Bagaimana cara memotong kuku kucing?

kucing

Kuku kucing yang panjang membuat kita kurang nyaman, terutama saat kucing mulai suka mencakar. Bagaimana cara memotong kuku kucing?

1. Tekan telapak kaki kucing

Untuk mempermudah kamu memotong kuku kucing, pertama kita tekan dahulu telapak dan atau jari kakinya. Gunakan ibu jari dan jari telunjuk untuk menekan dari bawah salah satu bagian jari si kucing. Kenapa? Kalau kita tekan telapak kaki si kucing, kuku si kucing akan keluar dan kita bisa mudah memotongnya.

2. Perhatikan posisi menggunting kuku

Prinsip utama dalam posisi memegang pemotong kuku atau dalam pemotongan kukunya ialah dari atas (vertikal), bukan dari samping. Kalau dipotong dari samping nanti kukunya bisa pecah.

3. Potong bagian yang benar

Kita aja kalau kukunya dipotong terlalu dalem bisa kesakitan, kucing juga sama dong. Seperti gambar diatas, yang dipotong hanya bagian ujungnya saja yang terlihat tipis dan runcing sedikit. Jangan memotong di batas daging atau yang ada warna merah dan jangan potong kuku jempolnya.

4. Satu per satu

Cara memotong kuku kucing yang ketiga ialah dengan memotong kukunya satu per satu. Jadi pekerjaan memotong kuku kucing nya akan selesai dengan rapi.

5. Hati-hati

Karena memotong kuku ini pekerjaan yang berhubungan dengan kesehatan si kucing, jadi kamu harus berhati-hati. Seperti yang udah admin katakan sebelumnya, jangan sampai terkena bagian merah kuku atau quick nya. Kalau kena nanti kuku kucing berdarah dan kesakitan.

Sumber : https://kucingpedia.com/cara-memotong-kuku-kucing/#a