Bagaimana cara memilih tupai untuk dipelihara ?

Untuk menjadikan tupai sebagai hewan peliharaan, bagaimana cara memilih tupai yang tepat untuk dipelihara ?

  1. Tentukan jenis tupai yang Anda sukai. Tupai yang mudah dijumpai di pasaran adalah bajing kelapa (Callosciurus notatus) dan tupai kekes (Tupaia javanica) dengan kisaran harga 25-50 ribu per ekor (Yogyakarta, 2014). Sedangkan sugar glider (tupai terbang) dipatok di atas 100 ribu, namun untuk jenis ini gua tidak menyarankan bagi pemula karena cenderung lebih agresif.
  2. Sebaiknya belilah sepasang tupai sekaligus, jangan hanya 1 ekor. Apalagi apabila Anda menjumpai tupai-tupai yang sudah dipasangkan oleh penjualnya, mengingat tupai adalah hewan yang setia. Cieeileh. Pasangan tupai yang dipisahkan atau salah satunya mati, tidak lama kemudian satunya lagi bisa saja menyusul mati karena gagal move on.
  3. Umur ideal tupai saat mulai memeliharanya adalah pas 1 bulan. Memelihara tupai berumur di bawah sebulan memerlukan perawatan ekstra (menyuapi susu, menjemurnya di matahari pagi, dll), sedangkan tupai berumur lebih dari sebulan cenderung sulit untuk dijinakkan. Ciri tupai berumur ideal ini: Badan masih kecil (muat setelapak tangan), tapi kelopak matanya sudah terbuka (tupai bayi belum membuka matanya). Juga sudah lancar berjalan dan memanjat (tidak gemetaran), kurang lebih seperti di gambar.
  4. Agar lebih banyak pilihan, sebaiknya Anda membelinya di pasar hewan. Ingat, pemilihan tupai yang tepat akan sangat membantu saat menjinakkannya.