Bagaimana Cara Memotivasi Diri Untuk Konsisten Melakukan Kegiatan yang Produktif?

Membicarakan produktivitas sepertinya tidak akan ada habisnya. Apalagi dengan seiring berjalannya waktu, tantangan yang kita hadapi membuat kita semakin produktif. Dengan kata lain, gaya hidup produktif adalah suatu rangkaian kegiatan atau aktivitas yang akan membuat diri kita semakin berkembang dan disiplin. Untuk menerapkan pola hidup dan kegiatan yang produktif, kita juga perlu untuk disiplin pada waktu yang telah direncanakan.

Namun pada faktanya, kita sebagai manusia biasa pasti seringkali terlena oleh kegiatan menyenangkan yang jauh dari kata produktif. Waktu yang seharusnya bisa kita maksimalkan untuk menambah ilmu, atau mengembangkan skill justru malah terbuang sia-sia hanya untuk menonton netflix, scrolling timeline Instagram atau overthinking pada suatu hal.

Jadi menurut kalian bagaimana langkah efektif memaksimalkan waktu luang dan konsisten melakukan kegiatan yang produktif?

Referensi

https://www.halodoc.com/artikel/lebih-berfaedah-5-kebiasaan-hidup-produktif

1 Like

Menurut saya setiap orang pasti memiliki caranya sendiri, kalau saya pertama membuat jadwal kegiatan saya dan melihat adanya waktu kosong saya akan gunakan untuk hiburan. Setelahnya saya mulai membiasakan diri mengikuti jadwal, saya juga menerapkan olahraga rutin agar saya tidak malas dalam bergerak. Saya juga membuat notes atau juga membuat alarm untuk pengingat ketika saya terlalu terlena bermain. Saya juga menanamkan wish list di hati dan otak saya agar teringat terus tujuan saya untuk masa depan saya, karena itu bisa membangun semangat saya untuk produktif.

1 Like

Setiap orang memiliki caranya masing-masing untuk menumbuhkan rasa motivasi agar dapat konsisten pada dirinya, oleh karena itu kita harus mencoba berbagai hal agar menemukan cara yang tepat. Berikut adalah beberapa hal yang mungkin bisa sesuai dengan kamu dalam menumbuhkan rasa motivasi tersebut, yaitu:

  1. Tentukan tujuan yang spesifik dan realistis.
    Sulit bersikap konsisten jika kamu tidak tahu apa yang harus dilakukan. Sebelum melakukan perubahan, tentukan tujuan yang bisa dicapai dengan target spesifik yang realistis dan terukur.
    Tentukan dahulu arti konsistensi. Setelah menentukan tujuan akhir, pikirkan langkah yang perlu dilakukan untuk mencapainya. Sebagai contoh, jika ingin meningkatkan kebugaran fisik, kamu harus membuat rencana untuk berolahraga 5 hari seminggu atau mendaftarkan diri di pusat kebugaran.
    Tentukan target yang spesifik. Alih-alih mengatakan, “Saya akan selalu menghargai pasangan”, lebih baik Anda katakan, “Saya akan mengucapkan terima kasih kepada pasangan setelah ia mencuci piring, menyiapkan makan malam, atau merapikan rumah.
  2. Susunlah jadwal kegiatan harian.
    Gunakan kalender, agenda, atau jadwal agar tugas dan rencana pertemuan tidak tumpang-tindih. Jadwal kegiatan membantu kamu menyusun rencana harian sehingga semua tugas bisa diselesaikan tepat waktu. Selain itu, kamu bisa membuat janji sesuai waktu yang tersedia.
    Gunakan agenda berupa buku atau kalender meja. Kamu bisa mengunduh aplikasi agenda di ponsel, misalnya Google Calendar atau Outlook. Tentukan batas waktu yang realistis untuk mengerjakan tugas. Contohnya, targetkan berapa kata yang ingin ditulis setiap hari atau tentukan menu makanan yang ingin disantap setiap hari. Jangan lupa menjadwalkan hari atau waktu tertentu untuk beristirahat! Jangan menjadwalkan kegiatan lain di hari atau waktu tersebut.
  3. Buatlah janji hanya jika Anda mampu memenuhinya.
    Konsistensi sangat dibutuhkan saat membuat komitmen dan merealisasikannya. Kamu akan kewalahan jika membuat terlalu banyak janji. Tolaklah jika tidak bisa memenuhi permintaan orang lain. Contohnya, jika kamu mengatakan kepada pasangan bahwa kamu bersedia membantu mengerjakan tugas rumah tangga, pastikan masih ada waktu luang setelah pulang kerja supaya bisa memenuhi janji. Dalam kondisi tertentu, kamu boleh merundingkan jadwal agar janji tetap bisa dipenuhi. Contohnya, ketika seseorang yang ingin pindah rumah meminta kamu membantunya, katakan kepadanya, “Aku baru bisa membantu setelah jam 3 siang. Bagaimana?”
    Konsistensi juga berlaku saat kamu berjanji kepada sendiri
  4. Jangan menyalahkan diri sendiri jika sekali-sekali Anda tidak bersikap konsisten.
    Ingatlah bahwa semua orang bisa berbuat salah sebab tidak ada manusia yang sempurna. Akan tetapi, kamu bisa menjadi orang yang lebih konsisten dengan tekad yang kuat dan terus berusaha. Konsisten agar terus menjadi lebih baik juga bisa dilakukan dengan terus belajar.
Referensi

