Bagaimana cara memilih tanaman euphorbia yang berkualitas baik?

Tanaman euphorbia adalah kategori tanaman hias yang termasuk ke dalam golongan keluarga euphorbiaceae. Menurut para ahli, tanaman ini memiliki spesies yang cukup banyak hingga mencapai 2000 varian. Biasanya tanaman euphorbia tumbuh di daerah tropis. Tanaman ini memiliki keunikan bisa ditanam dimana pun seperti di dataran rendah maupun dataran tinggi. Tanaman euphorbia merupakan jenis sekulen dan tergolong ke dalam variasi kaktus-kaktusan sehingga dalam penanamannya membutuhkan banyak sinar matahari. Oleh karena itu pemilihan euphorbia yang berkualitas baik sangat diperlukan agar tanaman dapat tumbuh dengan baik

1 Like

Tanaman euphorbia dijadikan sebagai tanaman hias karena keindahan bunganya, sehingga warna, bentuk dan ketahanan bunga menjadi hal penting untuk diperhatikan dalam memilih euphorbia. Pemilihan euphorbia yang berkualitas baik didasarkan pada beberapa indikator menurut Purwanto (2006) yaitu:

  1. Bagus secara genetik
    Untuk mengetahui euphorbia yang bagus secara genetik maka harus mengetahui asal usul tanaman itu. Artinya harus mengetahui ayah dan induk tanaman tersebut. Meskipun dengan ayah dan induk yang telah diketahui, belum tentu hasil silangannya akan bagus seperti yang diharapkan, namun paling tidak biji-biji yang dihasilkan akan memunculkan warna-warna baru. Indukan yang bagus secara genetik dapat dilihat dari sifat unggul yang dominan.

  2. Morfologi tanaman
    Dari sisi morfologi, tanaman euphorbia yang berkualitas baik memiliki ciri-ciri:

    • Batang tanaman terlihat gemuk berisi, padat, kuat, tegak dan tidak bengkok atau melintir. Apabila batangnya kurus menandakan sel-sel pada batang pernah mengalami kekurangan air dan unsur hara sehingga volume selnya berkurang.

    • Daunnya berwarna hijau muda sampai hijau tua tergantung dari varietasnya, serta daun tampak mulus tanpa bercak-bercak dan apabila diraba permukaan daunnya terasa halus dan segar.

  3. Penampilan bunga
    Dari sisi penampilan bunga, tanaman euphorbia yang berkualitas baik memiliki ciri-ciri:

    • Helaian mahkota tebal sehinnga bunga akan lebih tahan lama dibandingkan dengan helaian mahkota yang tipis.

    • Mahkota berukuran cukup besar dengan diameter 2-3 cm.

    • Jumlah dompolan (rangkaian bunga yang bergerombol) banyak sekitar 16-32 kuntum dengan ukuran seragam dan tangkai pendukung yang besar, tegak dan kuat.

Referensi:
Purwanto, A. W. 2006. Euphorbia Tampil Prima dan Semarak Berbunga . Yogyakarta: Kanisius.