Bagaimana cara memotivasi diri sendiri?

motivasi

Mohon bantuannya, saya butuh bantuan untuk dapat memotivasi diri sendiri karena seringkali saya jatuh ke dalam depresi. Terimakasih

1. Buat Alasan

Tanyakan pada diri anda mengapa anda menginginkan mencapai sesuatu? Jika anda tidak punya alasan yang kuat untuk mencapai sesuatu, anda tidak akan punya motivasi yang cukup.

2. Perluas Wawasan

Buat diri anda terinspirasi oleh dunia yang tak terbatas ini. Banyak membaca, kursus, bergaul, mengikuti seminar, berdiskusi, bergabung dalam komunitas, dan aktivitas lainnya yang menambah wawasan akan membantu anda memotivasi diri.

3. Pahami bahwa Setiap Orang Memiliki Masalah dan Tantangan

Jika anda memiliki masalah dan tantangan yang berat. Percayalah, orang lain juga memiliki masalah dan tantangan. Kesuksesan bisa dicapai orang lain karena ia mau menghadapi masalah dan tantangan.

4. Fokuskan Perhatian

Buatlah slogan yang memotivasi anda dan pasang di dinding kamar, di ruang kerja, di halaman desktop komputer dan HP anda. Al ini akan mengingatkan anda untuk selalu memfokuskan perhatian pada pencapaian yang anda inginkan.

5. Lakukan Dengan Cara yang Menyenangkan

Jika anda ingin membuat sebuah lukisan, anda sebaiknya melukis apa yang anda sukai. Jika anda ingin menulis artikel, carilah tema yang anda minati. Anda akan memiliki semangat dan motivasi lebih jika anda mengikuti kata hati.

6. Tiru Kesuksesan Idola Anda

Meniru bukan ide yang buruk, apalagi yang ditiru adalah semangat, motivasi, dan perjuangan orang yang sukses.

7. Buat Perencanaan

Buatlah tahapan untuk menuju kesuksesan. Setiap anda dapat menyelesaikan sebuah target jangka pendek, anda akan lebih siap dan fokus untuk mencapai target berikutnya. Banyak orang yang tidak berani menerima tantangan untuk maju karena mereka sejak awal sudah mengumpulkan sejumlah tantangan yang harus dihadapi.

8. Praktek adalah Pembelajaran yang Sebenarnya

Keberhasilan merupakan gabungan antara upaya dan keinginan. Tantangan sebenarnya akan anda hadapi pada saat anda melakukan sesuatu. Bisa jadi apa yang anda takutkan sejak awal justru tidak terjadi, dan apa yang anda anggap mudah justru sulit dipraktekkan. Intinya, jika anda tidak mencoba, anda tidak akan belajar.

9. Ciptakan Lingkungan yang Mendukung

Menciptakan lingkungan yang mendukung adalah bagian penting dari memotivasi diri. Sebiji benih akan tumbuh subur jika tumbuh di tempat yang subur dan tepat. Jika anda ingin berhenti merokok, jangan dekati orang yang sedang merokok.

10. Jadilah Pahlawan

Jadilah pahlawan untuk diri sendiri. Jangan mengandalkan orang lain untuk mencapai prestasi yang anda inginkan dan jangan berbuat curang. Berbuatlah yang terbaik dengan cara yang benar. Anda akan memiliki kebanggaan dengan keberhasilan yang anda raih hanya jika anda telah bekerja keras tanpa melanggar norma yang berlaku.

Sumber : Rumah Sakit Surya Husada

Memotivasi diri merupakan hal yang mudah dikatakan, tetapi sangat sulit untuk dilakukan. Mengapa demikian ? Karena motivasi diri sangat bergantung dengan apa yang anda rasakan (feeling), bukan tentang apa yang anda pikirkan (thought)

Kenyataannya adalah, apabila terjadi pertentangan antara perasaan dan pikiran, kemungkinan besar yang memenangkan pertarungan adalah perasaan anda. Hal itulah yang menjelaskan ketika kita merasa malas, tetapi disaat yang sama kita sadar bahwa kita tidak boleh malas, kita lebih memilih bermalas-malasan dibandingkan menuruti pikiran kita untuk bekerja keras.

Bahkan yang lebih mengejutkan lagi, menurut Oliver Burkeman dalam bukunya yang berjudul, “The Antidote: Happiness for People Who Can’t Stand Positive Thinking”, 2012, menemukan fakta bahwa ketika kita berusaha keras untuk melawan perasaan kita, maka perasaan tersebut akan tumbuh semakin kuat.

