Bagaimana Cara memilih produk untuk mencegah dan mengobati jerawat di punggung?

Bagaimana Cara memilih produk untuk mencegah dan mengobati jerawat di punggung?

Bagaimana Cara memilih produk untuk mencegah dan mengobati jerawat di punggung?

Masalah jerawat punggung biasanya dirasakan oleh para wanita, tetapi tidak sedikit pria yang memiliki jerawat di punggung juga. Dengan banyaknya pilihan yang ditawarkan, Anda mungkin bingung memilih produk yang cocok untuk mengatasi jerawat punggung.

Tak perlu khawatir! Di artikel ini, kami membagikan tips memilih produk untuk mengobati jerawat punggung.

Sebelum kami merekomendasikan sepuluh produk terbaik, ada baiknya Anda simak terlebih dahulu ulasan cara memilih produk untuk mengobati jerawat punggung. Simak baik-baik, ya!

Pilihlah produk berdasarkan jenisnya


Pertama-tama, periksalah terlebih dahulu jenis produk yang ingin Anda gunakan. Kami akan menjelaskan empat jenis produk, yaitu sabun mandi, handuk/sikat badan, body spray, atau gel/krim.

1. Sabun mandi: Mengandung bahan aktif dan kemampuan membersihkan yang efektif

Sabun mandi: Mengandung bahan aktif dan kemampuan membersihkan yang efektif

Untuk menyembuhkan jerawat di punggung, periksalah terlebih dahulu kandungan sabun yang akan digunakan. Ada dua poin penting yang perlu diperhatikan, yaitu pastikan sabun tersebut mengandung bahan aktif dan kemampuan membersihkan (berbahan detergen) yang tidak terlalu kuat.

Untuk jerawat, dianjurkan memakai sabun yang tidak mengandung terlalu banyak bahan detergen. Sebaiknya, Anda menghindari bahan-bahan yang dapat menyebabkan iritasi, seperti pengawet, pewarna, pewangi, mineral oil, dan alkohol.

Bahan-bahan yang kami rekomendasikan di antaranya adalah glycyrrhizin acid yang bersifat anti-inflamasi dan isopropyl methylphenol yang dapat membunuh bakteri. Anda juga bisa memilih bahan organik yang cenderung tidak berpengawet untuk meminimalkan efek samping.

2. Handuk/sikat badan: Membersihkan punggung secara menyeluruh

Handuk/sikat badan: Membersihkan punggung secara menyeluruh

Sikat badan atau handuk badan perlu dimiliki karena mampu membersihkan punggung Anda secara menyeluruh. Bahan sikat yang terbuat dari serat sintetis seperti nilon memang sering digunakan. Namun, berhati-hatilah karena serat sintetis dapat mengiritasi kulit Anda. Jadi, hindarilah pemakaian bahan tersebut untuk bagian punggung yang berjerawat.

Untuk kulit yang sensitif dan berjerawat, Anda bisa menggunakan handuk badan yang terbuat dari sutra atau kapas. Lalu, untuk sikat badan, kami merekomendasikan bulu alami seperti rambut kuda. Kedua bahan tersebut lebih lembut dan cocok untuk kulit sensitif atau kering.

3. Body spray: Melembapkan kulit tubuh dan mengurangi iritasi

Body spray: Melembapkan kulit tubuh dan mengurangi iritasi

Setelah mencuci punggung dengan bersih, gunakanlah body spray untuk mencegah kulit kering. Seperti halnya sabun, Anda disarankan untuk memilih spray yang bebas dari zat aditif, pewangi, dan pewarna buatan untuk menghindari iritasi.

Selain itu, pastikan juga Anda memilih produk dengan kandungan bahan yang tinggi pelembap seperti ceramide dan vitamin C derivatif. Produk yang memiliki daya pelembap tinggi juga kami jelaskan di daftar rekomendasi produk, loh. Pilihlah yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda, ya!

4. Gel dan krim: Memiliki kandungan pelembap yang lebih tinggi

Gel dan krim: Memiliki kandungan pelembap yang lebih tinggi

Bagi Anda yang sudah memakai body spray, tetap masalah kulit kering belum teratasi, gunakanlah produk berbentuk gel atau krim. Jenis ini menawarkan daya pelembap yang lebih tinggi. Jika Anda kurang puas hanya dengan body spray, Anda bisa menambahkan beberapa lapis gel atau krim, atau langsung menggunakan satu jenis saja.

Namun, dibandingkan body spray yang mudah disemprotkan, gel atau krim tentunya lebih sulit diterapkan di bagian punggung yang sulit dijangkau. Jadi, pilihlah produk yang sesuai dengan kenyamanan Anda.

Pilih produk yang sesuai dengan bujet Anda


Pilih produk yang sesuai dengan bujet Anda

Kami telah menjelaskan mengenai empat jenis produk untuk mengobati jerawat punggung. Namun, yang terpenting adalah pastikan memilih produk yang sesuai dengan bujet Anda. Mengingat penggunaan produk tersebut tidak hanya satu kali saja, tetapi berkelanjutan. Apabila produk tidak sesuai dengan bujet dan Anda berhenti membelinya pada suatu hari, tentu proses penyembuhan atau pencegahan jerawat akan terhambat.

Sebelum mencobanya, Anda tidak akan tahu apakah suatu produk akan cocok di kulit Anda. Jangan sampai timbul masalah kulit iritasi, memerah, dan tidak nyaman pada kemudian hari. Untuk tahap awal, lebih baik Anda tidak membeli terlalu banyak produk. Belilah yang sesuai dengan keperluan saja.