(2021). https://pelatihanmotivasi.id/2021/02/22/belajar-untuk-konsisten-itu-penting/ Diakses pada tanggal 02 September 2021

1 Like

menurut saya karena setiap orang memiliki sifat dan karakter yang berbeda-beda antara satu dengan yang lain, maka jika seseorang merasa dirinya kurang termotivasi di tengah-tengah waktu luang, cara untuk mengatasi permasalahan tersebut juga akan dilakukan secara berbeda-beda. namun apabila dapat digaris bawahi kedalam satu kesatuan, saya meyakini bahwa cara terbaik untuk memotivasi diri adalah mendampingi diri dengan hal-hal yang menyenangkan seperti memutar lagu-lagu favorit untuk menaikkan gairah dan semangat, menyediakan cemilan atau minuman seperti kopi/teh kesukaan, membuat tempat kerja atau tempat kegiatan dengan suasana yang senyaman mungkin. dengan cara cara seperti ini, saya yakin kita akan merasa jauh lebih bersemangat untuk mengisi waktu luang dengan kegiatan yang produktif. hal ini karena lingkungan sekitar kita sudah memberikan kenyamanan dan suasana yang menyenangkan yang sangat memotivasi kita untuk beraktifitas

Menurut saya, cara agar konsisten melakukan kegiatan produktif diawali dengan niat dan memiliki tujuan yang jelas, misalnya kita memiliki niat untuk lebih rajin membaca buku dan kita membuat goals membaca 5 buku perminggu. Lalu kita bisa membuat catatan/journal agar dapat melihat progress kegiatan tersebut. Dan seringnya, di tengah-tengah kita berusaha konsisten, pasti ada kalanya kita merasa kehilangan motivasi atau semangat. Oleh karena itu penting untuk selalu mencari sumber inspirasi/motivasi. Jika kita merasa lelah, kita bisa istirahat sejenak. Dan yang terakhir kita bisa memberi self reward setelah tujuan kita tercapai, contohnya dalam sebulan kita berhasil membaca 20 buku, untuk mengapresiasi itu kita memberi hadiah untuk diri kita sendiri.

Memotivasi diri sendiri adalah cara terbaik untuk menghadapi hambatan dalam hidup. Sebab, akan ada fase dalam kehidupan kita di mana kita akan menemukan diri kita terjebak dan tidak bisa menghindari situasi yang tidak mengenakkan. Nah, berikut adalah lima cara ampuh untuk memotivasi diri sendiri dan menguatkan mental kita. Sehingga ketika ada masalah datang, kita bisa mengatasinya dengan tenang.

Menghargai tindakan yang telah kita ambil

Setiap kali kita melakukan sesuatu yang baik, seperti menyelesaikan tugas tepat waktu, hargailah pencapaian itu. Perlu diingat bahwa menghargai diri sendiri adalah cara terbaik untuk memotivasi diri kita.

Selalu termotivasi dalam melakukan segala hal

Jika kita ingin memotivasi diri kita, kita harus selalu termotivasi dalam melakukan segala hal. Oleh karena itu, kita pun harus selalu menunjukkan sikap antusiasme kita pada segala hal yang kita kerjakan.

Tetap mengejar cita-cita

Kita harus terus-menerus menantang diri kita, sehingga kita tetap termotivasi dalam menjalani kehidupan kita. Jika kita telah berhasil mencapai salah satu impian kita, jangan berhenti bermimpi. Capailah hal lain yang belum pernah kita raih sebelumnya. Dengan begitu, kita akan tetap termotivasi dalam segala hal dalam hidup kita.

Selalu waspada

Jangan sepelekan yang kecil dan hanya terfokus pada tugas besar saja. Mulailah hari kita dengan tugas-tugas kecil seperti membersihkan kamar kita atau menata pakaian di lemari. Hal itu tampaknya tidak begitu penting, namun itu akan membuat kita lebih waspada pada hidup kita. Jadi, ketika kita mulai bekerja, kita akan keluar dari sikap malas dan lebih bersemangat dalam mencapai tujuan kita.