…when experimental subjects are told of an unhappy event, but then instructed to try not to feel sad about it, they end up feeling worse than people who are informed of the event, but given no instructions about how to feel. In another study, when patients who were suffering from panic disorders listened to relaxation tapes, their hearts beat faster than patients who listened to audiobooks with no explicitly ‘relaxing’ content. Bereaved people who make the most effort to avoid feeling grief, research suggests, take the longest to recover from their loss. Our efforts at mental suppression fail in the sexual arena, too: people instructed not to think about sex exhibit greater arousal, as measured by the electrical conductivity of their skin, than those not instructed to suppress such thoughts.

Oleh karena itu, untuk memotivasi diri sendiri, maka cara yang paling baik adalah dengan mengelola apa yang anda rasakan dan memperbaiki perasaan dan emosi anda. Kunci untuk dapat memotivasi diri sendiri adalah :

Menjadi Positif

Buatlah diri anda menjadi bahagia. Kebahagiaan adalah kunci utama seseorang dapat memotivasi diri sendiri. Tanpa ada rasa bahagia, akan sangat susah untuk dapat memotivasi diri.

Salah satu ciri orang-orang yang berpikiran positif adalah selalu merasa optimis dalam setiap kondisi yang ada.

Pantau progress Anda

Menurut Teresa Amabile, dalam bukunya yang berjudul, “The Progress Principle: Using Small Wins to Ignite Joy, Engagement, and Creativity at Work”, yang diterbitkan oleh Harvard Business Review 2011, mengetahui perkembangan capaian anda (progress) adalah hal yang utama agar anda tetap termotivasi.

This pattern is what we call the progress principle: of all the positive events that influence inner work life, the single most powerful is progress in meaningful work; of all the negative events, the single most powerful is the opposite of progress—setbacks in the work. We consider this to be a fundamental management principle: facilitating progress is the most effective way for managers to influence inner work life.

Dengan kata lain, anda akan termotivasi ketika anda mengetahui tujuan hidup anda, dan selalu memantau perkembangan yang sudah anda capai untuk menuju tujuan anda tersebut.

Beri Hadiah pada diri Anda

Setiap progress yang anda raih, setiap keberhasilan dalam meraih tujuan anda, berilah hadiah pada diri anda sendiri. Dengan memberi hadiah pada diri anda sendiri ketika anda sudah mencapai apa yang anda inginkan, maka anda akan merasa puas dan bahagia.

Salah satau penelitian telah membuktikan bahwa pemberian hadiah berkontribusi sekitar 75% terkait dengan alasan mengapa anda melakukan sesuatu.

Researchers find that perceived self-interest, the rewards one believes are at stake, is the most significant factor in predicting dedication and satisfaction toward work. It accounts for about 75 percent of personal motivation toward accomplishment. – Dickinson 1999

Pemberian hadiah disini tidahk hanya untuk capaian-capai besar saja, capaian-capaian kecil-pun berhak untuk mendapatkan “hadiah”. Setiap anda menyelesaikan kegiatan yang ada pada to-do-list, segera berikan hadiah pada diri anda.

Berteman dengan orang-orang yang mempunyai motivasi

Berkumpul dengan teman-teman yang mempunyai motivasi tinggi akan memberikan energi kepada anda untuk ikut termotivasi. Dan itu juga berlaku kebalikannya. Anda akan sangat tidak termotivasi apabila dikelilingi oleh orang-orang yang pesimis.

Menurut Charles Duhigg, dalam bukunya yang berjudul "The Power of Habit: Why We Do What We Do in Life and Business, menyebutkan bahwa ketika kita berada pada sebuah grup (pertemanan) yang mempunyai pemahaman bahwa kita dapat melakukan perubahan, maka kemungkinan besar kita akan benar-benar dapat melakukan perubahan tersebut di dunia nyata.

When people join groups where change seems possible, the potential for that change to occur becomes more real.

Begitu juga penelitian yang dilakukan pada The Longevity Project, menemukan bahwa lingkungan pertemanan yang anda miliki akan menentukan seperti apa diri anda.

The groups you associate with often determine the type of person you become. For people who want improved health, association with other healthy people is usually the strongest and most direct path of change.

Banyak penelitian yang sudah membuktikan bahwa kebiasaan kita, perilaku kita, bahkan cita-cita kita sangan dipengaruhi oleh orang-orang di sekitar kita. Karena kita adalah makhluk yang paling flkesibel dan pandai beradaptasi terhadap lingkungan.

Sebuah penelitian yang sangat mengejutkan adalah sebuah eksperimen tentang seorang bayi manusia dan seorang bayi monyet dipelihara dalam lingkungan yang sama dan tinggal bersama-sama untuk beberapa waktu. Hasilnya adalah, bukannya monyet tersebut yang berperilaku seperti bayi manusia, tetapi bayi manusia tersebut yang berperilaku seperti monyet.

Sehingga, ketika anda beradap didalam sebuah grup pertemanan yang bersisi orang-orang yang mempunyai motivasi tinggi, maka anda juga akan mempunyai motivasi yang tinggi pula.