Bagaimana cara memotivasi mahasiswa untuk belajar ?

motivasi mahasiswa untuk belajar

Motivasi mahasiswa sangatlah penting untuk menunjang kegiatan pembelajaran. Karena seorang mahasiswa dituntut untuk lebih aktif dalam mempelajari banyak materi secara serius. Bagaimana cara untuk memotivasi mahasiswa agar semangat belajarnya kembali bangkit?

Mahasiswa adalah sebutan untuk seseorang yang sedang menuntut pendidikan di perguruan tinggi. Sebutan mahasiswa hendaknya dibarengi dengan tanggung jawab yang lebih besar daripada seorang pelajar pada umumnya. Mahasiswa dituntut untuk belajar lebih keras dan serius. Ada beberapa tipe dan karakter mahasiswa dalam belajar dan memahami materi. Namun ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk belajar bagi mahasiswa pada umumnya.

Berikut sedikit tips dan trik untuk belajar serius :

  1. Niat
    Hal yang paling utama adalah membuat niat untuk belajar dengan tekun, belajar dengan serius. Ini akan membuat mahasiswa tidak belajar setengah-setengah dan melakukannya dengan sepenuh hati.

  2. Tentukan Arah, Misi, dan Tujuan Anda
    Hal selanjutnya adalah tentukanlah arah, misi, dan tujuan anda dalam belajar. Jika anda sudah mempunyai tujuan yang terarah, maka ini akan bisa menjadi motivasi bagi mahasiswa untuk belajar dengan serius. Karena sudah pasti orang akan berusaha lebih keras untuk menggapai hasil tersebut. Tapi untuk menentukan target janganlah mematok target yang terlalu tinggi untuk dicapai, yaitu mulailah dari yang mudah dahulu, baru berangsur-angsur naik ke tingkat yang lebih tinggi. Selain itu, buatlah rencana belajar yang baik agar kegiatan pembelajaran lebih tertata rapih.

  3. Buatlah Sesi Belajar (Harian)
    Ini juga penting dalam proses belajar. Pembagian waktu dalam belajar akan membantu untuk melatih manajemen waktu yang lebih baik untuk belajar. Selain itu, membuat sesi waktu belajar dapat juga melatih pribadi mahasiswa menjadi pribadi yang konsisten, disiplin, dan tepat waktu. Artinya anda dapat menepati janji yang telah anda buat sendiri dalam belajar. Selain itu, sisihkanlah waktu 10 hingga 15 menit istirahat setiap 30 menit belajar untuk menyegarkan pikiran.

  4. Kendalikan Waktumu
    Selain membuat sesi belajar, pengendalian waktu juga sangat penting. Bagilah waktu untuk belajar, keluarga, dan juga penyegaran pikiran. Dalam waktu belajar atau menghadapi tugas, lebih baik dikerjakan pada awal waktu. Hindarilah menunggu hingga waktu menipis (Deadline). Jangan sampai karena batas waktu, anda diperbudak oleh jadwalnya sendiri.

  5. Diskusi Berkelompok
    Selain belajar secara individu, lakukanlah diskusi bersama teman satu kelompok karena kegiatan pembelajaran akan menjadi lebih menyenangkan. Ada baiknya dalam melakukan diskusi adalah dengan mengajak teman yang pandai sebagai anggota kelompok. Dengan diskusi, materi yang dibicarakan akan menjadi lebih mudah untuk dipahami dan dicerna. Anggota kelompok yang sebelumnya tidak memahami materi akan mendapat ilmu dari teman-teman lainnya yang memahami. Selain itu, diskusi dapat melatih kemampuan Soft Skill anda dalam berbicara dan berpendapat.

  6. Mencatat/Merangkum Hal Penting dari Suatu Materi
    Mencatat intisari dari pelajaran dapat memudahkan anda untuk memahami materi yang telah dipelajarinya. Dengan begitu maka seorang mahasiswa tidak perlu membaca suatu materi secara penuh untuk memahami isinya. Dalam merangkum sebaiknya menggunakan buku catatan kecil agar mudah dibawa kemana-mana sehingga dapat dibaca dimanapun kita berada.

  7. Mengerjakan Ujian dengan Jujur
    Ujian (atau kuis) adalah langkah evaluasi atas suatu materi yang telah dipelajari sebelumnya. Hindari perilaku mencontek, karena mencontek adalah cerminan dari sikap tidak jujur dan pembohong. Perilaku berbohong dapat memicu kebohongan selanjutnya yang berkepanjangan. Lebih baik mengerjakan ujian dengan jujur agar hasil yang di dapat juga lebih maksimal dan lebih mengukur kemampuan mahasiswa itu sendiri.