Cara mencegah jerawat punggung

1. Hindari pakaian yang ketat saat berolahraga

Cara pertama untuk mencegah munculnya jerawat di punggung adalah dengan menghindar pemakaian baju yang terlalu ketat saat berolahraga.

Ketika Anda berkeringat, pakaian yang ketat akan membuat keringat menempel di kulit dan menyumbat pori-pori. Itu sebabnya, kemungkinan terjadinya jerawat di kulit menjadi lebih besar.

Usahakan untuk menggunakan pakaian yang longgar saat berolahraga atau melakukan aktivitas fisik lainnya agar tidak memunculkan jerawat di punggung Anda.

2. Mandi setelah berolahraga

Tahukah Anda bahwa memakai baju yang lembap karena keringat dalam waktu lama akan menyebabkan jerawat di punggung?

Untuk itu, upayakan untuk mandi sesaat setelah Anda selesai berolahraga. Jangan lupa untuk menggunakan sabun dengan pH yang seimbang.

Hal ini bertujuan agar minyak berlebih yang menempel pada kulit dapat hilang. Selain itu, cara ini juga digunakan untuk menghilangkan kotoran dan bakteri sebelum mereka berhasil menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat.

3. Eksfoliasi punggung

Selain mandi setelah melakukan aktivitas yang membuat berkeringat, Anda pun dianjurkan untuk rutin mengeksfoliasi punggung dua sampai tiga kali seminggu.

Hal tersebut dilakukan karena jerawat di punggung ternyata lebih rentan menyebar dibandingkan jerawat di wajah.

Pada saat melakukan eksfoliasi, usahakan untuk tidak menggosok punggung terlalu keras. Selain dapat melukai kulit, punggung Anda akan menjadi lebih kering dan justru merangsang produksi minyak berlebih. Akibatnya, Anda akan lebih mudah berjerawat.

4. Gunakan produk perawatan bebas minyak

Menurut American Academy of Dermatology, produk kecantikan yang bebas minyak dapat mencegah timbulnya jerawat di punggung.

Tidak hanya itu, mungkin Anda bisa mulai memilih produk kecantikan yang tidak mengandung komedogenik. Biasanya, pada kemasan produk tertulis non-comedogenic , non-acnegenic , atau oil-free .

Bahan komedogenik, seperti natrium lauril sulfat diyakini dapat menimbulkan jerawat baik pada punggung maupun area kulit lainnya.

5. Mengurangi pemakaian ransel

Selain pakaian ketat, benda lain yang dapat menjadi salah satu penyebab munculnya jerawat di punggung adalah ransel atau benda yang menempel di punggung Anda.

Benda-benda sejenis ransel ternyata dapat mengiritasi kulit Anda dan menyebabkan jerawat di punggung. Oleh karena itu, mengurangi pemakaian ransel dapat menjadi salah satu cara untuk mencegah jerawat di punggung.

Pada dasarnya, perawatan kulit yang baik dan telaten akan membuat jerawat enggan muncul, baik di punggung maupun area lain kulit Anda.

Oleh karena itu, peduli terhadap kesehatan kulit dan merawatnya merupakan cara yang paling tepat untuk mencegah jerawat di punggung.

Cara mengobati jerawat punggung

Langkah awal untuk mengobati jerawat yang tumbuh dipunggung adalah mengetahui apa saja hal-hal yang menjadi penyebabnya. Silakan simak penjelasan berikut ini :

1. Keringat

Setiap kali kita melakukan aktivitas berat seperti fitnes dan olahraga, biasanya tubuh akan mengeluarkan keringat dalam jumlah yang cukup banyak.

Keringat tersebut, akan membuat keadaan tubuh anda menjadi lembab, dan hal inilah yang akan menyebabkan munculnya jerawat.

2. Kurang Tepat dalam Memilih Pakaian

Jerawat dipunggung bisa disebabkan oleh pemakaian pakaian yang kurang tepat, misalnya menggunakan pakaian yang terlalu ketat, membuat panas dan tidak dapat menyerap keringat.

Sehingga dapat menimbulkan bakteri yang dapat bercampur dengan sel kulit mati dan keringat, dan dapat menyebabkan pori-pori kulit tersumbat dan munculah jerawat.

3. Penggunaan Kondisioner

Kondisional biasa digunakan untuk perawatan rambut, agar rambut tetap sehat. Namun tahukah anda, dalam kondisioner terkandung silikon yang jika terpapan pada permukaan kulit, juga bisa menyebabkan tumbuhnya jerawat.

Oleh sebab itu, setiap kali anda selesai memakai kondisioner pada rambut, alangkah baiknya anda langsung membersihkannya dengan sabun agar sisa kondisioner tersebut tidak terpapar pada permukaan kulit anda.

4. Pemakaian Tas

Saat anda memakai tas, sebaiknya anda menghindari membawa beban yang cukup berat, karena dapat membuat keringat terjebak pada bagian tubuh yang tertutup oleh tali tas anda. Selain itu anda juga dapat memilih tas dengan tali yang tipis.

5. Pemakaian Pelembut dan Pewangi Pakaian

Tahukah anda, penggunakan pelembut / pewangi pakaian kadang tidak cocok dengan tipikal kulit tertentu.

Jika kulit anda termasuk kulit yang sensitif dan mudah berjerawat, sebaiknya anda hanya menggunakan detergen saja dalam mencuci pakain, agar kulit anda terhindar dari iritasi penyebab jerawat.