Tidak membandingkan diri kita dengan orang lain

Alih-alih membandingkan diri dengan orang lain, kita seharusnya lebih berfokus pada pencapaian kita. Setiap orang memiliki jalan berbeda dalam menempuh apa yang mereka cita-citakan. Maka, kita harus menjadi lebih baik dari hari ke hari, sehingga kita selalu termotivasi untuk menantang kemampuan kita.

karena setiap orang memiliki sifat dan karakter tersendiri dan dapat memberikan rasa motivasi agar kita dapat konsisten melakukan kegiatan produktif dengan cara berikut:

  • Buat daftar rencana aktivitas seharian
    Pekerjaan yang menumpuk tanpa alur cenderung akan menambah rasa malas dan berisiko memicu Anda menjadi tidak produktif. Dengan demikian, walau terlihat klise, membuat daftar rencana aktivitas akan sangat membantu kita untuk membangkitkan motivasi kerja.

  • Rincikan tiap aktivitas untuk memudahkan eksekusi
    Saat membuat rencana aktivitas untuk di kantor, Anda bisa menuangkannya menjadi daftar yang lebih rinci. Daftar pekerjaan yang lebih rinci akan memudahkan kita untuk mengidentifikasi tugas yang mudah dilakukan dan tugas yang memerlukan sedikit bantuan dari kolega atau atasan

  • Senantiasa dengarkan sinyal dari diri sendiri
    Motivasi kerja tak akan merekah apabila Anda mengabaikan hal-hal yang dibutuhkan oleh tubuh. Sinyal-sinyal dari tubuh tersebut termasuk rasa lapar atau rasa haus di tengah-tengah jam kerja, atau rasa capek saat memasuki jam pulang.

  • Alokasikan waktu lima menit untuk istirahat
    Memang waktu adalah uang. Namun, tak ada salahnya jika Anda mengambil sedikit waktu tersebut untuk beristirahat dan merilekskan tubuh. Alokasikan waktu selama lima menit untuk bersantai, seperti jalan sebentar menyusuri gedung-gedung kantor, duduk-duduk di pantri, atau sekadar melakukan peregangan di meja Anda.

  • Buat playlist untuk bangkitkan motivasi kerja
    Motivasi kerja dapat dipantik oleh unsur-unsur eksternal, seperti dari lagu-lagu yang Anda dengarkan selama bekerja. Sebelum bekerja, buatlah playlist lagu yang sangat personal dan memberikan motivasi bagi diri Anda.

  • Perhatikan makanan dan minuman yang dikonsumsi
    Minuman dan makanan juga sangat memengaruhi motivasi kerja dan produktivitas Anda. Misalnya, walau kafein membantu diri lebih terjaga untuk berkerja, konsumsi kopi secara berlebihan malah dapat berisiko membuat Anda merasa cemas dan menjadi tidak fokus.

  • Rayakan setiap pencapaian
    Setiap minggunya, buatlah daftar hal-hal yang sudah Anda capai dalam periode waktu tersebut. Walau kecil, rayakan dalam hati setiap pencapaian yang Anda raih yang membuktikan bahwa Anda sudah bergerak ke titik yang diidamkan.

Setiap orang pasti memiliki cara atau langkah-langah yang mereka lakukan untuk menjadi seseorang yang produktif. Dan di saat pandemi ini, beberapa orang merasa seperti malas untuk melakukan sesuatu. Padahal, di saat seperti inilah kita harus tetap semangat dan menjalankan aktivitas seperti biasanya agar menjadi orang yang produktif dan tidak menyia-nyiakan waktu begitu saja. Sebagai gambaran, di saat pandemi seperti ini peluang magang/internship sangat luas sehingga kita bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk mencari banyak pengalaman dan meningkatkan kemampuan bekerja kita. Selain itu, milikilah tujuan yang jelas, dengan membuat daily to-do-list setiap harinya agar kegiatan yang ingin kita lakukan lebih terstruktur dan lebih memnfaatkan waktu dengan baik, dimana ini juga dapat melatih time management kita.

Menurut saya pribadi, melakukan kegiatan dengan konsisten untuk produktif sangat sulit di lakukan tetapi tidak menutup kemungkinan bisa di jalankan jika ada niat.
Menurut Cara Meningkatkan Motivasi untuk Diri Sendiri - Alodokter beberapa cara yang bisa dilakukan yaitu:

  1. kita harus memiliki tujuan yang jelas
  2. Susunlah rencana tersebut dengan baik dan matang
  3. Bersikap positif
  4. Hadapi tantangan
  5. Istirahat yang cukup
  6. Kasih reward untuk diri sendiri.