Sumber :

  1. How Can I Get Serious About Studying How Can I Start Doing Well From Now on
  2. Cara Belajar Yang Baik Bagi Mahasiswa
  3. How to Get Motivated to Study

Sebenarnya banyak sekali cara bagi mahasiswa untuk belajar dengan serius. Karena setiap mahasiswa memiliki pribadi dan karakter yang berbeda – beda. Namun ada beberapa cara yang dapat dilakukan oleh umumnya semua mahasiswa. Menurut pengalaman dan apa yang pernah saya baca dari berbagai sumber ada beberapa cara agar mahasiswa mampu belajar dengan serius diantaranya adalah :

  1. Tentukan Tujuan/Impian
    Tentukanlah apa yang benar-benar menjadi tujuan anda. Ini bisa jadi salah satu cara bagi mahasiswa untuk termotivasi sehingga mahasiswa mampu belajar dengan serius ataupun sungguh-sungguh.Karena jika seseorang sudah mempunyai tujuan sedari awal maka orang tersebut tentu akan berusaha meraih tujuan tersebut. Misalkan saja salah satu tujuan yang umum adalah mahasiswa kuliah untuk menuntut ilmu dan menjadi orang sukses. Jika seseorang terbayang terus akan tujuannya maka ia akan semakin termotivasi untuk mencapainya. Sebaiknya juga tempel tujuan/impian di kamar agar kita dapat terus melihat dan termotivasi untuk mencapainya.

  2. Cari tempat yang menurut anda nyaman untuk belajar
    Untuk dapat belajar dengan sungguh-sungguh, tempat anda belajar juga menjadi faktor utama. Oleh karenanya temukanlah tempat yang menurut anda sangat nyaman dan membuat anda dapat belajar dengan tenang dan fokus. Karena nyaman itu relatif dan setiap individu pasti punya definisi nyamannya masing-masing. Maka jangan ikut-ikutan teman untuk mencari tempat belajar, carilah tempat yang menurut anda sendiri pas untuk anda belajar.

  3. Buatlah sesi belajar
    Belajar itu tidak harus anda belajar seharian sampai anda lelah dan tanpa istirahat sama sekali. Metode ini sudah banyak diterapkan oleh banyak orang, yakni metode memberi sesi pada agenda belajar anda. Memberi sesi ini maksudnya dapat dengan memberi jeda istirahat saat anda sedang belajar. Misalnya anda memberi waktu 30 menit setiap sesi, maka anda akan belajar selama 30 menit penuh dan setelah 30 menit tersebut habis anda dapat melakukan break atau istirahat. Istirahat disini jangan terlalu lama misalnya 15-20 menit saja dan dapat anda gunakan untuk makan ataupun minum dan sebagainya. Kemudian setelah istirahat selesai lanjutkan belajar dan masuk sesi ke 2 selama 30 menit juga. Belajar dengan metode ini juga terbukti efektif bagi beberapa orang dan mampu membuat kita belajar lebih sungguh-sungguh.

  4. Gunakan kertas sebagai media
    Memang pada zaman sekarang ini sudah maju dan sudah banyak alat elektronik yang membantu kita untuk belajar. Namun ada kalanya kita akan lebih sungguh-sungguh untuk belajar jika kita menggunakan kertas sebagai media. Dengan membaca dan mencatat kembali hal-hal yang menurut kita penting dapat membantu kita untuk memahami suatu materi. Jika kita hanya membaca melalui layar laptop ataupun hanya membaca buku saja tanpa mencatat, terkadang kita akan melupakannya dalam hitungan hari. Oleh karenanya sebaiknya catatlah apa yang anda pelajari agar membuat belajar anda lebih fokus dan anda lebih memahami apa yang anda pelajari.

  5. Kumpulkan niat dan paksakan diri
    Niat sangat penting dalam memulai suatu pembelajaran. Oleh karenanya niatkan diri anda untuk belajar agar saat anda belajar tidak setengah hati dan benar-benar serius untuk belajar. Untuk mengumpulkan niat, sedikit memaksakan diri dapat dilakukan seperti segera hentikan aktivitas tidak penting yang kamu lakukan dan segera mulai belajar. Kemudian paksakan diri anda untuk membaca dan ingat kembali tujuan anda untuk sekolah ataupun kuliah. Dengan sedikit paksaan diharapkan anda mendapat sedikit dorongan untuk memulai belajar.

