Bagaimana Cara memilih tinted moisturizer?

Cara memilih tinted moisturizer

Bagaimana Cara memilih tinted moisturizer?

Tinted moisturizer adalah pelembap yang mengandung pigmen sehingga dapat memberikan warna pada kulit. Untuk Anda yang ingin meratakan warna kulit, tetapi tidak mau terlalu membebaninya dengan menggunakan foundation, tinted moisturizer bisa menjadi solusi.

Mungkin masih ada di antara Anda yang belum familier dengan yang namanya tinted moisturizer. Sebelum itu, ada baiknya kita mencari tahu terlebih dahulu beberapa tips dalam memilih tinted moisturizer. Yuk, disimak!

Apa yang membedakan tinted moisturizer dengan base makeup lain?


Apa yang membedakan tinted moisturizer dengan base makeup lain?

Sesuai dengan namanya, tinted moisturizer adalah pelembap. Hanya saja, pelembap ini memiliki pigmen sehingga dapat digunakan untuk meratakan warna kulit. Coverage yang ditawarkan tergolong sheer sehingga memberikan hasil yang terkesan natural dan tidak mudah cakey.

Dari segi tekstur, tinted moisturizer lebih ringan dan tidak sepadat base makeup lain. Anda juga tidak membutuhkan waktu lama untuk membaurkannya ke seluruh bagian wajah. Oleh sebab itu, tinted moisturizer tepat dijadikan pilihan untuk menghemat waktu saat merias wajah.

Sebelum membeli, ada baiknya Anda terlebih dahulu mengetahui tips dalam memilih tinted moisturizer. Pilihlah produk yang sesuai dengan warna kulit dan kebutuhan kulit Anda agar dapat menemukan produk yang tepat.

Pilih shade sesuai warna kulit Anda


Pilih shade sesuai warna kulit Anda

Dalam memilih tinted moisturizer, Anda harus menemukan shade yang tepat sesuai dengan warna kulit. Tahap ini bisa jadi tidak akan sesulit saat Anda mencari shade foundation karena pigmentasi tinted moisturizer lebih rendah. Saat Anda mengaplikasikannya pada kulit, tinted moisturizer mungkin tidak langsung menunjukan perubahan warna yang signifikan. Namun, setelah beberapa waktu, bukan tidak mungkin kulit wajah Anda akan terlihat ashy jika warnanya tidak sesuai.

Nah, untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya Anda memilih shade pada tinted moisturizer berdasarkan undertone kulit Anda. Cara paling mudah untuk mengetahui undertone kulit Anda adalah dengan melihat warna nadi pada pergelangan tangan. Nadi yang berwarna hijau menunjukkan bahwa Anda memiliki warm undertone. Di sisi lain, warna biru pada nadi menunjukkan bahwa undertone kulit Anda adalah cool undertone. Akan tetapi, jika warnanya samar antara hijau dan biru, artinya Anda memiliki neutral undertone.

Bagi Anda yang memiliki cool undertone, produk dengan nuansa warna pink bisa menjadi pilihan yang tepat. Sementara itu, pemilik warm undertone dapat menggunakan tinted moisturizer dengan nuansa warna kuning dan keemasan. Sedangkan untuk Anda yang memiliki kulit dengan nuetral undertone, pilihlah produk yang bernuansa beige.

Prioritaskan tinted moisturizer yang dilengkapi UV protection


Prioritaskan tinted moisturizer yang dilengkapi UV protection

Ada baiknya Anda memilih tinted moisturizer yang dilengkapi kandungan SPF. Dengan demikian, kulit Anda tidak hanya akan terlihat fresh, tetapi juga tetap terlindungi dari dampak buruk sinar matahari dan radiasi. Jika Anda lebih sering terpapar sinar matahari dalam jangka waktu pendek, misalnya ketika di perjalanan dalam kegiatan sehari-hari, kandungan SPF 10-15 cukup untuk melindungi kulit. Namun, jika Anda lebih banyak beraktivitas di luar ruangan, pertimbangkanlah tinted moisturizer dengan SPF 15-30.

Perhatikan kandungan zat aditif di dalamnya


Perhatikan kandungan zat aditif di dalamnya

Saat memilih tinted moisturizer, sebaiknya perhatikan bahan-bahan yang terkandung di dalamnya. Hindari bahan-bahan yang bersifat aditif dan dapat memicu iritasi seperti paraben atau pewangi, terutama bagi Anda yang memiliki kulit sensitif. Anda juga dapat memilih produk yang dibuat dengan bahan-bahan alami sehingga lebih aman digunakan.

Selain itu, review dari pengguna lain juga dapat Anda jadikan acuan. Namun, perlu diingat bahwa kondisi kulit Anda belum tentu sama dengan pemilik kulit lainnya. Jika timbul gejala iritasi seperti gatal atau kemerahan saat Anda menggunakan tinted moisturizer, segera hentikan pemakaian.

Pilih yang mengandung bahan aktif dalam formulanya


Pilih yang mengandung bahan aktif dalam formulanya

Kandungan terbesar dalam tinted moisturizer adalah pelembap. Salah satu bahan pelembap yang banyak ditemukan dalam formula tinted moisturizer adalah glycerin. Glycerin bekerja dengan cara membentuk lapisan pelindung di atas kulit sehingga kelembapannya akan lebih terjaga. Selain itu, Anda juga dapat memilih tinted moisturizer yang kandungan pelembapnya berasal dari bahan alami, antara lain jojoba oil dan soja oil.

Di samping pelembap, beberapa produk tinted moisturizer juga disertai dengan kandungan lain yang bermanfaat untuk membantu mengatasi permasalahan kulit. Untuk Anda yang mengharapkan kulit yang lebih halus, pertimbangkanlah untuk memilih produk yang mengandung dimethicone. Dimethicone akan mengisi celah pada kerutan dan garis halus di wajah. Dengan demikian, tekstur wajah Anda akan terlihat lebih halus dan merata.

Sementara itu, jika Anda ingin mengatasi noda gelap akibat jerawat, Anda dapat memilih produk yang mengandung niacinamide. Niacinamide adalah salah satu jenis vitamin B3 yang mampu merangsang produksi kolagen sehingga noda hitam bisa tersamarkan. Kulit Anda pun akan tampak lebih cerah.