

  1. Pegang burung dari arah punggungnya. Usahakan jangan sampai leher terputar dan usahakan pula tidak memegang atau menekan daerah dada. Hal ini menyebabkan burung kesulitan bernafas dan bisa menyebabkan kematian.

  2. Potong atau tumpulkan paruh atau kuku dengan pemotong kuku, atau gerinda yang telah disiapkan 2-3 mm ke arah ujung (disetel) dari batas kuku atau tulang yang “hidup” (perhatikan perbedaan warna antara tulang/kuku/paruh yang hidup dan mati: yang hidup berwarna cerah, sedangkan yang mati berwarna agak keruh). Jika memotong kuku atau paruh burung yang berwarna hitam, harus lebih hati-hati karena batas paruh atau kuku yang hidup dan mati sering sulit diamati. Jika yang terjadi, lakukan penumpulan dengan gerinda atau amplas.

  3. Jika sudah selesai memotong kuku atau paruh, rabalah. Jika bekas potongan terlalu tajam, amplaslah secara perlahan (agar burung tidak ngilu dan stres).

  4. Jika burung terluka karena pemotongan mengenai kuku atau paruh yang hidup dan terjadi pendarahan, segera teteskan larutan obat yang sudah disediakan. Pastikan daerah tidak mengalir terus dari bagian yang terluka.