Bagaimana cara memotong kuku kucing yang sesuai?

image

susah gak sih motong kuku kucing ?

tentu saja tidak lah mudah untuk memotong kuku kucing, apalagi kucing kita sedikit agresif dan tidak friendly dengan kita.

terus langkah-langkah seperti apa sih cara memotong kuku si manis berbulu ini ?

ada 5 langkah memotong kuku kucing, tetapi kalian harus pahami bahwa kuku adalah senjata kucing untuk mempertahankan dirinya dari ancaman. sehingga tidak boleh sembarangan memotongnya sampai habis atau mencabutnya secara paksa. banyak kasus di indonesia gara-gara salah memotong kuku kucing sampai habis sehingga membuat kucing menjadi pendiam, tidak aktif lagi, trauma dengan manusia bahkan bisa mati karena infeksi. berikut adalah langkah memotong kuku kucing :

1. Tekan telapak kaki kucing

Cara ini untuk mempermudah kamu memotong kuku kucing, pertama kita tekan dahulu telapak dan atau jari kakinya. Gunakan ibu jari dan jari telunjuk untuk menekan dari bawah salah satu bagian jari si kucing. Kenapa? Kalau kita tekan telapak kaki si kucing, kuku si kucing akan keluar dan kita bisa mudah memotongnya.

2. Perhatikan posisi menggunting kuku

Ini adalah prinsip utama dalam posisi memegang pemotong kuku atau dalam pemotongan kukunya ialah dari atas (vertikal), bukan dari samping. Kalau dipotong dari samping nanti kukunya bisa pecah.

3. Potong bagian yang benar

image

kita kalau memotong kuku terlalu dalam aja bisa kesakitan dan malah menjadi infeksi, apa lagi kucing. Seperti gambar diatas, yang dipotong hanya bagian ujungnya saja yang terlihat tipis dan runcing sedikit. Jangan memotong di batas daging atau yang ada warna merah dan jangan potong kuku jempolnya.

4.Satu per satu

image

Cara memotong kuku kucing yang ketiga ialah dengan memotong kukunya satu per satu. Jadi pekerjaan memotong kuku kucing nya akan selesai dengan rapi.

5. hati-hati

image

memotong kuku ini pekerjaan yang berhubungan dengan kesehatan si kucing, jadi kamu harus lebih berhati-hati. sehingga jangan sampai terkena bagian merah kukunya. Kalau kena nanti kuku kucing berdarah dan kesakitan.

Referensi

https://www.catster.com/lifestyle/cat-health-care-tips-clipping-trimming-claws

2 Likes