Sumber :

  1. How Can I Get Serious About Studying How Can I Start Doing Well From Now on
  2. How should I get really serious about studies How can I really focus up
  3. How to Force Yourself to Seriously Study

Belajar merupakan kegiatan yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan. Dimanapun kita berada, berapapun usia kita, dan sebanyak apapun pengetahuan kita pasti tetap akan belajar dalam segala aspek. Namun untuk para pelajar pasti menemui beberapa masalah ketika belajar. Salah satunya adalah sulitnya untuk berkonsentrasi ketika belajar atau belajar dengan serius. Padahal kunci utama dalam belajar merupakan keseriusan saat belajar untuk mempermudah kita memahami dan mengingat materi yang sedang dipelajari. Namun sebenarnya banyak cara yang dapat dilakukan agar serius dalam belajar. Meskipun tiap orang memiliki cara yang berbeda-beda untuk berkonsentrasi atau serius tapi ada cara umum agar kita serius dalam belajar. Berikut adalah tips agar pelajar dapat belajar dengan serius:

1. Kuatkan Niat
Tentu kita ketahui niat merupakan hal yang penting dalam segala hal. Di saat tekad sudah bulat, maka akan lebih mudah menjalaninya karena itu dari hati kita. Meskipun kondisi buruk pun menimpa, kita tetap bisa optimis dan semangat dalam meraih cita-cita. Dengan menguatkan niat dan tekad akan membuat kita lebih termotivasi untuk belajar dengan sungguh-sungguh. Oleh karena itu niatkan diri kita untuk belajar agar saat kita belajar tidak setengah hati dan benar-benar serius untuk belajar.

2. Tetapkan Tujuan dan Impian
Kita tidak bisa hidup tanpa tujuan dan impian. Karena tanpa tujuan dan impian kita akan hidup tidak terarah dan terombang-ambing. Dengan adanya tujuan dan impian kita memiliki sesuatu yang ingin dicapai. Tentukanlah apa yang sangat ingin kita raih dan capai. Dan jadikanlah itu sebagai motivasi untuk mengingatkan kita agar belajar dengan serius jika ingin meraihnya. Lalu tempelkan tujuan dan impian itu di dinding kamar atau di tempat yang selalu dilihat agar kita selalu mengingatnya dan membuat kita lebih termotivasi kembali.

3. Atur Pengingat Waktu
Saat kita belajar, ada saatnya pikiran kita menjadi tak karuan dan memikirkan hal-hal yang tidak penting. Itu menandakan bahwa kita sudah tidak fokus dalam belajar. Oleh karena itu jangan paksakan diri untuk belajar. Pengingat waktu sangat dibutuhkan untuk mengingatkan kita agar beristirahat ketika belajar. Belajar tidak harus sampai jenuh dan lelah. Supaya kita tidak jenuh dan lelah saat belajar, atur waktu untuk beristirahat dan bersantai sejenak. Disaat waktu luang itu kita bisa mengistirahatkan otak agar dapat segar kembali saat kita mulai belajar lagi sehingga kita pun akan lebih mudah memahami materi dan menghafalkannya lagi.

4. Ciptakan Suasana Kondusif dan Nyaman
Dalam belajar, kita harus menciptakan suasana yang kondusif, nyaman dan tenang untuk belajar. Cara ini merupakan salah satu cara belajar yang baik karena bagaimanapun jika ingin materi yang kita pelajari itu bener-bener masuk ke otak, kita harus tenang dan dalam keadaan yang nyaman. Sehingga tidak mengganggu konsentrasi. Belajar di luar ruangan mungkin adalah pilihan yang cukup baik, karena selain lebih segar, kita juga bisa lebih tenang dan tidak penat dalam belajar.

5. Matikan Semua Perangkat elektronik
Hidup di zaman modernisasi membuat kita tidak terlepas dari perangkat elektronik. Ironisnya, banyak perangkat yang dimaksudkan untuk menghemat waktu kita namun akhirnya menghabiskan banyak waktu berharga kita. Bagi kebanyakan orang, ponsel telah menjadi “sahabat baru” dengan segala fitur yang diberikan yang membuat kita sulit dijauhkan dari perangkat ini. Bahkan meskipun kita tidak secara aktif mengakses ponsel pintar kita, kita akan terganggu oleh pemberitahuan, pesan, dan panggilan masuk yang ada pada ponsel tersebut. Oleh karena itu kita harus menjauhkan gangguan tersebut dengan cara mematikannya agar bisa berfokus dalam belajar.

Sumber:
10 Tips to Help You Tune Out Distractions and Focus on Your Studies
How Can I Start Studying Seriously?